Spesial Hari Ayah - Millennial Papa of the Month November 2019: Rendy Pandugo, Marco "Barasuara" & Ilman "Maliq & D'Essentials"

Ini makna Hari Ayah bagi Rendy Pandugo, Marco Barasuara dan Ilman Ibrahim

8 November 2019

Spesial Hari Ayah - Millennial Papa of the Month November 2019 Rendy Pandugo, Marco "Barasuara" & Ilman "Maliq & D'Essentials"
Popmama.com/Michael Andrew

Di banyak negara, seperti Belanda, Kanada, Italia, Jerman, Jepang, Turki, Pakistan, Singapura, Filipina atau Hongkong setiap tahun merayakan Father’s Day.

Di Amerika, biasanya hari penting tersebut dirayakan pada hari Minggu di pekan ke-3 pada bulan Juni.

Bukan hanya negara-negara itu saja, di Indonesia juga merayakan Hari Ayah setiap tanggal 12 November.

Awalnya, Hari Ayah pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Solo, kala itu negara ini sedang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Hari Ayah sengaja ditetapkan menjadi perayaan tahunan untuk menghormati dan membahagiakan para ayah.

Menyambut hari penting itu, Popmama.com telah membuat Millennial Papa of the Month Edisi November khusus untuk merayakan Hari Ayah bersama Rendy Pandugo, Marco Steffiano (Barasuara), dan Ilman Ibrahim Isa (Maliq 'D Esentials).

Ketiga musisi ini akan membagikan pengalaman berharganya sebagai seorang papa.

Apa sih suka duka menjadi kepala rumah tangga yang bekerja sebagai seorang musisi?

Ketiga Millennial Papa ini memiliki jam kerja yang sangat fleksibel dan padat, sementara di rumah ada si Kecil yang selalu menanti dan merindukannya.

Yuk, simak wawancara eksklusif Popmama.com bersama ketiga Millennial Papa berikut ini:

1. Rendy ungkap berartinya kehadiran si Kecil yang mengubah banyak hal di dalam hidupnya

1. Rendy ungkap berarti kehadiran si Kecil mengubah banyak hal dalam hidupnya
Popmama.com/Michael Andrew

Rendy Pandugo, penyanyi dan penulis lagu asal Medan ini telah menikah dengan sang istri, Mia Sesaria pada November 2012. Pada tahun 2018, tepatnya setelah 6 tahun menikah, Rendy baru mengungkapkan profil istrinya di hadapan publik.

Rendy juga telah memiliki seorang anak perempuan bernama Dara Nassa Kiyandra yang saat ini berusia 2 tahun.

Lalu perubahan apa yang Rendy rasakan setelah si Kecil hadir di tengah keluarga?

“Saya nggak pernah bisa bangun jam 2 siang lagi. Sekarang jadi lebih pagi bangunnya. Dara juga bukan tipikal anak yang bangun pagi banget, biasanya jam 7 dia sudah bangunin saya,” ungkap Rendy.

Rendy juga tidak ingin melewatkan momen di pagi hari bersama sang anak, sederhana namun ini adalah momen emas yang sangat dibutuhkan oleh si Kecil.

“Biasanya pas bangun tidur lihat Dara. Rutinitas pertama sudah pasti ajak main, sarapan dulu, karena biasanya saya kerja sampai malam kan. Ketika dia mau tidur saya nggak ada di dekat dia, biasanya pas bangun tidur, main-main di kasur dulu sebentar. Setelah itu baru deh sarapan bareng dan Dara mandi. Dara juga biasanya turun ke bawah, dia main, ketemu dengan teman-temannya, sama geng-nya," cerita Rendy dengan wajah penuh tawa.

Rendy juga bercerita seberapa seru kehidupannya setelah memiliki Dara

“Seru! Serunya itu karena banyak pelajaran baru, dia ngajarin banyak hal juga. Mulai dari arti pentingnya keluarga, lalu hidup saya jadi lebih tertata, mulai dari pengaturan jadwal kerja sampai urusan finansial. Sekarang semua jadi bisa saya atur sedemikian rupa. Semua jadi lebih terencana.”

"Yang pasti setelah punya anak kantong mata jadi semakin tebal sepertinya," canda Rendy.

2. Rasa penuh syukur yang Marco rasakan atas kehidupannya saat ini

2. Rasa penuh syukur Marco rasakan atas kehidupan saat ini
Popmama.com/Michael Andrew

Marco Steffiano, Drummer Barasuara sekaligus komposer andal ini juga memiliki cerita yang menarik. Banyak pencapaian yang telah Marco raih dalam hidupnya, salah satunya adalah Best Pop Music Composer menurut AMI Awards 2018 dalam karyanya “Teduhnya Wanita” untuk Raisa.

Marco merasa sangat bersyukur atas apa yang telah ia rasakan hingga hari ini, termasuk karena menikahi Indah Devina dan menjadi seorang Papa bagi anaknya, Chanda Mori Steffiano.

“Saya lebih bersyukur ya, bisa dikasih istri yang sayang banget sama saya dan diberikan anak yang sehat. Sejauh ini juga anak saya bertumbuh dengan baik,” pungkas Marco.

3. Sederhana tapi berkualitas, Ilman juga punya cara seru menghabiskan waktu bersama keluarga

3. Sederhana tapi berkualitas, Ilman juga pu cara seru menghabiskan waktu bersama keluarga
Popmama.com/Michael Andrew

Ilman Ibrahim Isa, Keyboardist Maliq & D’Essentials ini mengaku punya cara simpel untuk menghabiskan waktu senggangnya bersama keluarga.

Ilman menikah pada tanggal 23 November 2011 Ilman dengan Masita Dewi Andriani.

Hingga saat ini Millennial Papa ini telah dikaruniai seorang putra-putri yang bernama Keanu Kala Arasy, yang lahir pada tanggal 13 Desember 2013 dan Kanaya Salsabila Ibrahim, yang lahir pada tanggal 19 sept 2015.

“Paling enak itu tiduran di kamar, berempat main di kamar di atas kasur, Itu sudah paling favorit banget. Saya pernah bikin tenda, main berempat di situ dan nggak harus keluar kemana-mana. Cukup tenda-tendaan, itu menyenangkan sekali. Kadang juga makan keluar berempat,  sama-sama supaya semua senang,” cerita Ilman.

Editors' Picks

4. Meski menyenangkan, seorang Papa tetap perlu perjuangan untuk bisa menjadi orangtua yang baik

4. Meski menyenangkan, seorang Papa tetap perlu perjuangan bisa menjadi orangtua baik
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orang tentu ingin menjadi orangtua yang baik bagi anak-anaknya. Begitu pula dengan Millennial Papa ini. Mereka tetap perlu berjuang dan beradaptasi untuk jadi yang terbaik.

"So far semua happy, nggak ada hal yang saya bawa stres. Paling masalahnya adalah waktu, jam kerja saya yang nggak menentu. Jadi kadang ada keterbatasan untuk bisa kumpul dan menemani anak," ungkap Rendy.

"Pernah ada satu momen, pas lagi kerja keluar, saya merasa kangen banget sama Dara. Saya sampai ciptain lagu saat itu juga. Lagu itu memang khusus saya bikin untuk Dara dan istri saya," cerita Rendy.

Berbeda dengan ilman, baginya menjadi seorang laki-laki adalah tugas serius yang harus dinikmati.

"Menjadi seorang Papa pasti berat. Apalagi kalau ada lain-lainnya yang harus dibantu. Sudah pasti beban di pundaknya berat. Jadi laki-laki itu sudah berat, punya istri itu berat, punya anak pasti lebih berat. Untuk laki-laki, punya tanggungan itu dijalani sebaik-baiknya, dinikmati, jangan dianggap mumet dan komunikasi dengan istri juga penting."

5. Apa sih yang bisa membuat Millennial Papa merasa bangga menjadi seorang ayah bagi anak-anaknya?

5. Apa sih bisa membuat Millennial Papa merasa bangga menjadi seorang ayah bagi anak-anaknya
Popmama.com/Michael Andrew

Ilman merasa menemukan dirinya versi kecil di dalam diri si Kecil.

"Ada penerus dalam keluarga, itu menjadi sebuah kebanggaan untuk saya. Bisa ada yang meneruskan cita-cita saya yang belum sempat tercapai. Dulu saya pengin jadi pilot. Nah, Keanu suka banget pesawat, ‘kok sama sih.’ Saya juga suka banget pesawat, apakah tanpa sengaja itu diarahkan, nggak tahu juga. Saat lihat Keanu, saya sering merasa seperti muncul diri saya versi kecil, suka musik, suka pesawat, dan dia suka gambar. Saya nggak terlalu suka gambar, tapi Keanu suka. Bagus kan, ada kemampuan baru," cerita Ilman kepada Popmama.com saat diwawancara.

Rendy punya penjelasan lain ketika ditanya apa yang membuatnya bangga menjadi seorang Papa bagi Dara.

"Sejujurnya saya juga nggak percaya sih, saya akan mewarisi Dara. Istri saya baru hamil setelah nikah 5 tahun. Saat itu sebenanrnya kami memang menunda kehamilan. Saya dan istri maunya 2018 akhir baru hamil, tapi ternyata malah hamil di 2017, agak lebih cepat juga ya. Kita syukuri dan pastinya kita jaga karena kita juga nggak tau apa yang akan terjadi ke depannya."

Rendy masih merasa tidak percaya, dirinya dan istri bisa sangat solid dalam menjaga hubungan keluarga mereka.

"Saya nggak percaya ternyata saya berdua istri itu bisa mengurus semuanya sendiri. Dari mulai istri saya hamil, istri saya setelah melahirkan, itu saya dan istri selalu berdua. Sampai sekarang juga. Orangtua juga nggak ada di Jakarta, mereka di luar kota semua, di Surabaya. Alhamdulillah, so far semua berjalan dengan lancar. Dan saya nggak nyangka aja ternyata bisa mengurus semua berdua,” ungkap Rendy.

6. Sebagai Millennial Papa, inilah harapan Marco dan Ilman untuk dirinya di masa mendatang

6. Sebagai Millennial Papa, inilah harapan Marco Ilman diri masa mendatang
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai seorang Papa, Marco juga memiliki harapan untuk dirinya.

“Saya berharap bisa menjadi papa yang terbaik buat anak saya dan jadi suami yang terbaik buat istri saya. Semoga saya juga bisa menjadi orang yang memberi sesuatu hal positif ke siapapun itu,” ungkap Marco.

Sementara, inilah harapan Ilman di Hari Ayah tahun ini.

"Harapan di Hari Ayah tahun ini, semoga saya bisa teru menjadi contoh yang baik bagi anak-anak, menyenangkan hati mereka, tetap bisa membuat mereka bangga dan bikin mereka kagum,” kata Ilman.

7. Ucapan Hari Ayah dari Rendy, Ilman dan Marco untuk Millennial Papa di seluruh Indonesia

7. Ucapan Hari Ayah dari Rendy, Ilman Marco Millennial Papa seluruh Indonesia
Popmama.com/Michael Andrew

Bagi Ilman tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat penting, simak kalimat berikut sebagai pengingat.

"Untuk teman-teman yang sudah atau baru akan punya anak, jangan memaksakan anak, jadilah support system yang baik untuk tumbuh kembang anak,” demikian ucap Ilman.

Rendy Pandugo juga punya ucapan yang bisa menyemangati para Millennial Papa.

"Saya yakin semua Papa itu capeknya akan hilang kalau mereka sudah kumpul sama anak-anaknya. Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga. Saya yakin, nggak ada seorang ayah yang mau mengajarkan keburukan untuk anak dan keluarganya," ungkap Rendy.

"Apapun itu yang dilakukan untuk keluarga, tetap disyukuri, jangan pernah membandingkan dengan keluarga orang lain, apa yang lo punya, terus jalani, dan itu harus disyukuri. Apapun itu bentuknya apapun itu caranya tetap disyukuri karena Tuhan pasti tahu apa yang terbaik untuk kamu sebagai seorang Papa dan sebagai seorang kepala rumah tangga,” tambahnya.

Sementara bagi Marco tak perlu hari khusus, setiap hari tetap sama seperti Hari Ayah.

Sedikit berbeda, Marco bercerita dirinya tidak begitu merayakan Hari Ayah, Hari Ibu, atau Hari Valentine, karena baginya itu personal saja, tak perlu ada yang seperti itu. Meski begitu, dengan adanya Hari Ayah, ia merasa momen ini bisa semakin mengingatkan dirinya.

“Ini lebih mengingatkan diri sendiri betapa berharganya istri saya, anak saya, termasuk bapak dan semua keluarga. Jadi itu harus disadari setiap hari, nggak perlu hari khusus,” pungkas Marco.

Marco juga mensyukuri dirinya yang kini telah menjadi seorang Papa.

“Saya bersyukur bisa menjadi seorang ayah dan semakin mengerti perjuangan seorang ayah. Saya juga sangat berterima kasih untuk semua ayah diluar sana yang berjuang demi keluarganya. Semoga para ayah bisa menjadi contoh yang semakin baik untuk keluarga dan orang-orang di sekitar. Semoga bisa selalu memberikan yang terbaik buat keluarga dan semuanya,” tutup Marco.

Itulah obrolan Popmama.com dengan ketiga Millennial Papa yang sangat inspiratif. Jangan lupa untuk baca kisah lainnya dari Rendy Pandugo, Marco dan Ilman Ibrahim bulan November ini ya Ma.

Selamat Hari Ayah!

Special Edition: #MillennialPapa of the Month Edisi November 2019 – Rendy Pandugo, Marco Steffiano - Barasuara, Ilman Ibrahim - Maliq & D'Essentials   

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Lifestyle Editor - Novy Agrina
Fashion Stylist – Natasha Ghea Permata
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Jun Peterson
Videographer - Rama Rafael
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
All Wardrobe - UNIQLO Indonesia, Studio MORAL, Gingersnap, Kim & Kin, Mothercare
Location- IDN MEDIA HQ

#MillennialMama of the Month

Spesial Hari Ayah
Millennial Mama

Spesial Hari Ayah

Rendy Pandugo, Marco Steffiano - Barasuara, Ilman Ibrahim - Maliq & D'Essentials

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!