6 Cara agar Menjalani Bisnis Bersama Pasangan Tidak Bangkrut

Berbisnis dengan pasangan akan lebih menantang dan menyenangkan

29 November 2021

6 Cara agar Menjalani Bisnis Bersama Pasangan Tidak Bangkrut
Unsplash/Airfocus

Ada banyak cara untuk membangun kedekatan dengan pasangan, salah satunya merintis bisnis bersama. Berbisnis bersama pasangan tentunya akan lebih menantang dan menyenangkan. 

Mama bisa memiliki lebih banyak waktu bersama pasangan, namun di sisi lain berbisnis juga bisa menyebabkan pertengkaran. Pasalnya, Mama dan pasangan terkadang memiliki visi serta misi yang berbeda untuk memajukan bisnis. 

Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Mama memantapkan hati terlebih dahulu untuk berbisnis bersama pasangan. Jangan sampai bisnis merenggangkan hubungan Mama dan pasangan. 

Apabila Mama sudah mantap untuk melakukannya, kali ini Popmama.com telah merangkum informasiterkait cara untuk mempertahankan bisnis agar terhindar dari kebangkrutan.

1. Memiliki komitmen

1. Memiliki komitmen
Unsplash/Heylagostechie

Sama seperti hubungan percintaan, membangun sebuah bisnis juga membutuhkan komitmen. Komitmen itu berupa visi serta misi yang sama antara Mama dan pasangan.

Visi dan misi dibutuhkan untuk menentukan pembagian tugas kerja, hasil usaha serta segala hal terkait bisnis tersebut. Apabila Mama dan pasangan memiliki komitmen yang berbeda, maka bisnis akan sulit maju dan berisiko bangkrut. 

2. Membuat surat perjanjian

2. Membuat surat perjanjian
Unsplash/Evangelineshaw

Setelah menyamakan visi serta misi, Mama dan pasangan perlu membuat surat perjanjian. Hal ini mungkin terasa aneh bagi sebagian pasangan karena surat perjanjian dinilai terlalu resmi. 

Padahal surat perjanjian perlu dibuat agar kegiatan bisnis yang Mama dan pasangan lakukan memiliki kekuatan hukum. Surat perjanjian itu harus mencakup pembagian hasil usaha dan tugas kerja agar tidak ada konflik ke depannya.

Editors' Picks

3. Membagi tugas masing-masing

3. Membagi tugas masing-masing
Unsplash/Judmackrill

Pembagian tugas dalam berbisnis terkadang menyebabkan pertengkaran dalam hubungan. Pasalnya, salah satu pihak bisa merasa beban kerjanya lebih berat dibanding pasangannya. 

Itulah sebabnya, apabila Mama dan pasangan benar-benar ingin menekuni bisnis, harus ada pembagian tugas yang jelas. Mama dan pasangan perlu mengetahui kewajiban, hak serta tanggung jawab dalam bisnis yang sedang dijalankan. 

4. Bersikap transparan dalam menjalani sebuah bisnis

4. Bersikap transparan dalam menjalani sebuah bisnis
Unsplash/Wildlittlethingsphoto

Sama seperti mempertahankan sebuah hubungan, dibutuhkan sikap transparan ketika membangun sebuah bisnis. Jangan sampai ada rahasia atau kebohongan antara Mama dan pasangan, terutama mengenai hasil usaha. 

Walau kebohongan kecil berusaha ditutupi, namun hal tersebut bisa menyebabkan kehancuran dalam bisnis yang sedang dirintis. Sebab, kebohongan menandakan pengkhianatan yang membuat salah satu pihak tidak percaya pada pasangannya. 

5. Bersikap profesional satu sama lain

5. Bersikap profesional satu sama lain
Unsplash/Brucemars

Membangun sebuah bisnis berbeda dengan mempertahankan hubungan percintaan. Mama dan pasangan harus bersikap profesional untuk mempertahankan bisnis. 

Apabila salah satu pihak membuat masalah, maka pihak lainnya harus berani menegur dan menyelesaikan masalah sampai tuntas. Masalah yang dibiarkan berlarut-larut karena sikap tidak profesional bisa menyebabkan kebangkrutan dalam berbisnis. 

6. Memisahkan masalah pribadi dan masalah bisnis

6. Memisahkan masalah pribadi masalah bisnis
Unsplash/Cherrydeck

Terakhir, Mama dan pasangan perlu membuat batasan yang jelas antara hubungan percintaan dan hubungan berbisnis. Jangan sampai masalah dalam hubungan dibawa ke dunia bisnis, begitu juga sebaliknya. 

Menyeimbangkan antara hubungan pribadi dan hubungan bisnis memang tidak mudah. Namun, apabila Mama atau pasangan membawa masalah pribadi ke hubungan bisnis, hal itu bisa membuat masalah menjadi lebih besar dan berisiko menyebabkan kebangkrutan. 

Nah Ma, itulah beberapa cara untuk mempertahankan bisnis yang dibangun bersama pasangan dari kebangkrutan. Sebelum mantap berbisnis bersama pasangan, sebaiknya Mama mempertimbangkannya terlebih dahulu agar tidak merusak hubungan pribadi atau hubungan bisnis ke depannya. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat jika sedang berbisnis bersama pasangan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.