Benarkah Tidur Membelakangi Pasangan Menandakan Konflik Rumah Tangga?

Tidak semua yang tidur membelakangi sedang ada masalah kok, Ma!

24 Oktober 2021

Benarkah Tidur Membelakangi Pasangan Menandakan Konflik Rumah Tangga
Freepik/wavebreakmedia_micr

Mungkin Mama pernah mendengar hal ini, saat tidur mulai tidak saling berhadapan satu sama lain, maka itu tandanya ada yang masalah atau konflik dalam hubungan.

Padahal persepsi tersebut tidak selamanya benar lho, Ma. Perlu diketahui bahwa justru tidur dengan saling membelakangi merupakan salah satu posisi tidur yang sering terjadi bersama pasangan.

Mungkin posisi tersebut pun sering disebut sebagai liberty. Posisi tidur liberty, ada yang membelakangi tanpa bersentuhan dan ada juga yang membelakangi dengan saling bersentuhan.

Apa bedanya ya? Apakah yang tidak bersentuhan berpengaruh pada keharmonisan suami istri? Mari sama-sama cari tahu informasinya, Popmama.com telah merangkumnya dari Huffington Puff.

1. Posisi tidur saling membelakangi bukan berarti punya masalah dengan pasangan

1. Posisi tidur saling membelakangi bukan berarti pu masalah pasangan
Freepik/yanalya

Jika Mama khawatir ketika sedang tidur dengan pasangan dan tidurnya saling membelakangi, mungkin akan berpikiran dapat menandakan beberapa masalah dalam hubungan.

Malahan, hal ini justru mesti disyukuri dan tidak perlu merasa takut. Mengingat, posisi tidur tersebut menjadi pertanda positif bagi pasangan suami istri.

Faktanya, posisi tidur liberty atau saling membelakangi juga menjadi yang paling umum di antara pasangan suami istri.

Seorang psikolog hubungan, Corinne Sweet mengatakan bahwa posisi tersebut menunjukkan pasangan terhubung dan aman dalam diri mereka sendiri.

Editors' Picks

2. Menunjukkan kedekatan dan kemandirian dalam hubungan

2. Menunjukkan kedekatan kemandirian dalam hubungan
Freepik/gpointstudio

Mama dan Papa mungkin punya posisi tidur favorit, bahkan ada juga yang tidak pernah memperdulikan posisi pasangan ketika sedang tertidur?

Saat awal-awal menjalani pernikahan, mungkin posisi tidur yang akan diterapkan selalu memeluk pasangannya dan hal tersebut menjadi pemandangan ‘biasa’. Situasi tersebut terjadi lantaran romansa keduanya masih berapi-api.

Berbeda saat hubungan menginjak waktu yang lama atau bahkan sudah memiliki anak, maka posisi tidur menjadi random dan tidak seintim dahulu.

Padahal, posisi tidur ini menandakan kedekatan dan kemandirian dalam sebuah hubungan. Bisa diartikan juga dengan tidak merasa khawatir dan takut pasangan marah ketika tak berusaha memeluknya.

3. Saling membelakangi dengan menyentuh atau tidak menyentuh?

3. Saling membelakangi menyentuh atau tidak menyentuh
Freepik/drobotdean

Mungkin ada beberapa yang menerapkan posisi tidur ini di atas ranjang. Di mana pasangan ada yang membelakangi tanpa bersentuhan satu sama lain, bahkan ada yang melakukan sebaliknya.

Jika bokong saling bersentuhan dengan pasangan, maka itu berarti kalian berdua ingin tetap terhubung secara seksual sambil tetap merasa nyaman karena saling berhadapan.

Kalau pun menyukai posisi tidur membelakangi ini, maka kemungkinan juga akan merasakan kenyamanan dan santai satu sama lain.

Walaupun sedang bertengkar, tetapi jika saling bersentuhan, itu berarti hubungan masih baik-baik saja. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan ya, Ma!

4. Tips tidur nyaman bersama pasangan

4. Tips tidur nyaman bersama pasangan
Pexels/C Technical

Terlepas apapun posisi tidurnya, namun jika istri atau suami tidur suka mendengkur, maka hindari posisi tidur terlentang.

Hal ini bisa membuat pasangan nyaman dan tidak terganggu dengan suara dengkuran. Selain itu, kurangi kafein sebelum tidur agar lebih berkualitas dan nyenyak.

Tetapi, untuk yang tidak mendengkur, posisi tidur terlentang dan saling menyentuh satu sama lain akan bagus untuk kualitas tidur juga lho.

Kontak kulit ke kulit dapat meningkatkan produksi oksitosin, bahkan ini juga dikenal sebagai hormon cinta. Kondisi tersebut pun dapat menurunkan stres dan tekanan darah tinggi, bahkan membuat merasa lebih dekat dengan pasangan.

Nah, itulah rangkuman penjelasan terkait posisi tidur saling membelakangi pasangan. Perlu diingat bahwa posisi tidur tersebut tidak selalu diartikan sedang bertengkar atau marahan dengan pasangan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.