Cara Mommy ASF Mengatasi Permasalahan dalam Rumah Tangga

Mommy ASF mengaku sempat menarik diri dari lingkungan demi membuatnya merasa lebih baik

22 Januari 2022

Cara Mommy ASF Mengatasi Permasalahan dalam Rumah Tangga
Youtube.com/The Sungkars

Seromantis dan seharmonis apa pun hubungan suami istri, pasti pada akhirnya akan menjumpai permasalahan rumah tangga tak terduga yang sulit dihindari.

Hal tersebut merupakan hal wajar kok, Ma. Para pakar psikolog pernikahan menyebut bahwa konflik dalam rumah tangga bisa menjadi salah satu indikator penikahan yang sehat.

Melalui kanal YouTube The Sungkars, Mommy ASF yang dikenal sebagai penulis novel Layangan Putus membagikan beberapa cara mengatasi permasalahan dalam rumah tangga. Lantas, seperti apa ya tips yang diberikan oleh perempuan bernama asli Eca Prasetya ini?

Yuk, intip ulasan selengkapnya yang telah Popmama.com rangkum!

Editors' Picks

1. Mommy ASF berserah diri kepada Allah atas permasalahan yang dilalui

1. Mommy ASF berserah diri kepada Allah atas permasalahan dilalui
Instagram.com/ecaprasetya

Mommy ASF alias Eca Prasetya mengatakan yang bisa membantunya dalam melewati proses kerumitan rumah tangga, yakni berserah diri kepada Allah.

Sujud, menangis, dan menulis menjadi hal yang paling sering Eca lakukan saat melewati cobaan. Ia juga sampai menarik diri dari lingkungan demi membuat dirinya merasa lebih baik.

“Jadi mungkin yang bisa ngebantu saya ya kembali lagi ke Allah. Sujud, nangis, nulis ya gitu. Waktu ada beberapa rintangan seperti itu memang jadinya kayak menarik diri dari lingkungan,” kata Eca.

2. Melewati proses healing dengan cara menyibukkan diri dan merawat anak

2. Melewati proses healing cara menyibukkan diri merawat anak
Instagram.com/ecaprasetya

Demi bisa fokus sebagai istri sekaligus ibu rumah tangga, Eca Prasetya memilih untuk berhenti bekerja setelah menikah. Ia yang sebelumnya menetap di Pulau Dewata, akhirnya memutuskan untuk pindah ke Malang bersama anak-anaknya untuk menenangkan diri.

Saat di Malang, Eca yang memang memiliki latar belakang sebagai dokter hewan bertemu seorang teman dari bidang yang sama. Dari situ, ia mulai diajak sang teman untuk berkunjung ke peternakan sapi hingga menangani pasien. Hal tersebut membuat dirinya berpikir untuk kembali bekerja.

Sempat terbesit pula dipikiran Eca jika anak-anaknya membutuhkan sosok orangtua yang bahagia. Tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga mental. Ini membuatnya semakin yakin untuk mengasah kemampuan dan kembali bekerja demi menghilangkan rasa gundah yang dideritanya.

“Jadi cari kesibukan apa yang bisa membuat saya merasa berharga. Akhirnya balik sebagai dokter hewan. Di siang hari jadi dokter hewan, pas balik ke rumah jadi ibu rumah tangga lagi, ngurusin anak-anak udah terus aja gitu,” ucapnya. 

3. Anak-anaknya mempunyai peranan besar dalam hidup Mommy ASF

3. Anak-anak mempunyai peranan besar dalam hidup Mommy ASF
Instagram.com/ecaprasetya

Segala perjuangan yang dilewati Eca dilakukan untuk anak-anaknya. Keempat anaknya memiliki arti besar bagi Eca, ia menyebut mereka sebagai pelipur lara.

Ketika merasa lelah karena kehidupan luar, Eca merasa kembali bersemangat setelah melihat anak-anaknya. Anak-anaknya memiliki peranan penting untuk membuat Eca bisa menjalani hidup lebih semangat lagi.

“Anak itu artinya besar banget buat saya pelipur lara ajalah, penguat saya. Ketika capek diluar dan ngeliat mereka berusaha untuk menyelesaikan tugas mereka itu jadi pemacu semangat saya aja gitu. Saya yang bisa nemenin mereka berjuang itu bikin saya bahagia,” ucapnya. 

Nah, jadi itu dia cara Mommy ASF mengatasi permasalahan rumah tangga yang dilewatinya. Semoga kisah dari Mommy ASF ini bisa menginspirasi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk