Kumpulan Doa untuk Sahabat agar Selalu Mendapat Kebaikan

Mendoakan kebaikan untuk sahabat akan berpengaruh positif kepada diri sendiri

8 Juni 2024

Kumpulan Doa Sahabat agar Selalu Mendapat Kebaikan
Unsplash/Visual Karsa

Manusia pastinya membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. Akan sangat tidak mungkin jika seseorang mampu bertahan hidup tanpa bantuan orang lain.

Oleh karena itu, kehadiran keluarga hingga sahabat sangat penting dalam keberlangsungan hidup. Keberadaan orang-orang terdekat juga bisa menjadi warna agar hidup senantiasa mendapat dukungan.

Sahabat yang mampu menemani ke jalan kebenaran adalah karunia yang sangat besar. Sahabat yang saleh akan membawamu ke arah hidup lebih baik dan sudah sepantasnya tidak kamu sia-siakan.

Sebagai bentuk kasih sayang agar sahabat selalu diberi kebaikan, alangkah baiknya kamu mendoakan mereka supaya selalu diberi rahmat oleh Allah SWT. Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum kumpulan doa untuk sahabat yang membawa kebaikan. 

1. Doa untuk kebaikan sesama umat muslim

1. Doa kebaikan sesama umat muslim
Pexels/Thirdman

Salah satu adab terpuji sesama umat muslim ialah saling berdoa untuk kebaikan. Hal ini sangat penting mengingat peran sahabat yang saleh mampu membawa hidup menjadi lebih baik.

Mengutip dari almanhaj.or.id, berikut doa yang bisa kamu baca untuk kebaikan sahabat dan sesama muslim dari penggalan surah Al Hasyr ayat 10. 

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr [59]: 10)

Editors' Pick

2. Doa memohon kebaikan untuk teman

2. Doa memohon kebaikan teman
Freepik

Selain surah Al-Hasyr, terdapat doa lain yang bisa kamu munajatkan kepada Allah SWT. Doa ini menjadi bentuk memohon pertolongan serta taubat kepada Sang Pencipta.

Melansir dari Bincang Syariah, berikut ini doa yang bisa kamu lafalkan untuk meminta ampun dan meohon kebaikan untuk teman kepada Allah SWT.

Allahummahdina wa yassir hudaka lana. Allahumma yassirna lil yusra wa jannibnal 'usra waj'alna min ulinnuha. Allahumma laqqina nashratan wa sururan, waksuna sundusan wa hariran, wa hallina asawira ilahil haqqi. Allahummaj'alna syakirina linikmatimak mutsnina biha qailaha wa tub 'alaina innaka antat tawwabur rahim.

Artinya:

"Ya Allah, berilah kami petunjuk dan mudahkanlah petunjuk pada kami. Ya Allah, mudahkanlah kami untuk mendapatkan kemudahan dan jauhkanlah kami dari kesukaran, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang berakal. Ya Allah, berilah kami pertolongan dan kebahagiaan, berilah kami pakaian sutera yang bagus, berilah kami perhiasan- perhiasan Tuhan Yang Maha Benar. Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang mensyukuri nikmat-Mu, dan orang-orang yang memuji dengan nikmat itu kepada orang-orang mensyukuri nikmat itu. Terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang."
 

3. Mendoakan kebaikan sahabat juga membawa manfaat untuk diri sendiri

3. Mendoakan kebaikan sahabat juga membawa manfaat diri sendiri
Freepik

Sebagai seorang muslim yang taat, sudah sepantasnya untuk mendoakan yang baik kepada sahabat. Bahkan, manfaat mendoakan kebaikan untuk sahabat akan berpengaruh positif terhadap diri sendiri.

Merangkum dari muslim.or.id, mendoakan kebaikan untuk sahabat ternyata pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW. melalui hadis yang satu ini. 

“Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim, no. 2733)

4. Memiliki sahabat yang baik merupakan berkah yang amat penting

4. Memiliki sahabat baik merupakan berkah amat penting
Freepik

Berteman dengan siapa saja memang tidak dilarang. Namun, memiliki sahabat yang saleh tentunya merupakan rahmat terbesar yang diberikan.

Sahabat yang saleh pastinya akan menuntun kita ke arah yang lebih baik. Setiap kesalahan yang kita perbuat akan diperbaiki oleh sahabat yang mengerti akan hal-hal baik.

Lebih bagusnya, kebaikan itu dapat menular dengan berkumpul bersama orang-orang saleh. Nabi Muhammad juga telah menjelaskan, sahabat yang saleh dapat menyelamatkan kita di akhirat nanti, sesuai sabdanya berikut ini:

“Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai." (HR. Bukhari, no. 6170; Muslim, no. 2640)

Memiliki sahabat yang saleh tentunya hal yang harus kita syukuri. Tak banyak dari kita yang memiliki sahabat yang saleh dan mampu menuntun kita menjadi lebih baik.

Salah satu cara terbaik dengan mendoakan sahabat agar selalu mendapat pertolongan serta kebaikan dari Allah SWT. Dengan begitu, kebaikan juga akan menghampirimu cepat atau lambat.

Yuk, kita amalkan doa-doa di atas setiap hari agar hidup dikelilingi oleh orang-orang yang baik dan saleh!

Baca juga:

The Latest