5 Tips Membantu Menenangkan Suami yang Tengah Dilanda Stres

Coba lakukan cara ini agar suami merasa lebih tenang!

30 Mei 2021

5 Tips Membantu Menenangkan Suami Tengah Dilanda Stres
Freepik/wavebreakmedia_micr

Setelah berumah tangga, adakalanya cerita manis sudah bukan jadi menu utama hidangan dalam sebuah pernikahan. Perlu diingat bahwa ada rasa-rasa lainnya yang akan dirasakan mulai dari bahagia, sedih bahkan kecewa.

Namun, perlu dipahami bahwa itu wajar terjadi dan termasuk seni dalam menjalani rumah tangga. Belum lagi kita belajar mengelola emosi dan membantu pasangan dikala ia sedang merasa stres.

Saat suami stres, seorang istri perlu mengetahui sebab dan cara menenangkan pasangan. Ini perlu dilakukan agar suasana hatinya bisa kembali baik dan seperti semula.

Berikut beberapa tips membantu menenangkan suami yang tengah dilanda stres, kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya. 

1. Pahami kondisinya dan bagaimana ia menghadapi situasi tersebut

1. Pahami kondisi bagaimana ia menghadapi situasi tersebut
Pexels/Ketut Subiyanto

Setiap orang tentu memiliki kepribadian berbeda-beda yang memengaruhi cara mereka bertindak atau bereaksi dalam situasi tertentu.

Misalnya, suami yang ramah mungkin akan lebih terbuka untuk terlibat dalam berbagai aktivitas daripada orang yang pendiam.

Orang yang mudah tersinggung akan ingin menempatkan dirinya menjadi lebih optimis dipandang orang luar karena perbedaan kepribadian mereka.

Jika pasangan Mama tipe orang yang ramah, mungkin ingin mendorongnya untuk mengurangi jumlah tanggung jawab yang sudah dia miliki dan menyediakan waktu untuk bisa kembali pulih.

Jika suami termasuk orang yang pendiam serta kurang bisa bercerita kepada orang lain, maka cobalah untuk mendorongnya untuk pelan-pelan bercerita. Katakan kepadanya bahwa bercerita bisa membantunya lebih lega dan menghasilkan berbagai solusi. 

Editors' Picks

2. Menjadi pendengar yang baik

2. Menjadi pendengar baik
Freepik/freepik

Ini bukan isapan jempol belaka tentunya. Terkadang, orang yang mengalami stres hanya membutuhkan seseorang untuk mendengarkannya.

Mereka hanya ingin mencurahkan emosi dan pikirannya, bukan untuk memberikan pendapat Mama untuk dia dengarkan.

Jika Mama sudah memahami kepribadian suami dan bagaimana dia menghadapi situasi yang berbeda, maka akan semakin mengerti tentang kapan dia hanya ingin didengarkan dan kapan dia ingin mendengar solusi darimu.

Dengan menjadi pendengar aktif dan baik, maka dapat melepaskan beban pikirannya. Mama juga dapat menawarkan jalan keluar atau solusi terbaru, sehingga meringankan beban pasangan. 

3. Luangkan waktu bukan hanya sekali

3. Luangkan waktu bukan ha sekali
Freepik/bearfotos

Salah satu cara untuk membantu suami mengatasi stres kerja, yakni dengan menyediakan waktu untuk menemaninya saat berada di rumah.

Ciptakanlah waktu yang berkualitas bersama pasangan, termasuk memberikan perhatian hingga menyediakan makanan favoritnya di rumah. Walau terkesan sederhana, namun bentuk perhatian dari orang terkasih pun setidaknya bisa menurunkan tingkat stres. 

Oleh karena itu, biarkan dia merasakan perhatian penuh dari Mama. 

4. Mewaspadai tanda-tanda stres yang sedang dialami oleh suami

4. Mewaspadai tanda-tanda stres sedang dialami oleh suami
Freepik/katemangostar

Beberapa suami mengelola stres lebih baik daripada yang lain, sementara beberapa suami lainnya menyembunyikan stres mereka dari pasangannya di balik kedok sibuk bekerja.

Jika Mama mengenal pasangan dengan cukup baik, maka perlu mengamati tanda-tanda stres yang sedang dirasakan olehnya. Tidak peduli seberapa banyak dia berusaha untuk menyembunyikannya.

Meskipun dia berusaha menyakinkan Mama bahwa dia bahagia dan tidak banyak pikiran, namun ini perlu diwaspadai. Pantau terus perkembangan kesehatan mental suami hingga ia benar-benar pilih. 

Jangan sampai ia lebih murung akibat stres dengan pekerjaannya. 

5. Ciptakan suasana santai saat bercinta

5. Ciptakan suasana santai saat bercinta
Freepik/yanalya

Seks tidak hanya memengaruhi produktivitas dan kepuasan saja, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Ketika suami sedang merasa lelah, mungkin saja dia tidak akan memikirkan kehidupan seksualnya. Tak jarang, dia akan memilih untuk istirahat dan tidur lebih awal.

Namun, tidak ada salahnya bagi Mama untuk menciptakan momen intim bersama pasangan. Sebelum menciptakan suasana santai untuk bercinta, Mama perlu melakukan hal lain untuk membantu pasangan menjalani hidup yang seimbang.

Ini termasuk olahraga teratur atau mengonsumsi makan sehat untuk mengurangi gejala stres pada dirinya. Dengan begitu, dia akan lebih mudah merespons suasana seksual yang diberikan di atas ranjang.

Nah, itulah beberapa tips ketika membantu menenangkan suami yang tengah dilanda stres. Semoga bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.