7 Ciri Suami Pura-Pura Sayang Istri

Tidak semua orang mendapatkan cinta yang sama dari pasangannya

12 April 2022

7 Ciri Suami Pura-Pura Sayang Istri
Unsplash/Kellysikkema

Setiap pasangan suami istri tentu ingin membina hubungan romantis, di mana dua orang saling mencintai satu sama lain. Ketika Mama mencintai suami secara tulus, maka Mama juga ingin dicintai oleh suami dengan sepenuh hati. 

Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan cinta yang sama dari pasangannya. Beberapa orang justru menggunakan perasaan cinta untuk memanipulasi hubungan. Artinya, suami tampak romantis dan penyayang, namun itu hanya akting semata. Suami hanya menunjukkan cinta dan kasih sayang apabila dia menginginkan sesuatu. 

Sebelum hal itu menimpa Mama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri suami yang pura-pura sayang istri yang telah dirangkum Popmama.com secara lebih detail.

Ciri-ciri di bawah ini bisa dijadikan alasan untuk memperbaiki hubungan yang mungkin sudah renggang dengan suami. 

1. Mama bukan prioritas utama

1. Mama bukan prioritas utama
Unsplash/Vincefleming

Apabila suami mencintai Mama secara tulus, maka ia akan berusaha meluangkan waktu untuk memberi kabar atau menghabiskan waktu bersama-sama. Sesibuk apa pun pekerjaannya, suami akan meluangkan waktu untuk memberi kabar atau perhatian. 

Mama perlu waspada apabila suami bersikap loyal pada teman-temannya, namun tidak pernah meluangkan waktu bersama Mama. Suami terlihat menikmati hidupnya, tetapi tidak merasa nyaman berada di samping Mama. 

Ketika Mama menanyakan perasaan suami, dia selalu mengalihkan topik pembicaraan dan menegaskan perasaan cintanya untuk Mama. 

2. Tidak menghargai pemberianmu

2. Tidak menghargai pemberianmu
Unsplash/Chrishcush

Mama terkadang memberikan hadiah-hadiah kecil pada suami sebagai bentuk ungkapan cinta. Namun, suami tidak pernah menghargai pemberian tersebut. Suami biasanya hanya mengucapkan terima kasih atas pemberianmu saja, namun tidak terlihat senang saat menerimanya. 

Dia bahkan bisa tidak peduli sama sekali ketika Mama memberikan hadiah. Ketulusannya bisa tergambar dari mimik wajah lho, Ma. 

Editors' Picks

3. Menghubungi jika merasa butuh sesuatu saja

3. Menghubungi jika merasa butuh sesuatu saja
Unsplash/Realestateron

Sesibuk apa pun pekerjaan di kantor, suami yang tulus mencintaimu tentu akan meluangkan waktu untuk memberi kabar. Namun, suami yang pura-pura sayang biasanya akan menghubungi Mama ketika ia menginginkan sesuatu saja. 

Selebihnya, dia akan menjadikan kesibukannya sebagai alasan tidak dapat menghubungi Mama. Dia akan menyebut dirinya sebagai seseorang yang menghargai waktu untuk bekerja, sehingga tidak memiliki waktu untuk menghubungimu. 

4. Terlalu menuntut banyak hal

4. Terlalu menuntut banyak hal
Unsplash/Beccatapert

Ciri selanjutnya memang sulit diketahui. Namun, pasangan yang pura-pura sayang Mama biasanya akan menuntut banyak hal tanpa pernah memberi apapun. Padahal, hubungan pernikahan yang baik dan ideal seharusnya berjalan dua arah. 

Mama akan terbebani dengan segala permintaan suami. Di sisi lain, Mama merasa kualitas cinta mulai menurun dan suami terlalu cuek terhadap kehidupanmu. 

5. Cuek terhadap keluh kesahmu

5. Cuek terhadap keluh kesahmu
Unsplash/Juanparodriguez

Apabila suami termasuk tipe orang yang sibuk, maka bisa saja dia tidak memiliki waktu untuk mendengar keluh kesahmu. Namun, ketika ada waktu luang, suami justru tidak berusaha menanyakan soal kehidupan Mama. 

Dia terlihat cuek ketika Mama mulai mengeluarkan keluh kesah. Dia bahkan tidak ingin mengetahui kegiatan sehari-hari Mama dan hanya membicarakan kegiatannya sendiri.

6. Sering berbohong dan ingkar janji

6. Sering berbohong ingkar janji
Unsplash/Tiny_elch

Ciri utama suami yang pura-pura sayang istri, yakni sering berbohong dan ingkar janji. Suami mudah mengucapkan kata-kata manis atau berjanji untuk membahagiakan Mama. Namun, kenyataannya dia tidak dapat mewujudkan janjinya. 

Mama hanya menjadi korban PHP atas janji suami. Mama pun tidak dapat menuntut karena tidak pernah ada permintaan maaf dari suami. 

7. Berpura-pura menenangkan mama

7. Berpura-pura menenangkan mama
Unsplash/Skyestudios

Suami biasanya menunjukkan rasa empatinya ketika Mama sedang sedih atau menghadapi masalah. Namun, cara tersebut bisa jadi manipulasi suami untuk mendukung Mama. 

Ketika berada di sampingmu, suami justru sibuk dengan dirinya sendiri. Dia tidak memberikan dukungan emosional atau menghibur Mama. Dia berpura-pura menunjukkan empatinya, tetapi tetap memprioritaskan dirinya sendiri. 

Suami yang mencintai Mama secara tulus sudah bisa dilihat sejak awal pacaran atau pernikahan. Begitu juga sebaliknya, ciri-ciri suami yang pura-pura sayang juga bisa terlihat dan dirasakan. Mama sebaiknya jangan mengabaikan keanehan sekecil apa pun itu.

Ketika Mama mulai merasakan atau melihat tanda-tanda di atas, jangan membuang waktu terlalu lama. Cobalah untuk berkomunikasi dengan pasangan, sehingga hubungan pernikahan bisa diperbaiki. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk