6 Cara Mengatasi Pasangan yang Cuek dan Selalu Bilang "Terserah!"

Apakah suami yang cuek tandanya ia mulai bosan?

23 September 2021

6 Cara Mengatasi Pasangan Cuek Selalu Bilang "Terserah"
Freepik/jcomp

Setelah bertahun-tahun menjalani kehidupan penikahan, seseorang mulai bisa merasakan perubahan yang terjadi dengan pasangannya. Hal ini bisa terlihat dari sifat atau perilakunya yang berbeda, dibandingkan dulu saat awal-awal menikah.

Biasanya yang sering terjadi, suami mulai menunjukkan sikap tidak tertarik dan kurang antusias, bahkan selalu ada kata 'terserah' saat ia diminta untuk membuat keputusan.

Mama pun mulai bertanya-tanya, apa ada yang salah dengan hubungan ini? Pasalnya, sikap cuek ini menendakan bahwa ikatan emosional di antara kalian mulai merenggang. 

Nah Ma, penasaran bagaimana cara menghadapi suami yang cuek? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari Times of India.

Disimak ya!

1. Tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah saya terlalu overthinking?'

1. Tanyakan diri sendiri, 'Apakah saya terlalu overthinking'
Freepik/rawpixel.com

Jangan buru-buru menyimpulkan sikap cuek suami sebagai tanda bahwa ia sudah bosan dengan hubungan ini. Mungkin Mama mungkin terlalu banyak berpikir, sehingga menimbulkan prasangka.

Cobalah berpikir positif, mungkin ia sedang sibuk atau ada hal lain yang mengganggu pikirannnya. Jadilah pendengar yang baik ketika ia mulai terbuka dan mau membicarakan masalah ini. 

2. Instrospeksi diri sendiri, mungkin Mama pernah bersikap cuek juga

2. Instrospeksi diri sendiri, mungkin Mama pernah bersikap cuek juga
Freepik/yanalya

Alasan di balik sikapnya yang cuek, bisa jadi penyebab utamanya adalah istrinya sendiri. Secara tidak sadar, Mama mungkin pernah mengabaikannya dan kurang memberi perhatian. Itulah sebabnya ia melakukan hal yang sama.

Daripada saling cuek, lebih baik Mama dan Papa duduk serta saling bicara. Ungkapkan semua keluhan yang selama ini dipendam, dengan begitu kalian akan menemukan jalan keluarnya. 

Editors' Picks

3. Selalu mengabari suami tentang semua hal

3. Selalu mengabari suami tentang semua hal
Freepik/tirachardz

Jangan selalu menganggap bahwa pasangan kita bisa tahu semua hal tanpa diberi tahu sebelumnya. Misalnya ketika ia lupa mengantar Mama untuk check up ke dokter, atau melewatkan janji makan malam di luar.  

Hal ini bukan berarti pasangan kita tidak perhatian lagi dan sudah bosan. Bisa jadi mereka hanya tidak tahu atau bahkan lupa, oleh karenanya tidak ada salahnya untuk mengingatkan sejak dari jauh-jauh hari. 

4. Jangan dipendam, ungkapkan semua isi hati Mama

4. Jangan dipendam, ungkapkan semua isi hati Mama
rebelcircus.com

Sikap suami yang cuek tentunya membuat Mama kesal dan marah. Namun, sebaiknya jangan memendamnya lama-lama. Suatu saat emosi tersebut akan meledak dan menimbulkan pertengkaran besar.

Jika ada masalah sebaiknya langsung dibicarakan. Buatlah suasana yang nyaman untuk mengobrol, misalnya saat makan malam atau minum teh dipagi hari.

Tanyakan dengan hati-hati terkait kenapa ia bersikap demikian dan ungkapkan bagaimana perasaan Mama.

5. Menemui konselor pernikahan untuk mencari solusi bersama

5. Menemui konselor pernikahan mencari solusi bersama
Freepik/Pressfoto

Sikap cuek suami lama kelamaan mulai memicu pertengkaran di antara kalian. Kalau sudah begini, tidak ada salahnya melibatkan pihak ketiga untuk mengatasi konflik rumah tangga.

Temui professional seperti konselor pernikahan. Mereka akan membuat kalian saling terbuka untuk berbicara tentang trauma masa lalu, stres mengenai masa depan serta masalah yang sedang dihadapi saat ini.

Bersama-sama kalian akan menemukan solusinya. 

6. Menjaga jarak untuk sementara waktu

6. Menjaga jarak sementara waktu
Freepik

Ini memang bukan solusi yang paling ideal. Namun jika Mama serta Papa telah mencoba semua cara yang disebutkan di atas dan masih belum ada hasil, cobalah untuk menjaga jarak sementara waktu.

Mungkin yang kalian berdua butuhkan hanyalah istirahat dari rutinitas sehari-hari yang monoton. Misalnya, Mama bisa mencari hobi baru atau lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman.

Nah Ma, itulah beberapa cara mengatasi suami yang cuek dan kurang perhatian. Semoga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah di antara kalian ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.