5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Ibu Menyusui yang Wajib Dipenuhi

Jaga kesehatan selama menyusui dengan memenuhi nutrisi harian ekstra

4 Agustus 2021

5 Nutrisi Penting Kesehatan Ibu Menyusui Wajib Dipenuhi
Freepik

Selama masa menyusui, tubuh mama bekerja lebih keras untuk memproduksi ASI yang penuh dengan kandungan nutrisi penting bagi bayi. Segala asupan yang Mama konsumsi sedikit banyak akan mengalir ke bayi melalui ASI. Oleh karena itu, tubuh mama membutuhkan nutrisi tambahan.

Ada lima nutrisi penting untuk ibu menyusui yang wajib ada dalam menu makan dan minum Mama setiap hari. Apa saja itu? Simak selengkapnya dalam paparan Popmama.com berikut ini!

1. Vitamin B12

1. Vitamin B12
Freepik/jcomp
Vitamin B12 Food

Berperan sangat penting untuk menunjang perkembangan sistem saraf bayi, Mama bisa memperoleh nutrisi yang satu ini dari daging, telur, susu, ikan, dan sereal yang sudah diperkaya kandungannya.

Bila tidak cukup mendapatkannya dari makanan sehari-hari, Mama bisa mendapatkannya dari suplemen yang bisa Mama konsumsi setelah berkonsultasi ke dokter.

Editors' Picks

2. Iodin

2. Iodin
Freepik/mdjaff
Iodine

Mama memiliki kondisi kekurangan Iodin atau pernah mengalami tiroid? Hati-hati, ini dapat berdampak buruk bagi bayi.

Baik untuk perkembangan saraf dan otak bayi, zat Iodin hanya dapat diperoleh bayi dari ASI mama, lho. Penuhi nutrisi Iodin si Kecil dengan banyak mengonsumsi produk susu, garam beriodin, dan makanan laut. Gunakan suplemen yang sudah dianjurkan dokter bila perlu.

3. Kalsium

3. Kalsium
Pexels

Dalam perkembangan tulang dan gigi bayi yang sehat, kalsium sangat dibutuhkan. Untuk memenuhinya, Mama perlu banyak mengonsumsi keju, yogurt, ikan sarden atau salmon, kacang almond, kale, tahu, dan pakcoy.

Mama juga dianjurkan untuk berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Vitamin D

4. Vitamin D
Freepik/azerbaijan_stockers

Untuk membantu tubuh bayi menyerap kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang dan giginya, Ia perlu bantuan vitamin D. Selain dari paparan sinar matahari pada kulit, Mama bisa meningkatkan kadar vitamin D bayi melalui ASI.

Perbanyak konsumsi minyak ikan, kuning telur, dan mentega. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar 15-20 menit atau 30 menit jika Mama memiliki pigmen kulit yang lebih gelap.

5. air putih

5. air putih
Freepik/Rawpixel.com

Banyak yang belum menyadari pentingnya tambahan asupan mineral untuk ibu menyusui. Untuk memenuhinya, Mama yang menyusui direkomendasikan untuk meminum paling tidak 10 gelas air dan menyesuiakan dengan cuaca serta aktivitas mama sepanjang hari.

Mama dapat mengontrol asupan cairan harian dengan memperhatikan warna urine. Jika masih keruh dan gelap, itu pertanda Mama butuh minum lebih banyak. Sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih dan menghindari soda atau minuman berwarna ya, Ma.

Itulah lima nutrisi penting untuk ibu menyusui yang wajib dipenuh setiap hari. Jika Mama sudah terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini. Namun untuk Mama yang tidak terbiasa, silakan perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dianjurkan atau gunakan suplemen tambahan sesuai persetujuan dokter kepercayaan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.