5 Alasan Suami Tidak Mau Cerai Meski Ketahuan Selingkuh

Jika kamu sedang dalam masalah seperti ini, pelajari baik-baik apa alasan suami tak ingin berpisah

10 Januari 2021

5 Alasan Suami Tidak Mau Cerai Meski Ketahuan Selingkuh
Freepik

Mungkin tidak semua suami menyadari bahwa dengan membahagiakan anak dan istri maka pintu rezekinya akan terbuka dengan lancar. Karena itulah masih ada saja suami yang berani berselingkuh di belakang istrinya.

Suami yang selingkuh biasanya menunjukkan beberapa ciri khusus. Tanda suami selingkuh antara lain adalah tidak punya waktu bersama istrinya, tidak tertarik mendengarkan ketika istrinya bercerita, bahkan hingga merahasiakan apa isi ponselnya.

Lalu jika suami sudah ketahuan selingkuh, sebagian ada yang tidak mau berpisah dari istrinya. 

Ada suami yang meminta dimaafkan dan bertaubat setelah terbongkar berselingkuh dengan perempuan lain. Namun ada pula yang memilih selingkuhannya namun tetap tidak ingin pisah dengan istrinya.

Sikap konyol ini ternyata memiliki alasan tersendiri. Sungguh sulit dipahami!

Berikut ini Popmama.com telah merangkum alasan suami tidak mau cerai meski ketahuan selingkuh oleh istrinya.

1. Suami tidak ingin istrinya semakin hancur

1. Suami tidak ingin istri semakin hancur
Pixabay/adamkontor

Setelah berpisah, tidak ada jaminan istri akan merasa langsung bahagia. Sebagian laki-laki berpikir ia tidak mau semakin mengecewakan istrinya.

Ia tidak ingin istrinya semakin hancur sehingga suami tidak mau berpisah setelah ketahuan selingkuh. Ia takut istrinya merasa kecewa karena suami lebih memilih selingkuhannya dari istrinya sendiri.

Namun, perlu hati-hati jika menghadapi kondisi seperti ini. Dia memilih kamu bukan berarti dia tidak akan mengulangi kesalah serupa. Di masa mendatang bisa saja perselingkuhan kembali terjadi.

Editors' Picks

2. Suami merasa tidak bersalah

2. Suami merasa tidak bersalah
Unsplash/Eric Ward

Meski suami sudah berselingkuh dengan perempuan lain di belakang istrinya, bisa saja ia tidak merasa bersalah. Ia merasa ada kekurangan pada istrinya sehingga ia menyempurnakannya dengan kehadiran perempuan lain.

Bagaimana pun ini tidak dibenarkan. Pondasi rumah tangga yang bahagia adalah kesetiaan dan kejujuran.

Lalu jika hubungan dengan suami terus dilanjutkan apakah tidak akan semakin menyakiti hatimu sebagai seorang istri?

3. Suami masih cinta dan tak ingin kehilangan istrinya

3. Suami masih cinta tak ingin kehilangan istrinya
calgarycounsellors.com

Meski telah berselingkuh dan menyadari itu sebagai kesalahan, ada suami yang tidak menginginkan perceraian. Itu karena suami masih cinta dengan istri yang dinikahinya secara sah.

Suami masih memiliki ketertarikan yang tinggi pada istrinya, entah itu dalam urusan berhubungan seks, perhatian sang Istri, kepintaran istri dalam mengurus anak atau bahkan masakan istri yang selalu mengisi perutnya terasa enak dan cocok baginya.

Intinya, banyak kebaikan istri yang membuat suami masih mencintainya. Hanya saja ia salah karena telah berselingkuh.

Suami tipe ini mungkin akan berusaha meminta maaf hingga istri bisa mengampuni kesalahannya dan ia akan berusaha membuktikan untuk memperbaiki dirinya demi anak dan istri.

4. Suami tidak ingin pisah dengan anak-anak

4. Suami tidak ingin pisah anak-anak
Unsplash/Istiaque Emon

Jika anak masih di bawah umur (belum mencapai usia 17 tahun), biasanya hak asuh akan jatuh di tangan mamanya. Jika suami begitu mencintai anak-anak, bisa jadi ia akan mempertahankan rumah tangganya.

Tapi bukan berarti perselingkuhan akan berakhir begitu saja. Jika kamu menemukan alasan ini pasa suami, segeralah memastikan apa sebenarnya yang ia inginkan.

5. Tidak mau ada masalah ekonomi setelah bercerai

5. Tidak mau ada masalah ekonomi setelah bercerai
Unsplash/Afif Kusuma

Mengurus harta gono-gini adalah salah satu yang menyusahkan setelah proses perceraian berlangsung. Sebagian laki-laki tidak ingin menyulitkan diri dengan hal ini. 

Meski secara finansial ia sudah mapan bahkan berlebih, ia bisa saja bertahan dalam pernikahan karena tidak ingin repot dengan mengurus perceraian dan banyak hal setelah itu.

Sebagian lainnya ada yang lebih menyedihkan, mereka (para suami) secara finansial bergantung pada istrinya. Sudah menyadari memiliki kelemahan secara keuangan, suami tetap berani berselingkuh dan tidak ingin berpisah setelah ketahuan istrinya karena tetap ingin menggantungkan hidupnya pada sang Istri.

Betapa suami yang seperti ini menjadi beban bagi sang Istri. Pertimbangkan dengan baik, apakah ini layak untuk kamu pikul sendiri?

Itulah 5 alasan suami tidak mau pisah setelah ketahuan berselingkuh. Ketahui jika ada perubahan drastis pada suami dan bicarakan baik-baik lebih dini agar bisa sama-sama memperbaiki diri yuk, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.