TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Hadis yang Menceritakan tentang Pernikahan

Untuk menyempurnakan ibadah, alangkah baiknya lebih memahami hadis seputar pernikahan

6 Februari 2022

7 Hadis Menceritakan tentang Pernikahan
Freepik/wirestock

Pernikahan memang menjadi hal yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Dalam ajaran agama Islam, pernikahan menjadi ibadah yang dianjurkan oleh seluruh umat Muslim.

Selain sebagai penyempurna agama, menikah juga akan menghindarimu dari perbuatan zina yang dilarang oleh Allah SWT. Melalui pernikahan pula nantinya setiap pasangan dapat membangun rumah tangga dan memiliki keturunan.

Namun, sebelum memutuskan menikah atau bagi kamu yang sudah menikah dan ingin menyempurnakan pernikahanmu sesuai ajaran agama Islam, kali ini Popmama.com telah merangkum mengenai hadis tentang pernikahan.

1. Hendak dilakukan jika sudah merasa mampu

1. Hendak dilakukan jika sudah merasa mampu
Freepik/jcomp

Sebagaimana diketahui, pernikahan menjadi salah satu ibadah wajib dalam Islam yang perlu dilaksanakan oleh umat Muslim yang sudah mampu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang tertuang dalam hadis berikut ini, yakni:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

Artinya:

"Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya." - (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan lainnya)

2. Menikah sebagai penyempurna agama

2. Menikah sebagai penyempurna agama
Freepik/Prostooleh

Menikah juga akan menyempurnakan separuh agamamu, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berikut ini, yakni: 

إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نَصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي

Artinya:

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” - (HR. Al Baihaqi)

Editors' Picks

3. Doa Rasulullah bagi mereka yang menikah

3. Doa Rasulullah bagi mereka menikah
Pixabay/StockSnap

Selain itu, Rasulullah SAW juga akan mendoakan mereka yang menikah agar selalu diberi keberkahan dan kebaikan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallaahu 'anhu berikut ini, yakni: 

بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya:

"Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan." - (Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadis sahih menurut Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

4. Bisa lebih menjaga kemaluan

4. Bisa lebih menjaga kemaluan
Pexels/Min An

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, menikah juga menjadi cara guna menghindari perbuatan zina dan lebih menjaga kemaluan. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadis berikut ini, yakni: 

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Artinya:

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” - (HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400)

5. Menjadi golongan yang ditolong Allah SWT

5. Menjadi golongan ditolong Allah SWT
Freepik/ senivpetro

Selain menyempurnakan separuh agama, Allah juga akan menolong mereka yang menikah. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, yakni:

ثَلَاثٌ كُلُّهُمْ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُ: الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالنَّاكِحُ الْمُسْتَعْفِفُ، وَالْمُكَاتَبُ يُرِيدُ الْأَدَاءَ

Artinya:

”Ada tiga kelompok manusia yang pasti ditolong oleh Allah: (1) mujahid di jalan Allah; (2) pemuda yang menikah untuk menjaga kehormatan diri; dan (3) budak yang berusaha memerdekakan diri (agar lebih leluasa beribadah).” - (HR. Ahmad no. 7416)

6. Sunah Rasulullah

6. Sunah Rasulullah
Pexels/kelvin octa

Sebagaimana yang kita ketahui, dalam Islam menikah menjadi salah satu sunah Rasul yang dianjurkan. Dari Abu Ayyub Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW juga bersabda perihal pernikahan sebagai berikut, yakni: 

أَرْبَعٌ مِنْ سُـنَنِ الْمُرْسَلِيْنَ: اَلْحَيَـاءُ، وَالتَّعَطُّرُ، وَالسِّوَاكُ، وَالنِّكَاحُ

Artinya:

“Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul: rasa-malu, memakai wewangian, bersiwak dan menikah.” - (HR. At-Tirmidzi no. 1086)

7. Untuk menambah keturunan

7. menambah keturunan
Pexels/William Fortunato

Menikah akan membantu kamu dalam membangun rumah tangga bersama pasanganmu. Selain itu, menikah juga untuk menambah keturunan agar kehidupan rumah tangga semakin berwarna. Diriwayatkan oleh Abu Umamah Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

تَزَوَّجُوْا فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَـامَةِ، وَلاَ تَكُوْنُوْا كَرَهْبَانِيَّةِ النَّصَارَى

Artinya:

“Menikahlah, karena sesungguhnya aku akan membangga-banggakan jumlah kalian kepada umat-umat lain pada hari kiamat, dan janganlah kalian seperti para pendeta Nasrani.” - (HR. Al-Baihaqi no. VII/78)

Itu dia kumpulan hadis tentang pernikahan yang perlu diketahui. Semoga informasinya bermanfaat untuk kamu yang akan menikah, atau bagi Mama dan Papa yang sudah menikah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk