Serba-Serbi Biaya Operasi Caesar BPJS Kesehatan, Apa Saja Syaratnya?

Bagaimana cara memanfaatkan pembiayaan operasi caesar melalui BPJS Kesehatan?

17 Agustus 2019

Serba-Serbi Biaya Operasi Caesar BPJS Kesehatan, Apa Saja Syaratnya
Pixabay/Sasint

Memasuki trimester ketiga, para Mama dan Papa tentu ingin bisa melewati persalinan dengan aman dan nyaman. Jika kemudian harus melakukan persalinan melalui operasi caesar, biaya biasanya menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan.

Sebenarnya Mama bisa memanfaatkan biaya operasi caesar melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Mama ketahui.

Ya, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu supaya manfaat persalinan operasi caesar bisa didapat melalui BPJS Kesehatan.

Berikut rangkuman informasinya untuk Mama dari Popmama.com:

1. Apakah operasi caesar ditanggung BPJS Kesehatan?

1. Apakah operasi caesar ditanggung BPJS Kesehatan
Freepik/Pressfoto

Dilihat dari situs resmi BPJS Kesehatan, biaya melahirkan menjadi salah satu tindakan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Baik melahirkan secara normal, maupun melalui operasi caesar.

Termasuk pula pelayanan pemeriksaan kehamilan, bayi baru lahir, serta pemeriksaan pascapersalinan.

Namun demikian, Mama dan Papa tetap harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Salah satunya adalah aktif menjadi peserta BPJS, yang tentunya harus membayar iuran secara rutin.

Apabila setelah dilahirkan bayi membutuhkan pelayanan khusus seperti Neonatal Intensive Care Unit (NICU), agar mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan juga, maka bayi perlu segera didaftarkan setelah lahir. Jangan lupa membawa Surat Keterangan Kelahiran, ya.

2. Syarat dan ketentuan operasi caesar BPJS Kesehatan

2. Syarat ketentuan operasi caesar BPJS Kesehatan
Freepik/Biancoblue

Seperti disebutkan sebelumnya, jika ingin mendapatkan manfaat operasi caesar melalui BPJS Kesehatan, Mama perlu memenuhi ketentuannya terlebih dahulu.

Salah satunya adalah operasi caesar hanya bisa dilakukan atas indikasi medis dan bukan karena keinginan pribadi.

Beberapa kondisi yang dimaksud indikasi medis misalnya ada penyakit tertentu, ketuban pecah dini atau bayi berposisi sungsang.

Selain itu, Mama juga perlu melakukan pemeriksaan awal di fasilitas kesehatan tingkat 1 seperti Puskesmas atau klinik terlebih dahulu. Apabila di sana dokter menemukan ada indikasi medis, dokter akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit untuk melakukan operasi caesar.

Kondisi ini berlaku jika Mama tidak dalam kondisi gawat darurat, Ma. Ini berarti apabila Mama mengalami kondisi gawat darurat, misalnya pecah ketuban dan perlu tindakan langsung, Mama bisa melakukan operasi caesar tanpa rujukan.

Syarat yang tak kalah penting adalah aktif atau tidaknya kartu keanggotaan BPJS Kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan, Mama sebaiknya tidak memiliki tunggakan iuran alias rutin membayar iuran setiap bulan.

Editors' Picks

3. Dokumen yang disiapkan untuk operasi caesar BPJS Kesehatan

3. Dokumen disiapkan operasi caesar BPJS Kesehatan
Freepik

Apabila setelah mendapatkan pemeriksaan awal di Puskesmas atau klinik kemudian Mama perlu dirujuk ke rumah sakit, jangan lupa siapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Dokumen-dokumen tersebut di antaranya Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta buku catatan medis kesehatan Ibu dan Anak. Jangan lupa surat rujukan dari dokter Puskesmas juga dibawa, ya.

4. Besaran biaya persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan

4. Besaran biaya persalinan ditanggung BPJS Kesehatan
Freepik

Dikutip dari situs PanduanBPJS.com, besaran biaya persalinan operasi caesar yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan dibedakan melalui tingkat ringan, sedang atau berat. Selain itu, besarnya kelas juga menentukan biaya yang ditanggung.

  • Operasi Caesar Ringan : a. Kelas 3 (Rp5.257.900), b. Kelas 2 (Rp6.285.500) c. Kelas 1 (Rp7.333.000)
  • Operasi Caesar Sedang : a. Kelas 3 (Rp5.780.000), b. Kelas 2 (Rp6.936.000) c. Kelas 1 (Rp8.092.000)
  • Operasi Caesar Berat : a. Kelas 3 (Rp7.915.300), b. Kelas 2 (Rp9.498.300) c. Kelas 1 (Rp11.081.400)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang operasi caesar melalui BPJS Kesehatan, Mama bisa menghubungi Care Center 24 jam BPJS Kesehatan di 1500 400. Ingat ya, Ma, pastikan Mama sudah melakukan pemeriksaan awal dulu di Faskes tingkat pertama, untuk mendapatkan rujukan operasi caesar ke rumah sakit jika diperlukan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;