5 Tips agar Pernikahan yang Dijodohkan Bisa Berhasil dan Bahagia

Bisakah mereka menjalani rumah tangga yang harmonis?

9 Mei 2021

5 Tips agar Pernikahan Dijodohkan Bisa Berhasil Bahagia
Freepik/gpointstudio

Pasangan suami istri yang menikah karena dijodohkan, tentu hanya punya sedikit waktu untuk mengenal satu sama lain. Oleh karenanya, kemungkinan bisa saja terjadi kesalahpahaman hingga perselisihan kecil di dalam rumah tangga mereka berdua. 

Nah, jika Mama dan suami masih canggung untuk membuka hati untuk satu sama lain. Jangan khawatir!

Jika mau berusaha untuk mengenal dan memahami sifat dan karakter masing-masing, pernikahan kalian tentunya bisa berhasil dan bahagia. 

Merangkum dari Times of India, Kali ini Popmama.com akan berbagi tips membangun hubungan rumah tangga yang harmonis untuk pasangan suami istri yang menikah karena dijodohkan. 

Disimak ya, Ma! 

1. Berusaha untuk mengenal satu sama lain 

1. Berusaha mengenal satu sama lain 
Freepik/Dragonimages

Tentunya penting sekali untuk mengenal lebih dekat sosok dan karakter pasangan kita. Kemudian tujuan, ambisi dan hal yang mereka suka atau tidak sukai.

Hal ini akan membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentangnya. Sebaliknya, beri tahu juga padanya tentang tujuan dan prioritas hidup kita setelah menikah. Hal ini agar pasangan suami istri punya visi dan misi yang sama, sehingga dapat menciptakan keluarga yang harmonis.

Editors' Picks

2. Cobalah mengenal keluarganya 

2. Cobalah mengenal keluarganya 
Freepik

Cari tahu lebih banyak mengenai keluarga dari suami serta pahami juga silsilah keluarganya. Bukan hanya keluarga inti saja, melainkan seluruh keluarga besarnya. 

Cobalah untuk lebih dekat dengan keluarganya. Ingatlah momen-momen spesial seperti hari ulang tahun mertua atau kakak ipar. 

Selain itu, kalian juga bisa saling bercerita mengenai hal-hal menyenangkan yang terjadi di masa kecil dan saat remaja. 

3. Bicarakan tentang masa lalu

3. Bicarakan tentang masa lalu
consciouslifenews.com

Ini termasuk langkah yang dapat diambil hanya jika kalian berdua cukup nyaman untuk mendiskusikannya. 

Kehidupan seseorang tentu tak lepas dari masa lalunya. Jika ingin mengenal suami lebih dekat, dengarkan juga cerita mengenai masa lalunya dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. 

Tak ada orang yang sempurna. Jika ada hal-hal dari masa lalunya yang tak sesuai harapan dan mengecewakan. Cobalah untuk menerima dan jangan menghakiminya.

Ingatlah bahwa pernikahan ini akan menjadi awal yang baru untuk kalian berdua. 

4. Bicara tentang keuangan 

4. Bicara tentang keuangan 
Freepik/jcomp

Bicara tentang keuangan mungkin tampak terlalu dini, namun sebenarnya ini adalah waktu yang tepat. Pasangan suami istri harus punya aturan yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga

Cobalah untuk saling terbuka dan mengambil bagian dalam diskusi. Pasalnya, sekarang sudah menjadi tanggung jawab kalian berdua untuk menangani keuangan rumah tangga. 

5. Jujurlah tentang segala hal 

5. Jujurlah tentang segala hal 
rebelcircus.com

Cobalah untuk lebih jujur dan terbuka tentang segala hal dengan pasangan. Jika sedang menghadapi masalah, sekarang tak perlu lagi menanggungnya sendiri. 

Curahkan semua keraguan dan keluh kesah di hadapan pasangan. Mintalah saran dan bantuan darinya. Kalian juga bisa mengatasi masalah berdua. Hal ini akan membuat ikatan di antara kalian semakin erat dan lebih kompak sebagai tim. 

Nah Ma, itulah beberapa tips membangun hubungan untuk suami istri yang menikah karena dijodohkan. Semoga kehidupan pernikahan Mama selalu harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.