Menyentuh, Iqbaal Ramadhan Ungkap Pesan di Film Ali & Ratu Ratu Queens

Menurut Iqbaal Ramadhan, film ini berpesan tentang arti keluarga

10 Juni 2021

Menyentuh, Iqbaal Ramadhan Ungkap Pesan Film Ali & Ratu Ratu Queens
Dok. Netflix

Jika Mama menunggu saat-saat menonton film yang penuh pesan terkait keluarga dan sebuah petualangan seru, rasanya film Ali & Ratu Ratu Queens perlu masuk list untuk disaksikan nih.

Ada kabar baiknya nih, film yang banyak unsur keluarga ini berlatar di New York, Amerika Serikat ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai karakter Ali. Dalam film tersebut, Iqbaal harus mencari sang Mama dari Jakarta ke New York.

Singkat cerita, Ali bertemu dengan empat imigran asal Indonesia yang penuh warna yang tinggal di Queens. Perjalanan Ali pun bersama ratu-ratu tersebut membawanya ke sebuah pemahaman baru mengenai arti keluarga yang sesungguhnya.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa detail dari film Ali & Ratu Ratu Queens, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

1. Banyak jalan untuk mendefinisikan tentang arti keluarga

1. Banyak jalan mendefinisikan tentang arti keluarga
Dok. Netflix

Iqbaal Ramadhan membagikan sebuah pesan dari Ali & Ratu Ratu Queens, ia tak ragu mengatakan bahwa ada banyak cara untuk mendefinisikan arti dari keluarga.

Menurut penuturannya, pesan dan topik keluarga di film ini memang sangat powerful apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Apalagi kita bisa saling mengenal seluruh karakter dari masing-masing anggota keluarga. 

“Walaupun proses syuting dilakukan sebelum pandemi, tetapi pesan ini justru semakin kuat sekarang,” ujar Iqbaal dalam konferensi pers virtual Ali & Ratu Ratu Queens pada Rabu (9/6/2021).

Ia pun berbagi arti keluarga yang sesungguhnya, salah satunya saat orang-orang memperhatikan dan sering menanyakan kabar kita.

“Hal ini yang semakin memperlihatkan bahwa kita semua memiliki kebebasan, terutama untuk memilih siapa yang kita inginkan sebagai bagian dari keluarga,” lanjutnya.

Editors' Picks

2. Karakter Ali yang relate dengan anak-anak seusianya

2. Karakter Ali relate anak-anak seusianya
Dok. Netflix

Selain menyuguhkan pesan keluarga yang dalam, Iqbaal Ramadhan juga turut membagikan cerita terkait karakter Ali yang diperankannya dalam film.

Kita bisa tahu bahwa ini bercerita tentang Ali pergi ke New York untuk mencari sang Mama, bahkan ia cukup gigih dengan apa yang ingin didapatkannya.

Namun menurut Iqbaal, usia Ali yang masih muda terkadang membuatnya mengambil keputusan yang emosional. Meskipun begitu, hal tersebut justru dengan jalan itulah yang mengantarnya ke jalannya sendiri.

“Dia (Ali) hanya perlu belajar menerima dan bertanggung jawab atas pilihan yang ia buat. Saya percaya anak-anak muda seusia Ali bisa memahaminya,” kata Iqbaal.

Iqbaal pun berpesan tidak apa-apa jika tidak tahu harus mulai dari mana dan membuat kesalahan, namun selama bisa belajar dari hal tersebut. Karakter Ali bisa dibilang sangat relatable, termasuk bagi iqbaal sendiri.

3. Karakter Ali tumbuh dengan berbagai sosok perempuan dengan berbagai sifat

3. Karakter Ali tumbuh berbagai sosok perempuan berbagai sifat
Dok. Netflix

Film ini pun menyuguhkan kedekatan Ali dengan tokoh perempuan. Baik itu ratu-ratu di New York, maupun dengan bude dan teman sebayanya ketika di Indonesia.

Saat ditanya hubungannya dengan para perempuan dalam hidup Ali, Iqbaal merasa karakter Ali sangat beruntung bisa tumbuh dikelilingi perempuan hebat dan tak terduga di hidupnya.

“Ali bahkan dibesarkan oleh budenya yang konservatif setelah ayahnya meninggal, ibunya yang rumit, ratu-ratu yang unik di Queens, serta tokoh Eva (yang diperankan oleh Aurora Ribero) yang seumuran dan memiliki pemikiran yang sama dengannya,” tuturnya.

Posisi Ali yang selalu memang selalu dikelilingi perempuan beragam, sehingga membuatnya lebih empati dan menjadikannya seorang laki-laki yang seutuhnya. 

4. Kebahagiaan hadir melalui sosok keluarga

4. Kebahagiaan hadir melalui sosok keluarga
Dok. Netflix

Rasanya ungkapan “harta yang paling berharga, adalah keluargasangat dirasakan oleh sosok Ali dalam perjalanannya di New York.

Dalam perjalanannya, Ali bisa bertemu orang yang random dan siapapun bisa jadi keluarga. 

“Ali menggantungkan harapan dan kebahagiaannya kepada orang lain, sehingga hal ini membawanya ke lumbung kekecewaan. Untungnya dia belajar banyak dari hal itu,” kata aktor berusia 21 tahun tersebut.

Kebahagiaan pun bisa hadir dengan adanya sosok keluarga di sekitar kita. Menurut Iqbaal, kita bisa punya watak keras dan prinsip hidup sendiri, tetapi jangan pernah menyusahkan keluarga.

“Anak-anak seumuran saya sering melakukan kesalahan seperti ini, dan saya rasa pengalaman Ali bisa jadi pelajaran buat kita,” ungkapnya.

5. Berani bermimpi dan memulai

5. Berani bermimpi memulai
Dok. Netflix

Pelajaran yang bisa diambil dari film Ali & Ratu Ratu Queens bukan hanya tentang kekeluargaan yang erat saja, tetapi bagaimana kita bisa mengejar mimpi dan berani memulainya. 

Hal ini yang selaras dengan karakter Ali. Ali pun bermimpi dan berusaha keras untuk mengejar sang Mama ke New York, hingga Mia menyusulnya tanpa tahu apa yang akan menantinya di depan sana.

“Meskipun terkadang rencana yang kita inginkan tidak semulus yang dibayangkan dan gagal, setidaknya kita bisa tahu mana yang berhasil dan yang tidak, dan itulah yang diajarkan dalam film ini,” tutup gitaris Svmmerdose tersebut.

Wah, ternyata film ini banyak pelajaran serta keseruan dari perjalanan Ali dalam mencari ibunya. Selain itu, kita bisa tahu definisi arti keluarga dalam film Ali & Ratu Ratu Queens.

Jika Mama tertarik menonton, film Ali & Ratu Ratu Queens akan tayang di Netflix pada 17 Juni 2021 mendatang. Cocok ditonton bersama keluarga di rumah!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.