Selingkuh Jenis Baru! Ini 7 Ciri Pasanganmu Melakukan Micro-Cheating

Hati-hati micro-cheating menjadi salah satu jenis perselingkuhan yang harus diwaspadai!

27 Mei 2021

Selingkuh Jenis Baru Ini 7 Ciri Pasanganmu Melakukan Micro-Cheating
Freepik/freepik

Dalam sebuah hubungan, perselingkuhan merupakan hal paling menyakitkan yang bisa merusak hubungan bersama pasangan. Namun, selain perselingkuhan, pernahkah kamu mendengar istilah micro-cheating?

Seperti namanya, meski tindakan-tindakan yang dilakukan dalam micro-cheating tampak kecil dan sepele, namun perilaku ini sudah mengindikasikan kurangnya komitmen pasangan terhadap hubungan yang sedang dijalani.

Dilansir dari laman Mom Junction, micro-cheating dapat didefinisikan sebagai tindakan yang tampaknya sudah melewati batas-batas tertentu dari hubungan yang berkomitmen.

Dalam kebanyakan kasus, pemahaman micro-cheating sebagai bentuk pengkhianatan hubungan masih dianggap sangat abu-abu.

Hal ini disebabkan oleh beberapa tindakan yang mungkin tampak tidak mengganggu bagi beberapa orang, namun justru tampak sangat mengancam bagi orang lain yang berada dalam hubungan tersebut.

Lantas, apa saja tanda-tanda micro-cheating pada pasangan? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa ciri-cirinya!

1. Terlalu protektif dengan ponselnya

1. Terlalu protektif ponselnya
Freepik/wayhomestudio

Apakah pasanganmu memiliki kode sandi pada ponsel yang tidak diberitahukannya padamu? Apakah mereka sering menyembunyikan notifikasi media sosialnya darimu?

Atau apakah mereka sering diam-diam menelepon seseorang dan tampak begitu asik mengobrol sambil tersenyum-senyum? Jika iya, ada kemungkinan mereka melakukan micro-cheating yang dapat membahayakan hubunganmu.

2. Menganggap bahwa kamu memiliki reaksi yang berlebihan

2. Menganggap bahwa kamu memiliki reaksi berlebihan
Freepik/free picture

Jika kamu menanyakan sesuatu kepada pasangan dan mereka mengatakan bahwa kamu selalu berpikir serta bereaksi berlebihan, padahal sebenarnya tidak. Ini bisa menjadi tanda yang perlu diperhatikan.

Ada saat-saat di mana pasanganmu menyindirmu, membuatmu berpikir bahwa kamu salah bahkan ketika kamu benar. Jika situasi ini sering terjadi, waspadalah karena ini bisa menjadi tanda adanya micro-cheating.

Editors' Picks

3. Terlalu dekat dengan orang lain

3. Terlalu dekat orang lain
Freepik/drobotdean

Tidak masalah sebenarnya jika pasanganmu memiliki sahabat atau orang terdekat dalam kesehariannya. Namun, ketahuilah bahwa ada garis tipis yang mungkin berbahaya antara menjadi dekat dan sangat dekat dengan seseorang di luar hubungan.

Pasanganmu mungkin akan memberikan segala sesuatu yang lebih penting, termasuk perhatian kepada orang terdekatnya yang mungkin lebih banyak dibanding yang diberikannya padamu.

4.  Masih aktif di aplikasi kencan online

4.  Masih aktif aplikasi kencan online
Freepik/cookie_studio

Saat kamu sudah berkomitmen dalam suatu hubungan, sebenarnya tidak ada alasan lagi bagimu atau pasangan untuk aktif menggunakan aplikasi kencan online.

Jadi, jika kamu atau pasangan masih aktif menggunakan aplikasi kencan online sebagai dalih untuk berkenalan dengan orang lain, maka berhati-hatilah karena ini merupakan salah satu tanda micro-cheating.

5. Mengikuti seseorang secara aktif di media sosial

5. Mengikuti seseorang secara aktif media sosial
Freepik/free picture

Mengikuti beberapa artis atau tokoh terkenal secara aktif di media sosial mungkin bukan hal yang perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, jika pasanganmu mulai tampak menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial untuk mengikuti seseorang yang mungkin hanya sebatas mantan kekasih, tetangga, teman kantor atau orang asing, maka kamu mungkin patut untuk curiga.

Apalagi jika pasanganmu sudah mulai aktif menyukai foto, berkomentar dan mengobrol dengan mereka tanpa sepengetahuanmu.

6. Bersikap defensif terhadapmu

6. Bersikap defensif terhadapmu
Freepik/wayhomestudio

Ketika seseorang menyembunyikan sesuatu, mereka akan bersikap defensif. Jika kamu bertanya pada pasangan tentang sesuatu dan mereka menjawab dengan omongan atau alasan yang tidak jelas, maka kamu berhak meragukan dirinya.

Terus membuat alasan alih-alih mengatakan sebenarnya seolah menjadi salah satu indikasi bahwa mereka menyembunyikan sesuatu darimu.

7. Tidak mengajakmu menghadiri acara atau pesta bersama

7. Tidak mengajakmu menghadiri acara atau pesta bersama
instagram.com/friends

Sebagaimana layaknya pasangan yang bahagia, seharusnya kamu dan dia menghadiri sebuah acara secara bersama-sama.

Akan tetapi, jika pasanganmu tidak lagi mengajakmu menghadiri acara bersama, bahkan tidak menceritakan acara apa yang dihadirinya padamu, maka kamu patut curiga.

Itulah ketujuh ciri pasangan yang melakukan micro-cheating. Selingkuh jenis baru ini mungkin tampak sebagai perilaku-perilaku kecil dan sepele, akan tetapi jika hal ini terus dibiarkan. Bukan tidak mungkin jika kebiasaan micro-cheating bisa merusak hubungan pernikahan.

Jadi, jika kamu mulai melihat adanya tanda-tanda micro-cheating pada pasangan, segera bicarakan untuk mencari penyelesaian bersama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.