Agar Tetap Fit, Ini Pilihan Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Berpuasa

Minum suplemen bantu penuhi kebutuhan nutrisi saat Mama menyusui berpuasa

13 April 2021

Agar Tetap Fit, Ini Pilihan Vitamin Ibu Menyusui Berpuasa
Freepik/Whatwolf

Memasuki bulan Ramadan, setiap umat muslim akan kembali menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Nah, jika Mama juga salah satunya, jangan lupa siapkan kesehatan tubuh, ya.

Aturan ini juga berlaku jika saat ini Mama tengah menyusui. Kebutuhan nutrisi menjadi sangat penting untuk dipenuhi, terutama untuk menjaga kualitas dan kuantitas air susu ibu (ASI).

Selain mengatur menu makanan saat sahur dan berbuka puasa, tak ada salahnya juga jika Mama mengonsumsi suplemen vitamin. Pastikan jenis suplemen yang Mama konsumsi aman, ya.

Berikut Popmama.com rangkum daftar rekomendasi suplemen vitamin untuk ibu menyusui yang ikut berpuasa.

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Bukalapak.com

Ini merupakan salah satu jenis suplemen vitamin yang populer dikonsumsi oleh para ibu hamil dan menyusui. Dalam setiap kapsulnya terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap fit.

Selain itu, kandungan mineral penting di dalamnya juga baik untuk menjaga kuantitas dan kualitas ASI. Beberapa di antaranya seperti asam folat, kalium, asam lemak omega 3, zat besi, niasin, vitamin C, dan riboflavin.

2. Enervon C

2. Enervon C
Shopee.com

Enervon C juga menjadi salah satu suplemen vitamin yang baik untuk dikonsumsi saat berpuasa. Suplemen ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.

Ini karena vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh Mama akan tetap bugar dan bahkan juga diyakini bisa memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Kandungan vitamin B dan C dari Enervon C diketahui dapat terekstraksi ke dalam ASI, namun masih dalam jumlah yang dianggap aman. Selain itu, belum ada data yang menunjukkan pengaruh negatif pada bayi yang menyusu. Untuk lebih amannya, tak ada salahnya Mama untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Editors' Picks

3. Folamil Genio

3. Folamil Genio
Bukalapak.com

Selain diminum oleh ibu hamil, suplemen Folamil Genio juga baik untuk diminum oleh ibu menyusui lho, Ma. Suplemen ini mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh.

Diproduksi oleh PT Dexa Medica, dalam setiap kemasannya suplemen ini berisi 30 kapsul. Memiliki kemasan berwarna putih dan pink, berbagai kandungan vitamin penting dalam suplemen ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu menyusui.

Mulai dari asam folat, betakaroten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalsium, vitamin B12, vitamin D3, vitamin K1, biotin, iron polymaltose complex (IPC), DHA (docahexaenoic acid) dare algae, dan ARA (arachidonic acid).

4. Herbs of Gold Breastfeeding Support

4. Herbs of Gold Breastfeeding Support
Bukalapak.com

Agar produksi ASI tetap lancar dan berkualitas selama berpuasa, jangan lupa untuk meminum suplemen ASI booster seperti  Herbs of Gold Breastfeeding Support.

Suplemen ini mengandung tumbuhan herbal Blessed thistle dan Fenugreek sebagai bahan utamanya. Kedua bahan tersebut memang sudah terkenal memiliki kandungan yang mampu meningkatkan produksi ASI.

5. Nature’s Way Fenugreek Seed

5. Nature’s Way Fenugreek Seed
Bukalapak.com

Selain Herbs of Gold Breastfeeding Support, untuk menjaga produksi ASI selama berpuasa Mama juga bisa memilih suplemen Nature’s Way Fenugreek Seed.

Tak cuma mengandung fenugreek yang diyakini dapat membantu menjaga kualitas dan kuantitas ASI, suplemen Nature’s Way Fenugreek Seed juga memiliki beberapa bahan alami lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Mama saat berpuasa.

6. Holisticare Super Ester-C

6. Holisticare Super Ester-C
Shopee.com

Seperti halnya pada saat hamil, ibu menyusui juga membutuhkan dosis Vitamin C yang lebih dari biasanya. Perempuan dewasa dalam kondisi tidak menyusui membutuhkan sekitar 90 miligram vitamin C per hari. Namun untuk ibu menyusui, kebutuhan itu meningkat menjadi 120 miligram.

Pada dasarnya, tidak semua vitamin C bersifat asam. Ada satu jenis vitamin C yang kadar pH-nya mendekati netral atau tidak asam. Jenis tersebut adalah Ester-C, dengan kadar pH berkisar antara 6-7. Angka tersebut tergolong netral dan hampir menyamai pH air.

Sifat pH netral inilah yang menjadikan Holisticare Super Ester-C aman untuk lambung ibu dan bayi pada masa menyusui. Selain itu, vitamin C juga penting dikonsumsi saat puasa untuk membantu menjaga kebugaran tubuh.

Itulah beberapa vitamin untuk ibu menyusui yang berpuasa. Nah, meski sudah minum suplemen vitamin, jangan lupa tetap mengonsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur serta berbuka puasa ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.