Kumpulan Doa yang Bisa Dibaca Istri untuk Suami Tercinta

Jangan sampai absen mengamalkan doa-doa ini ya, Ma!

5 Oktober 2021

Kumpulan Doa Bisa Dibaca Istri Suami Tercinta
Pexels/Thirdman

Sebagai seorang istri, Mama pasti senantiasa mendoakan suami juga keluarga agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Ternyata doa istri juga bisa membantu suami mendapatkan keberkahan serta kesuksesan dalam menjalankan aktivitas yang didasari dengan niat ibadah.

Dengan terus didoakan, maka suami jadi lebih semangat dalam mencari nafkah untuk istri dan keluarganya. Maka dari itu, Mama jangan lupa mendoakan suami di setiap harinya. 

Berikut Popmama.com telah merangkum kumpulan doa yang bisa dibaca istri untuk suami tercinta!

1. Doa agar suami terhindar dari bahaya

1. Doa agar suami terhindar dari bahaya
Pexels/Monstera

Ketika suami sedang bekerja, Mama juga harus mendoakan suami bukan hanya kelancaran selama bekerja, melainkan juga keselamatan suami.

Adakalanya pekerjaan selalu dihadapkan dengan berbagai risiko bahkan bahaya yang mengancam. Oleh karena itu, panjatkan doa ini agar suami terhindar dari malapetaka ketika sedang bekerja.

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang.”

Editors' Picks

2. Doa agar suami dimudahkan dalam mencari rezeki

2. Doa agar suami dimudahkan dalam mencari rezeki
Unsplash/Mufid Majnun

Mencari nafkah bagi keluarga dan istri juga bisa termasuk jihad atau menjalani aktivitas yang diridai Allah SWT.

Oleh karena itu, agar senantiasa mendapatkan rezeki yang berkah dan penghasilan yang bermanfaat, maka Mama bisa membacakan doa ini.

Allahumma aktsir mala zauji wa barik lahu fima a'thoitahu wa athil hayatahu 'ala tho'atika wa ahsin 'amalahu waghfirlahu

Artinya:

“Ya Allah, perbanyaklah harta suamiku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padanya, panjangkan lah umurnya dalam ketaatan pada-Mu dan baguskan lah amalnya serta ampunilah dosa-dosanya.”

3. Doa meluluhkan hati suami yang egois

3. Doa meluluhkan hati suami egois
Pexels/MART PRODUCTION

Perlu diingat bahwa Allah SWT maha membolak-balikkan hati. Dengan Mama selalu berprasangka baik kepada sang Pencipta, maka niscaya hati suami yang keras dan egois juga bisa diluluhkan atas kehendak Allah.

Membaca doa ini setelah Mama selesai salat ya, Ma. Manusia memang tidak ada yang sempurna, maka penting untuk muhasabah diri dan berserah kepada Allah.

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah

Artinya:

"Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah."

4. Doa agar suami tetap setia kepada istri dan keluarganya

4. Doa agar suami tetap setia kepada istri keluarganya
Unsplash/Aditya Anzaroktavian

Menjalin hubungan suami istri memang menjadi ikatan seumur hidup, karena kedua orang diikat dalam ikrar suci agar saling melengkapi satu sama lain.

Kesetiaan juga akan menjadi buah dari hubungan yang sehat dan memiliki relasi yang baik, karena keduanya disatukan atas dasar ibadah dan untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

Qul in kuntum tuhibbuuna allaaha faittabi’uunii yuhbibkumu allaahu wayaghfir lakum dzunuubakum waallaahu ghafuurun rahiimun

Artinya:

“Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang.”

5. Doa agar suami berhati lembut

5. Doa agar suami berhati lembut
Pexels/freestocks.org

Setiap pasangan suami istri harus saling memiliki rahmah atau cinta kasih dari kedua belah pihak. Tujuannya agar hubungan suami istri menjadi lebih harmonis.

Terkadang, ketegangan terjadi dalam rumah tangga dan memang itu hal yang biasa. Mama juga bisa membaca doa ini agar suami bisa selalu berhati lembut, berikut bacaannya:

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li daudal hadid

Artinya:

“Ya Allah, lembutkanlah hati sebagaimana engkau melembutkan daud akan besi.”

Nah, doa di atas tadi bisa diamalkan setiap hari Mama sehabis salat. Semoga dengan panjatkan doa ini bisa membuat suami lebih semangat dalam mencari nafkah dan tambah sayang kepada keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.