Pasca Persalinan, Seorang Mama Kembali Bersiap Mengikuti Ujian Sekolah

Baru 30 menit usai menjalani persalinan secara normal berusaha duduk di ranjangnya

13 Juni 2019

Pasca Persalinan, Seorang Mama Kembali Bersiap Mengikuti Ujian Sekolah
bbc.com

Seorang perempuan asal Ethiopia belakangan viral. Baru 30 menit menjalani persalinan secara normal, ia sudah mampu duduk di atas ranjang rumah sakit. Luar biasa! 

Almaz Derese (21) yang berasal dari Metu, Ethiopia Barat berharap mampu mengikuti ujian sebelum bayinya lahir. Namun ujian sekolahnya sempat ditunda karena sudah masuk bulan Ramadan. Akhirnya Almaz harus mengikuti hari pertama ujian sekolah yang bertepatan dengan waktu ketika dirinya menjalani proses persalinan. 

Almaz mengatakan bahwa belajar dalam kondisi hamil bukanlah sebuah masalah untuknya. Ia bahkan tidak ingin menunggu hingga tahun depan untuk bisa lulus. 

Usahanya untuk ingin segera lulus membuat Almaz mengikuti ujian sekolah seperti bahasa Inggris, bahasa Amhar dan matematika ketika saat masih berada di rumah sakit. Bahkan dirinya bertekad ingin menyelesaikan seluruh ujian. 

"Karena saya terburu-buru untuk mengikuti ujian, kerja keras saya selama menjalankannya tidak sulit sama sekali," kata Almaz kepada BBC News.

Tadese Tulu sebagai seorang suami sempat membujuk pihak sekolah untuk mengizinkan istrinya mengikuti ujian di rumah sakit. Sebenarnya di Ethiopia sering terjadi ketika perempuan sempat putus sekolah, lalu melanjutkannya kembali agar bisa segera lulus. 

Almaz pun senang setelah menjalani seluruh ujian serta kondisi bayinya dalam keadaan baik-baik saja. Almaz yang sudah menjadi seorang Mama ini sekarang bertekad mengambil kurus selama dua tahun untuk mempersiapkan diri masuk universitas. 

Terkait berita mengenai Almaz yang bisa langsung duduk usai 30 menit menjalani persalinan normal, Mama perlu mendapatkan informasi lebih mengenai fase pemulihan pasca persalinan. 

Sebenarnya seorang perempuan yang baru saja menjalani persalinan perlu sekali melakukan perawatankarena masih perlu waktu pemulihan. Untuk Mama yang baru saja menjalani proses persalinan secara normal, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips untuk memulihkan tubuh pasca persalinan. 

Semoga tips pasca persalinan ini dapat membantu ya, Ma. 

1. Pergunakan bantal sebagai alas duduk

1. Pergunakan bantal sebagai alas duduk
Unsplash/Martin Castro

Perawatan pasca persalinan secara normal memang perlu diperhatikan agar kondisinya lebih cepat pulih. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan alas duduk seperti bantal. Ini diperlukan untuk semakin meredakan rasa nyeri pasca persalinan. 

Perlu disadari bahwa saat menjalani persalinan secara normal, ada kemungkinan vagina akan mengalami luka robek. Bahkan luka persalinan membutuhkan beberapa minggu, sehingga benar-benar pulih dan mengering sepenuhnya. 

2. Usahakan selalu basuh vagina setelah buang air kecil

2. Usahakan selalu basuh vagina setelah buang air kecil
www.yourdailyideas.com

Perawatan usai persalinan tetap perlu dilakukan baik secara normal ataupun caesar. Pasca persalinan umumnya Mama akan mulai merasa kesulitan ketika harus buang air kecil. Kondisi ini disebabkan karena jaringan uretra dan kandung kemih mulai membengkak setelah melahirkan si Kecil.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan pasca persalinan normal yaitu dengan selalu membasuh vagina setelah buang air kecil sampai kering. Mama bisa membasuh vagina menggunakan air hangat atau gunakan lap khusus yang sudah direndam air hangat. 

Baca juga: Perempuan Ini Nyeri dan Kesulitan Saat Buang Air Kecil Usai Melahirkan

Editors' Picks

3. Rutin mengonsumsi makanan tinggi serat

3. Rutin mengonsumsi makanan tinggi serat
Pixabay/Couleur

Perawatan lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pasca persalinan normal yaitu tetap konsisten mengonsumsi makanan tinggi serat. 

Mama perlu mengonsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah hingga asupan air putih agar melancarkan pencernaan. Buah blueberry juga termasuk salah satu yang dianjurkan karena mengandung vitamin, mineral dan serat. 

Melalui makanan dengan serat tinggi, Mama tidak perlu mengejan terlalu kuat saat buang air besar. 

Baca juga: 5 Asupan yang Sebaiknya Dihindari Pasca Persalinan

4. Selalu waspada saat ada cairan asing yang mencurigakan

4. Selalu waspada saat ada cairan asing mencurigakan
mamsa.ru

Usai menjalani persalinan secara normal, tak jarang beberapa orang mengalami demam tinggi. Bahkan ada juga keluhan mengenai cairan yang mencurigakan dari vagina pasca persalinan secara normal. 

Untuk menghindari berbagai risiko yang berbahaya, cobalah segera menghubungi dokter jika mengalami kondisi semacam itu. Untuk menghindari berbagai risiko yang berbahaya, sebaiknya segera hubungi dokter untuk langsung berkonsultasi.

Baca juga: 

5. Hindari mengangkat barang-barang yang berat

5. Hindari mengangkat barang-barang berat
Freepik/freepic.dillera

Setiap Mama yang baru saja menjalani proses persalinan tentu membutuhkan waktu sebagai fase pemulihan. Saat pasca persalinan, sebaiknya hindari mengangkat berbagai barang-barang berat yang dibutuhkan oleh si Kecil. Selalu usahakan untuk menjaga kesehatan dengan selalu konsisten beristirahat, lalu mintalah bantuan pasangan ketika membutuhkan pertolongan.  

Saat menjalani fase-fase pemulihan, Mama juga bisa sekaligus latihan menyusui apalagi si Kecil mudah lapar. Namun, sebelum itu awali dengan memijat payudara agar ASI keluar dengan lancar. 

Itulah beberapa perawatan yang bisa dilakukan Mama pasca menjalani persalinan secara normal. Tetap semangat selama fase pemulihan!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;