Cara Cepat mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui

Salah satunya, kenakan bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat

24 November 2021

Cara Cepat mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui
Freepik.com/Senivpetro

Pembengkakan payudara kerap dialami oleh banyak ibu menyusui setelah melahirkan. Umumnya, kondisi ini akan mengakibatkan Mama merasakan nyeri dan sakit pada bagian payudara hingga enggan memberikan asi secara langsung kepada bayi.

Pembengkakan ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan suplai susu di payudara dan merupakan hal yang normal terjadi pada hari-hari pertama setelah melahirkan.

Meski demikian, proses menyusui sebenarnya bisa dilakukan oleh Mama dengan kondisi yang nyaman agar tidak memengaruhi jumlah produksi asi dan juga menghindari pembengkakan pada payudara.

Nah, untuk membantu Mama mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Berikut Popmama.com berikan 5 cara cepat mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Yuk, simak sampai habis Ma!

1. Kenakan bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat

1. Kenakan bra nyaman tidak terlalu ketat
Pexels.com/CastorlyStock

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui adalah penggunaan bra yang salah. Mungkin masih banyak Mama yang mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu ketat saat sedang menyusui. Padahal, mengenakan bra yang terlalu ketat ini bisa menyebabkan payudara Mama semakin terasa nyeri dan mungkin alami lecet di sekitarnya.

Oleh sebab itu, pilihlah ukuran bra yang pas dan sesuai dengan kebutuhan para ibu menyusui agar tetap nyaman dan tidak menekan jaringan payudara.

Editors' Picks

2. Meski tidak nyaman, tetap berikan asi pada bayi secara teratur

2. Meski tidak nyaman, tetap berikan asi bayi secara teratur
Pexels.com/MartProduction

Saat Mama mengalami pembengkakan pada payudara, pastinya Mama merasa tidak nyaman untuk memberikan asi secara langsung kepada bayi.

Meski demikian, berhenti menyusui justru akan membuat kondisi payudara Mama semakin terasa nyeri saja. Untuk itu, walaupun merasa tidak nyaman, Mama harus tetap berusaha menyusui bayi setidaknya setiap satu hingga tiga jam sekali.

Hal ini bisa membantu Mama meredakan pembengkakan dan membuka saluran ASI yang tersumbat.

3. Pompa atau perah asi untuk meredakan tekanan pada payudara

3. Pompa atau perah asi meredakan tekanan payudara
Freepik.com/Valeria

Cara selanjutnya untuk meredakan pembengkakan adalah dengan melakukan pengosongan payudara menggunakan pompa atau memerah ASI dengan tangan.

Hal ini juga bisa membantu Mama melancarkan saluran yang tersumbat. Namun, jangan memompa atau memerah ASI terlalu banyak karena itu bisa menjadi boomerang bagi Mama.

Tubuh Mama mungkin akan merespons dengan mencoba menghasilkan lebih banyak susu untuk menggantikan jumlah ASI yang telah dikeluarkan sehingga pembengkakan pun semakin berlanjut.

4. Kompres bagian payudara dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin

4. Kompres bagian payudara menggunakan air hangat ataupun air dingin
Pexels.com/DomJe

Mengompres payudara dengan air hangat ataupun air dingin juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri pada bagian payudara.

Melansir dari Health Line, mengompres payudara menggunakan air dingin bisa untuk membantu menenangkan jaringan payudara yang meradang dan juga mengurangi suplai ASI. Kompres air dingin bisa mematikan sinyal "kekecewaan" di payudara Mama yang memberi tahu tubuh untuk membuat lebih banyak susu.

Mama bisa mengompres payudara yang terasa nyeri selama 10-15 menit dengan menggunakan handuk kecil.

5. Pijat payudara dengan lembut jika diperlukan untuk meredakan tekanan

5. Pijat payudara lembut jika diperlukan meredakan tekanan
Pexels.com/AlesiaKozik

Cara terakhir yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi bengkak pada payudara adalah dengan melakukan pemijatan pada payudara untuk membantu melancarkan saluran yang tersumbat.

Mama bisa memijat bagian payudara dengan lembut dan membuat gerakan memutar di bagian payudara yang terasa nyeri menggunakan jari-jari tangan.

Jika diperlukan, Mama juga bisa menggunakan minyak khusus untuk payudara seperti minyak zaitun untuk mempermudah gerakan pijatan.

Itulah 5 cara cepat mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Jika keluhan payudara bengkak tidak membaik, segera periksakan diri Mama ke dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.