TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Pose Yoga untuk Ibu Menyusui, Mengurangi Ketidaknyamanan Tubuh

Yuk, berlatih yoga dengan benar dan konsisten!

9 Mei 2022

5 Pose Yoga Ibu Menyusui, Mengurangi Ketidaknyamanan Tubuh
Pexels/Anna Shvets

Ternyata, dengan berlatih yoga dapat membantu memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui. Bahkan meningkatkan sirkulasi darah. Artinya, yoga adalah salah satu fase yang dapat dimulai setelah melahirkan.

Apalagi selama 6-8 bulan pasca persalinan, tubuh mengalami sejumlah perubahan. Dimana yoga memberi manfaat secara fisik maupun emosional. Jadi, mulailah merawat diri sendiri untuk membangun kembali kekuatan.

Jika Mama seorang ibu menyusui, cobalah secara rutin melakukan 5 pose yoga yang cocok untuk ibu menyusui. Yuk, ikuti terus ulasan dari Popmama.com!

1. Bridge pose mengurangi sakit leher saat menyusui

Ma, bahwa berlatih yoga bisa mengurangi ketidaknyamanan tubuh terkait menyusui pada ibu menyusui. Salah satunya adalah melakukan gerakan bridge pose. Apabila dilakukan dengan benar dan konsisten, ini dapat memperkuat punggung dan pergelangan kaki.

Melalui bridge pose, maka bisa membantu penurunan berat badan pasca kehamilan dan mengurangi sakit leher. Termasuk meredakan sakit punggung yang disebabkan karena menyusui.

Dikutip dari Parenting.firstcry, bridge pose merupakan postur restoratif untuk penyelarasan korektif tubuh. Bahkan meregangkan dada, tulang belakang dan leher. Mulailah berbaring di lantai dan tekuk lutut.

Editors' Picks

2. Cat cow stretch bermanfaat bagi tubuh dan pikiran

Saat Mama sedang menyusui, mungkin sering kali dalam posisi membungkuk. Cobalah melakukan peregangan dengan Marjaryasana atau cat cow stretch. Secara efektif, cat cow stretch dapat membantu mengembalikan mobilitas ke tulang belakang.

Dirilis dari India.com, pose yang disinkronkan dengan napas ini bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Cat cow stretch juga memperkuat otak, meningkatkan fokus, koordinasi dan stabilitas mental.

Selebihnya, cat cow stretch melancarkan sirkulasi darah di antara tulang belakang dan meredakan nyeri punggung maupun stres selama masa menyusui. Jadi mulailah membuat posisi cat cow stretch dan mengangkat punggung tinggi-tinggi. 

3. Extended triangle pose mengaktifkan otot perut

Sebenarnya proses menyusui menjadi pengalaman sangat berharga. Apalagi mendatangkan sejumlah manfaat kesehatan bagi ibu dan bayinya. Tetapi menyusui bayi juga tugas yang menantang, terutama tekanan fisik yang diberikannya pada tubuh.

Sementara sebagai bentuk peregangan dada terbaik, cobalah melakukan extended triangle pose. Dimana melakukan gerakan yoga tersebut sangat bagus untuk pemula. Ini memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Extended triangle pose atau yang disebut Utthita Trikonasana dalam bahasa Sansekerta, gerakannya bisa menjadi peregangan yang bagus untuk paha belakang dan otot punggung sambil mengaktifkan otot perut.

4. Half boat pose mengurangi ketidaknyamanan tubuh

Sering kali sebagian besar ibu menyusui mengalami masalah postur yang menyebabkan sakit punggung, bahu dan lehernya. Namun jangan khawatir, Mama dapat melakukan yoga dengan half boat pose. Manfaat yang akan diberikan, yakni memperkuat perut. Termasuk punggung dan paha.

Selain itu, half boat pose juga menjaga keseimbangan dan postur inti. Bahkan meningkatkan pencernaan dan mengencangkan seluruh tubuh ibu menyusui. Jadi berlatih half boat pose secara teratur saat menyusui, terbukti mengurangi ketidaknyamanan tubuh yang terkait dengan menyusui.

5. Sphinx pose meredakan nyeri punggung

Mama perlu tahu, bahwa sphinx pose dalam yoga menawarkan berbagai manfaat. Terutama saat Mama duduk untuk waktu yang lama selama menyusui sang buah hati. Sedangkan melakukan gerakan yoga seperti sphinx pose, ini bisa meregangkan otot di pinggul.

Diwartakan dari Masterclass.com, sphinx pose mengencangkan otot gluteus dan membantu menopang panggul. Ini termasuk pinggul dan tulang belakang. Bahkan memperkuat otot punggung, meredakan nyeri punggung. Cara kerjanya dengan membuka area sempit di sekitar tulang belakang dan memperkuatnya pada saat yang bersamaan.

Itulah kelima pose yoga yang bisa Mama lakukan di masa menyusui. Namun segala gerakan yoga selama menyusui, sebaiknya harus dimulai setelah mendapat izin dari dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk