Nirina Zubir Belajar Ilmu Parenting Baru di Film 'Keluarga Cemara 2'

Nirina Zubir mengetahui pertama kali dan belajar soal problematika anak tengah, lho

20 Mei 2022

Nirina Zubir Belajar Ilmu Parenting Baru Film 'Keluarga Cemara 2'
Popmama.com/Putri Syifa N

Menjadi orangtua tak punya sekolah formal seperti jenjang pendidikan lain. Menurut Nirina Zubir, menjadi orangtua itu layaknya belajar seumur hidup.

Kita tidak boleh berhenti belajar sebagai orangtua. Pasalnya ketika anak bertambah umur, tantangan yang dihadapi juga akan berbeda.

"Disini problematikanya. Menjadi ibu itu memang sebuah sekolah yang tidak ada habisnya. Belajar lagi, belajar mengolah emosi, tambah umur anak ya tantangannya ada lagi," tutur Nirina dalam press conference film 'Keluarga Cemara 2' di Plaza Senayan, Rabu (18/5/2022).

Berperan sebagai Emak, di film 'Keluarga Cemara 2' pekerjaan rumahnya seolah bertambah karena memiliki tiga orang anak. Hadirnya Agil di tengah kehidupan Abah, Emak, Euis dan Ara membuat dinamika keluarga mereka yang mulai dari nol punya banyak cerita.

Berikut Popmama.com rangkum cerita selengkapnya Nirina Zubir belajar ilmu parenting dan menjadi mama tiga anak di 'Keluarga Cemara 2'.

Editors' Picks

1. Setiap keluarga punya cobaannya masing-masing, tantangan selalu ada setiap saat

1. Setiap keluarga pu cobaan masing-masing, tantangan selalu ada setiap saat
Popmama.com/Putri Syifa N

Tak hanya kehidupan setiap orang, dinamika dan cobaan setiap keluarga pasti ada. Istri Ernest Fardiyan Syarif ini memandang setiap keluarga pasti punya tantangan yang berbeda, di mana solusi dari masalahnya pun akan berbeda juga. 

"Skalanya kadang kita melihat itu masalah besar, pribadi Nirina sendiri punya masalah besar. Dan sosok Emak juga punya masalahnya sendiri. Cangkupan masalah di keluarga kecil ini itu relate sama ibu-ibu saat ini," tutur Nirina.

2. Pelajaran parenting yang didapat Nirina di 'Keluarga Cemara 2'

2. Pelajaran parenting didapat Nirina 'Keluarga Cemara 2'
Popmama.com/Putri Syifa N

Sosok Emak di 'Keluarga Cemara 2' baru punya anak balita bernama Agil. Sosok Agil hadir di tengah keluarga ini yang masih merintis ekonomi dari nol.

Agil masih butuh perhatian, di satu sisi anak pertama di keluarga ini sudah beranjak remaja. Euis mulai mengenal cinta, ini juga menjadi kebingungan Emak dan Abah di fase kehidupan rumah tangga mereka.

Lalu, ada Ara yang menjadi anak tengah selepas kehadiran Agil. Dikarenakan terlalu fokus kepada anak pertama dan bungsu, sosok anak tengah ini seolah berubah menjadi kurang perhatian.

"Jadi serba salah, mencari formula parenting itu sulit, nggak ada sekolahnya jadi orangtua. Lalu anak tengah juga menuntut perhatian. Sebagai Emak jadi pembelajarannya dikasih ilmu baru, ada problematika anak tengah ini," jelas Nirina Zubir.

3. Pelajaran tentang rumah tangga yang penting dari 'Keluarga Cemara 2'

3. Pelajaran tentang rumah tangga penting dari 'Keluarga Cemara 2'
Popmama.com/Putri Syifa N

Sosok Emak di film 'Keluarga Cemara 2' lebih vokal dibandingkan film sebelumnya. Aktris kelahiran 1980 ini menyebut ada perkembangan karakter yang dilalui sosok Emak.

"Sebelumnya Emak itu hadir sebagai pemerhati segala kejadian dan memberikan sokusi. Di sini ada perkembangan rasa karena menambah anak, jadi Emak juga bersuara istilahnya. Tetapi di sini bukan selalu bertikai dan tidak ada ujungnya. Di sini juga dikasih kesempatan untuk memperbaiki komunikasi lagi dari Emak ke Abah," pungkasnya.

Salah satu pelajaran hubungan rumah tangga yang bisa ia petik ialah masalah komunikasi. Ketika sudah berumah tangga lama, kadang tidak memperhatikan hal remeh yang sebenarnya bisa menyulut masalah.

Salah satunya ialah masalah komunikasi yang penting untuk dibangun pasangan suami dan istri, sehingga keluarga menjadi semakin harmonis.

"Meski menikah dalam waktu yang lama masalah komunikasi itu tetap penting. Belum lagi menambah anak juga, ditambah tadi problematika anak tengah itu aku belajar. Ternyata jadi ibu tiga anak itu lumayan menantang, ini jadi salah satu parenting yang aku belajar lagi," ucap Nirina.

Itulah tadi informasi mengenai Nirina Zubir yang belajar jadi mama tiga anak di 'Keluarga Cemara 2'. Wah, bisa jadi tips penting untuk hubungan keluarga nih.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk