6 Pertanyaan Ini Bisa Ditanyakan ke Suami saat Dia Ketahuan Selingkuh

Apakah Mama akan memaafkan pasangan yang sudah ketahuan berselingkuh?

5 November 2021

6 Pertanyaan Ini Bisa Ditanyakan ke Suami saat Dia Ketahuan Selingkuh
agapeher.com

Ketika Mama mengetahui sebuah fakta bahwa suami telah mendua, maka semua emosi tentu akan bercampur aduk. Kesedihan, amarah dan perasaan kecewa semua tercampur begitu saja karena telah dikhianati. Tak jarang, perasaan tersebut dapat mengaburkan isi hati dan pikiran. 

Namun, di sisi lain Mama perlu berpikir jernih untuk memahami situasi yang sedang terjadi. Meskipun sulit, kalian berdua harus berkomunikasi dan mendiskusikan dengan baik tanpa emosi. Dengan begitu, kalian berdua bisa memutuskan apakah hubungan ini layak diselamatkan atau tidak. 

Nah Ma, penasaran hal apa saja yang sebaiknya ditanyakan ke suami ketika ia ketahuan selingkuh? Dilansir dari Times of India, kali ini Popmama.comtelah merangkum informasinya.  

Yuk, disimak! 

1. Apakah kamu memang berniat selingkuh sejak awal? 

1. Apakah kamu memang berniat selingkuh sejak awal 
Freepik/wavebreakmedia_micro

Pertanyaan ini akan membuat pasangan mulai berpikir, apakah ia pernah berniat untuk melewati batas, melanggar komitmen dan tak merasa bersalah karena tak setia lagi? 

Jika ia tak menyangkalnya, artinya sejak awal suami telah siap mengambil risiko dan memahami bahwa tindakannya ini dapat memutuskan ikatan kepercayaan di antara kalian. 

2. Apakah ini bukan yang pertama? 

2. Apakah ini bukan pertama 
Freepik/Vgstockstudio

Tanyakan kepada suami apakah perselingkuhan ini adalah yang pertama kalinya atau bukan? 

Jika ia ketahuan pernah beberapa kali selingkuh juga sebelumnya, artinya suami memang tak siap untuk berkomitmen dalam pernikahan ini. 

Sementara itu, jika ini merupakan yang pertama. Mama pun akan mulai memahami bahwa suami mulai mencapai titik jenuh dalam hubungan pernikahan ini. Dalam kasus ini, sebetulnya hubungan kalian masih bisa diselamatkan. 

Editors' Picks

3. Apakah kamu memikirkan perasaanku? 

3. Apakah kamu memikirkan perasaanku 
Freepik/drobotdean

Ini merupakan hal yang sangat menyakitkan untuk ditanyakan. Meski begitu Mama harus tahu kenyataannya, apakah suami memikirkan perasaan Mama sebelum selingkuh atau tidak? 

Jika tidak, hal ini jelas bahwa suamimu tidak menganggap hubungan di antara kalian serius. Namun, jika ia mengaku sempat memikirkan Mama dan tetap melanjutkan perselingkuhannya. Ini lebih buruk, artinya ia sudah tidak mencintai atau menghormatimu lagi sebagai istrinya. 

4. Apakah kamu membicarakan kejelekanku di depannya? 

4. Apakah kamu membicarakan kejelekanku depannya 
Freepik

Apakah perempuan itu tahu bahwa ia mengencani suami orang lain? Jika dia itu tahu, tanyakan pada suamimu tentang alasan yang ia buat saat berselingkuh. 

Misalnya, suami mengatakan pada perempuan itu bahwa hubungan pernikahannya dengan Mama tak bahagia. Kalau sudah begini, ada kemungkinan ia juga menjelek-jelekkan Mama di depan perempuan itu. 

Kalau sudah begini, Mama bisa memutuskan apakah hubungan pernikahan ini layak mendapatkan kesempatan kedua atau tidak. 

5. Apakah perempuan itu lebih baik dari aku? 

5. Apakah perempuan itu lebih baik dari aku 
Freepik/pressfoto

Pertanyaan ini mungkin bisa melukai harga dirimu sebagai istri, tetapi dengan menanyakannya akan semakin memahami situasi ini dari sudut pandang suami

Tentunya ada alasan kenapa suami memilih perempuan lain ketimbang Mama. Ia mungkin menemukan sesuatu yang tidak dapat Mama berikan. 

Dengan mengetahuinya, mungkin mama bisa introspeksi diri apakah selama ini Mama terlalu keras, kurang perhatian dan selalu tak punya waktu untuk berdua. 

6. Apakah kamu tulus mencintainya? 

6. Apakah kamu tulus mencintainya 
Freepik/Mrzivica

Untuk pertanyaan yang satu ini, Mama harus menyiapkan hati. Pasalnya jawabannya bisa sangat menyayat hati. 

Jika suami tak menyangkal dan mengiyakan dengan tegas. Mama perlu bertanya pada diri sendiri, "apakah Mama bersedia melanjutkan hubunhan dengan laki-laki yang telah jatuh cinta pada orang lain?"

Namun, jika suami mengaku bahwa perselingkuhan ini terjadi karena tidak sengaja atau khilaf semata. Mungkin Mama bisa memaafkannya dan memberikan kesempatan kedua. Namun, sebelumnya pastikan kata-kata dan tindakannya dapat dipegang ketika ia berjanji untuk setia. 

Nah Ma, itulah beberapa hal yang bisa ditanyakan ketika suami ketahuan selingkuh. Kira-kira apakah Mama akan memaafkannya atau tidak? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.