Merawat Orangtua yang Sakit Menurut Ajaran Agama Islam

Bisa menjadi amalan untuk anak menuju surga

18 Februari 2021

Merawat Orangtua Sakit Menurut Ajaran Agama Islam
Pacarehome.wordpress.com

Ketika seorang anak sedang jatuh sakit, banyak orangtua akan merasa khawatir dan menghabiskan waktunya untuk merawat sang Anak. Begitu juga sebaliknya, jika orangtua yang sakit nanti anak harus melakukan hal demikian.

Merawat orangtua yang sedang sakit menjadi bakti seorang anak terhadap orangtua yang telah merawat dan membesarkan mereka. Tak hanya itu saja, merawat orangtua yang sedang sakit juga menjadi amalan tersendiri bagi anak untuk menuju surga Allah SWT.

Berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai amalan serta hikmah yang didapat seorang anak saat mengurus orangtuanya yang sakit.

Disimak sebagai sebuah pengingat, yuk!

Editors' Picks

1. Kewajiban anak dalam merawat orangtua yang sakit

1. Kewajiban anak dalam merawat orangtua sakit
Columbiasc.momcollective.com

Tak hanya orangtua saja yang harus merawat anak-anaknya, namun anak juga perlu melakukan hal tersebut apabila orangtuanya sakit. Anak memiliki kewajiban untuk merawat orangtuanya.

Kewajiban ini perlu dilakukan ketika kondisi orangtua mereka sedang tidak sehat, sehingga membutuhkan bantuan untuk menjalankan kegiatan hariannya. Maka dari itu, peran dan perhatian seorang anak sangat dibutuhkan.

Keutamaan seorang anak yang merawat orangtuanya saat sedang sakit telah diriwayatkan dalam hadis Muslim. Rasulullah SAW bersabda:

Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orangtuanya sudah renta atau salah seorang dari keduanya, namun tidak dapat membuatnya masuk surga. - (HR. Muslim)

2. Hikmah merawat orangtua yang sakit

2. Hikmah merawat orangtua sakit
Variationspsychology.com

Di tengah kesibukan yang sedang dijalani, sudah sewajarnya seorang anak meluangkan waktu mereka untuk memerhatikan kondisi orangtua mereka. Terlebih ketika ada salah satu atau kedua orangtuanya sedang jatuh sakit.

Menurut ajaran agama Islam, berikut hikmah yang didapat seorang anak ketika merawat orangtua antara lain: 

  • Menjadi lebih dekat pada Allah SWT

Ketika orangtua jatuh sakit, cobalah untuk banyak mengucapkan doa "Syafakallah atau Syafakillah” yang artinya semoga lekas sehat. Ucapan doa tersebut menjadi pengingat kita bahwa sehat merupakan hal termahal yang harus dijaga.

Saat merawat orangtua yang sakit, kita akan banyak bersyukur pada Allah SWT atas nikmat sehat tiada tara yang diberikan kepada diri kita. 

  • Anak akan lebih dekat dengan orangtua

Hikmah atau berkah yang kita dapat saat merawat orangtua yang sakit, yakni bisa menjadi lebih dekat dengan mereka. Jika sebelumnya seorang anak disibukkan dengan pekerjaan, maka mau tak mau anak harus meluangkan waktunya merawat orangtua yang sedang sakit.

Meski demikian, ini bisa menjadi waktu yang tepat dalam mempererat hubungan anak dan orangtua. Sebab kala merawat orangtua yang sedang sakit, kita akan lebih berpikir bahwa mungkin kita sebagai anak kurang memerhatikan dan mengurus orangtua selama ini.

  •  Akrab dengan saudara yang lain

Saat merawat orangtya yang sedang sakit, tentu membutuhkan peran semua anak bergantian merawat serta memberikan perhatian. Hal ini bisa menjadi hikmah tersendiri, sebab dengan begitu kita bisa menjadi lebih dekat dengan saudara yang lain untuk bekerja sama dalam merawat orangtua.

  • Sarana mendidik anak untuk berbakti kepada orangtua

Kebanyakan anak mungkin akan lupa untuk mengurus orangtua, namun mereka akan lebih ingat ketika orangtua jatuh sakit dan membutuhkan bantuan serta perhatiannya. Untuk itu, merawat orangtua yang sakit juga menjadi sarana pendidikan bagi anak dalam berbakti kepada orangtua.

Dengan begitu, anak akan mempelajari bagaimana merawat dan mengurus orangtua yang sedang sakit. Ini dilakukan sebagaimana orangtua telah mengurus anak-anaknya ketika masih kecil hingga dewasa.

3. Berbakti kepada orangtua dengan merawat mereka ketika sakit

3. Berbakti kepada orangtua merawat mereka ketika sakit
Hawkinselderlaw.com

Dari hikmah yang sudah disebutkan sebelumnya, kata kunci yang bisa kita ambil yakni dengan berbakti kepada orangtua. Merawat dan mengurus orangtua yang sedang sakit menjadi salah satu kewajiban anak dalam berbakti kepada orangtuanya.

Dengan melakukan demikian, maka anak juga akan dilatih kesabaran sebagaimana orangtua bersabar dalam merawat dan mendidik anak-anak mereka hingga dewasa.

Bersabar dalam berbakti kepada orangtua mungkin menjadi hal yang cukup sulit bagi seorang anak, terlebih ketika orangtua sudah mencapai usia lanjut. 

Namun, di sinilah rahasia Alquran dan hadis yang menegaskan keutamaan berbakti kepada orangtua ketika mereka sudah mencapai usia lanjut termasuk amalan yang akan kita dapatkan di akhirat kelak.

Merawat orangtua sesungguhnya merupakan kewajiban seorang anak yang akan menjadikannya pahala menuju gerbang surga-Nya. Sangat besar kesempatan tersebut bagi seorang anak yang dengan ikhlas dan sabar dalam merawat orangtuanya yang sedang jatuh sakit.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.