7 Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Terkait Keuangan

Jangan sampai salah langkah, cobalah terapkan cara ini!

28 November 2021

7 Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Pasangan Terkait Keuangan
Pexels/Karolina Grabowska

Uang dan hubungan bersama pasangan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Salah satu alasan besar mengapa banyak orang yang mengakhiri pernikahannya, yakni dipicu oleh masalah keuangan dalam rumah tangga.

Perbedaan pendapat dalam mengelola keuangan memang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa masalah keuangan dapat menyebabkan drama dalam suatu hubungan. Jika hanya dibiarkan dan tidak diselesaikan secara baik-baik, maka akan berdampak pada kualitas hidup yang turun ke depannya.

Lantas, langkah seperti apa yang perlu Mama ambil ketika tidak sepemikiran terkait masalah keuangan dengan pasangan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut Popmama.com telah menyiapkan informasinya.

Yuk, disimak terutama bagi Mama yang sedang mengalami perbedaan pendapat dengan suami terkait masalah keuangan!

1. Kenali perbedaan kepribadian antara Mama dan pasangan

1. Kenali perbedaan kepribadian antara Mama pasangan
Freepik/tirachardz

Biasanya, perbedaan kepribadian dalam pernikahan menyebabkan beberapa masalah tidak terduga, tak terkecuali permasalahan mengatasi keuangan. Pola pikir orang terkait uang cenderung berbeda-beda. Namun, itu bukan akar sebenarnya dari masalah uang dan pernikahan.

Sumber masalahnya muncul saat salah satu orang lalai dan enggan mendengar masukan dari pasangannya, atau ketika Mama mulai lepas tangan dari menangani keuangan.

Gambaran mudahnya seperti ini, Mama dan pasangan berada di tim yang sama di sini. Sehingga hal yang harus dilakukan, yakni berusaha mengerjakan masalah anggaran bersama. 

Gunakan perbedaan kepribadian yang ada untuk menjadi tim yang lebih kuat dan tangguh.

2. Mendengar pendapat pasangan terkait cara mengatur keuangan

2. Mendengar pendapat pasangan terkait cara mengatur keuangan
Freepik/tirachardz

Segala masalah yang terjadi bersama pasangan justru menjadi sebuah kesalahan dan berdampak buruk, apabila dibiarkan begitu saja. Komunikasi menjadi salah satu unsur terpenting dalam menyelesaikan masalah.

Dalam menyikapi perbedaan pendapat terkait masalah keuangan, cobalah untuk mendengar pendapat pasangan Mama terlebih dahulu. Turunkan rasa egois atau main hakim sendiri.

Hal ini dikarenakan jika hanya mengikuti saran dari satu pihak, maka jalan yang diambil belum tentu benar bila diterapkan.

Editors' Picks

3. Jangan ragu untuk mengutarakan pendapat pribadi Mama

3. Jangan ragu mengutarakan pendapat pribadi Mama
Freepik/lookstudio

Setelah mendengar pendapat dari pasangan, barulah Mama bisa coba menanggapi serta mengemukakan pendapat dari sisi pribadi soal rencana keuangan ke depannya.

Mintalah pasangan untuk coba mendengarkan dan menghargai pendapat Mama, persis seperti apa yang ingin lakukan untuknya.

Dengan menerapkan sikap terbuka dalam hubungan, maka dapat menurunkan risiko terjadi kesalahpahaman yang ada. Jika sudah mendengarkan pendapat dari sisi masing-masing, selanjutnya tinggal cari jalan tengahnya.

Sekiranya mana keputusan yang tidak memberatkan kedua belah pihak.

4. Jangan asal menghakimi pasangan dan membuat keputusan sendiri

4. Jangan asal menghakimi pasangan membuat keputusan sendiri
Freepik/yanalya

Masalah keuangan memang menjadi hal serius yang perlu diselesaikan sebaik mungkin. Namun, bila ingin segera mendapat satu jalan keluar, itu bukan berarti Mama bisa menghakimi pasangan tanpa mendengarkan pendapat atau rencananya.

Suatu permasalahan yang terjadi di antara dua orang dan hanya diselesaikan oleh satu orang hanya akan membuat masalah lain ikut muncul karena terkesan tidak adil.

Cobalah untuk tidak menghalangi dia dan bersikap bijak dalam menyelesaikan perbedaan pendapat.

5. Mencari jalan tengah menjadi jalan terbaik saat terjadi perbedaan pendapat

5. Mencari jalan tengah menjadi jalan terbaik saat terjadi perbedaan pendapat
Freepik/tirachardz

Perlu diingat bahwa mengambil sebuah keputusan di saat marah atau kesal, bukanlah waktu yang tepat. Apalagi terkait masalah perbedaan pandangan soal uang yang pastinya berdampak untuk kehidupan rumah tangga Mama ke depannya.

Ambillah cara bijak dengan mengajak pasangan untuk berdiksusi berdua, terutama saat suasana sudah tenang. Coba bertukar pikiran untuk mencari jalan tengah terbaik dari kedua pendapat yang ada.

Bila proses penyelesaian dilakukan secara berdua, maka biasanya akan melahirkan ide-ide baru tak terduga yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah.

6. Ambil keputusan yang disetujui kedua belah pihak

6. Ambil keputusan disetujui kedua belah pihak
Freepik/our-team

Menurunkan sikap egois dan menang sendiri memang perlu diterapkan, demi menyelesaikan masalah apa saja dalam suatu hubungan. Permasalahan yang dituntaskan oleh kedua belah pihak selalu menjadi langkah terbaik, dibanding hanya diselesaikan oleh satu pihak saja.

Pilihlah keputusan yang telah disetujui oleh Mama bersama pasangan. Dengan begitu, akan ada titik terang di tengah masalah keuangan yang melanda.

7. Tetapkan pilihan gaya hidup bersama

7. Tetapkan pilihan gaya hidup bersama
Freepik/gpointstudio

Selain tentang kesepakatan bersama, Mama juga perlu menyadari tentang pilihan gaya hidup yang perlu ditentukan bersama. Gaya hidup yang dijalankan harus sejalan dengan penghasilan Mama dan pasangan.

Bayangkan, bila Mama atau pasangan menerapkan gaya hidup mewah seperti kebanyakan orang di Instagram yang nyaris dikategorikan sempurna. Tetapi sayangnya, nominal di rekening tidak mendukung.

Hal tersebut justru akan menimbulkan permasalahan, bukan? Maka dari itu, terapkanlah gaya hidup yang sejalan dengan penghasilan, bukan memilih gaya hidup yang diinginkan.

Nah, jadi itulah tips tentang cara mengatasi perbedaan pendapat dengan pasangan terkait masalah keuangan. Semoga informasinya membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.