3 Cara Mengurangi Kecemasan saat Bercinta untuk Pertama Kalinya

Jangan merasa terbebani karena baru pertama kali berhubungan seks

10 Mei 2021

3 Cara Mengurangi Kecemasan saat Bercinta Pertama Kalinya
Freepik

Pasangan suami istri yang baru menikah tentu akan menjalani kehidupan baru untuk membangun sebuah keharmonisan bahtera rumah tangga. Berhubungan seks pun menjadi salah satu kunci untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis. 

Saat sudah resmi menjadi suami istri, mungkin sebagian orang beranggapan langsung berhubungan seks malam pertama merupakan tujuan awal setelah pesta pernikahan selesai.

Namun, itu sesuai preferensi masing-masing tentunya. Ada yang melakukannya secara langsung usai acara, ada juga yang menunda terlebih dahulu dan menunggu di lain waktu.

Ketika malam pertama, pasangan suami istri perlu memiliki kesiapan bersama untuk berhubungan seks. Jangan sampai, kehidupan seks di malam pertama tidak menyenangkan karena ada salah satu pihak sedang merasa kelelahan usai acara pernikahan. 

Selain itu, rasa cemas dan canggung untuk berhubungan seks di malam pertama memang wajar sekali terjadi.

Dilansir dari dari Her Norm, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa cara mengurangi kecemasan saat berhubungan seks untuk pertama kalinya

Yuk, diperhatikan dengan baik agar kehidupan seks bersama pasangan bisa menjadi pengalaman tak terlupakan!

Editors' Picks

1. Pastikan untuk luangkan waktu bersama dan nikmati foreplay

1. Pastikan luangkan waktu bersama nikmati foreplay

Saat ingin memulai hubungan seks di malam pertama, ada baiknya perlu menjelajahi tubuh satu sama lain dan benar-benar mempelajari apa yang disukai oleh kedua belah pihak.

Setelah menikmati pemanasan beberapa kali, tanpa disadari ini akan menciptakan rasa nyaman dan lebih terbuka tentang apa yang disukai serta tidak disukai saat sesi bercinta.

Dalam hal berhubungan seks dengan pasangan pertama kali, penting melakukan foreplay terlebih dahulu.

Foreplay adalah bagian awal yang penting saat berhubungan seksual. Foreplay termasuk istilah yang memang digunakan ketika sedang melakukan persiapan atau pemanasan saat bercinta bersama pasangan. Pemanasan ini bertujuan untuk membangkitkan gairah agar semakin intim dan mengurangi rasa canggung saat berada di atas ranjang.  

Perlu diingat bahwa foreplay memainkan peran penting dalam seks, terutama saat baru pertama kali melakukannya. Momen ini memungkinkan untuk menciptakan suasana rileks tanpa ada rasa canggung. 

2. Pastikan melakukan sesi bercinta dengan tempo lambat

2. Pastikan melakukan sesi bercinta tempo lambat
Freepik/gpointstudio

Saat malam pertama, hasrat seksual pasangan suami istri akan meningkat serta terpacu untuk melakukan sesi bercinta dengan performa terbaik. 

Ada juga pasangan yang ingin langsung melakukan tahapan intim, yakni bagaimana caranya orgasme dengan hebat, tanpa melakukan foreplay terlebih dahulu. Perlu dipahami bahwa tindakan tersebut kurang tepat lho, Ma. 

Perlu diingat bahwa kehidupan seks bersama pasangan setelah menikah merupakan kunci keharmonisan keluarga, sehingga kedua belah pihak harus menciptakan sesi bercinta yang menyenangkan. 

Ketika berhubungan seks baru pertama kali dilakukan, pasangan suami istri perlu menemukan apa yang disukai masing-masing mulai dari gerakan, sentuhan dan posisi seks saat bercinta. 

Momen malam pertama pun perlu dilakukan dengan tempo yang lambat dan usahakan tidak terlalu terburu-buru. Ciptakan momen yang intim, lalu ada baiknya juga membicarakan bersama pasangan untuk menciptakan sesi bercinta dengan tempo lambat. 

Dengan pelan-pelan, maka setiap gerakan yang terjadi dapat dinikmati. Ini akan lebih baik, daripada terlalu memikirkan aksi selanjutnya seperti memakai posisi seks apa saja tanpa benar-benar dinikmati bersama.

3. Jangan khawatir untuk menciptakan kehidupan seks yang memuasakan di sesi selanjutnya

3. Jangan khawatir menciptakan kehidupan seks memuasakan sesi selanjutnya
Freepik/senivpetro

Bagi sebagian pasangan, sesi bercinta di malam pertama usai acara pernikahan terasa kurang menyenangkan karena beberapa faktor. Tidak ada kesiapan kedua belah pihak atau masih merasa lelah bisa menyebabkan pengalaman seks yang buruk. 

Ingatlah, tidak semua rencana berjalan dengan baik. Jadi jika itu terjadi pada malam pertama dan segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, maka tunda saja berhubungan seks sampai malam berikutnya.

Sama sekali tidak ada aturan terkait seks pasa malam pertama. Intinya dibutuhkan kesiapan satu sama lain agar kehidupan bercinta di atas ranjang menjadi sesuatu momen yang menyennagkan. 

Apabila ditunda dan tidak bercinta di malam pertama usai pernikahan. Pastikan untuk saling mengenal satu sama lain dan lebih siap di malam berikutnya. 

Nah, itulah beberapa cara untuk mengurangi kecemasan saat berhubungan seks di malam pertama. Pasangan suami istri juga perlu saling berkomunikasi agar kehidupan seks di ranjang menjadi lebih membahagiakan. 

Seks berjalan lancar juga berkat komunikasi lho, Ma. Jadi jangan sungkan ungkapkan perasaan ke pasangan selama sesi bercinta.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.