7 Kebiasaan Mama yang Baru Melahirkan agar Bisa Merasa Lebih Nyaman

Support sistem mesti mengerti ni, biar bisa memberi dukungan untuk Mama yang baru melahirkan

24 Februari 2020

7 Kebiasaan Mama Baru Melahirkan agar Bisa Merasa Lebih Nyaman
goodsolutions.sg

Kamu tentu setuju bahwa momen yang paling berharga dari kehidupan seorang perempuan adalah saat kita akhirnya menjadi seorang Mama dan memiliki bayi mungil tercinta dalam pangkuan.

Mama pasti merasakan hal tersebut saat pertama kali menjadi Mama, bukan?

Meski begitu, ada berbagai hal yang akan menjadi tantangan tersendiri khususnya untuk para Mama baru masuk ke dalam momen indah ini. Untuk itu, kami menyarankan supaya Mama membangun 7 kebiasaan ini supaya nyaman saat menjalani keseharian sebagai Mama.

Yuk baca rangkuman Popmama.com berikut ini.

1. Bangun pagi dan mediasi

1. Bangun pagi mediasi
theculturetrip.com

Momen pertama ketika kita menjadi seorang Mama adalah rentetan tugas dan tanggung jawab yang akan menghiasi hari-hari secara penuh.

Itu artinya, Mama mungkin akan diperhadapkan dengan ketersediaan waktu untuk diri sendiri dalam rentang waktu tertentu.

Untuk memberikan kenyamanan sekaligus kebahagiaan, Mama disarankan untuk membangun kebiasaan bangun pagi-pagi untuk mengambil waktu mediasi dengan diri sendiri.

Hela nafas terlebih dahulu, kosongkanlah pikiran dan siapkan diri untuk beraktivitas.

Baca juga:

2. Tidur di waktu santai

2. Tidur waktu santai
Pixabay/free-photos

Meksipun rentetan tugas dan tanggung jawab akan menjadi fokus Mama setiap harinya di mana hal tersebut akan terus bertambah dari waktu ke waktu, Mama tetap dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat secara khusus tidur.

Tidur selalu menjadi hal yang dapat membuat tubuh fisik Mama serta kondisi mental dan psikologi kembali terpenuh layaknya gdgets atau teknologi yang membutuhkan charger.

Itu kenapa, utamakan juga tidur di waktu santai ya, Ma.

3. Rutinitas fokus pada prioritas

3. Rutinitas fokus prioritas
irishtimes.com

Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab, Mama pasti memahami bahwa semuanya itu fokus pada si Kecil.

Untuk itu, Mama sangat dianjurkan untuk memusatkan pikiran Mama untuk melakukan hal-hal berkaitan proses tumbuh kembang si Kecil.

Lakukanlah sebuah perencanaan dengan pembagiaan waktu yang baik. Kemudian, dari sini, Mama dipastikan tidak akan terengah-engah dalam menjalani segalanya sambil menyisihkan waktu santai untuk diri Mama sendiri.

Editors' Picks

4. Bermain dengan si Kecil

4. Bermain si Kecil
mommyish.com

Dalam perencanaan, Mama memang harus fokus pada segala sesuatu yang fokusnya untuk menunjang proses tumbuh kembang anak mama tercinta. Namun, di atas segalanya, Mama tidak boleh lupa untuk membangun chemistry atau emotional bond dengan si Kecil.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas yang disukai si Kecil seperti bermain bersama. Benar sekali!

Saat Mama membiarkan si Kecil bermain, tolong jangan ditinggal dan semata-mata awasi tetapi ikutlah bermain bersamanya.

Hal ini akan membuat si Kecil senang dan Mama-pun akan sangat nyaman karena perasaan girang dan gembira yang dihasilkan dari aktivitas tersebut.

5. Bersosialisasi dengan tetangga

5. Bersosialisasi tetangga
Pixabay/cheryl

Sebagaimana kami telah menyebutkan bahwa perasaan yang girang dan gembira menjadi kunci utama untuk kenyamanan Mama saat memasuki momen pertama menjadi seorang Mama, hal ini dapat dilakukan dengan membangun kebiasaan bersosialisasi dengan tetangga.

Mama tidak perlu melakukannya dengan cara yang ribet tetapi cukup menyapa para tetangga di lingkungan Mama dan membangun hubungan yang baik satu sama lain. Hal ini akan memberi kenyamanan untuk Mama yang tinggal di rumah untuk mengasuh Si Kecil.

6. Bertanya dan mendengar

6. Berta mendengar
Pixabay/stocksnap

Sebagai seorang Mama baru, Mama pasti memiliki banyak hal baru yang wajib dipelajari terkait kehidupan sebagai seorang Mama. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan Mama belajar dari orang-orang terdekat yang memiliki pengalaman tersebut.

Caranya sangat mudah dan sederhana! Mama cukup bertanya dan mendengar setiap masukan yang diberikan dari Oma maupun teman-teman Mama serta tetangga. Lalu, kumpulkanlah setiap masukan tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Mama tersendiri.

7. Momen romantis dengan Papa

7. Momen romantis Papa
psychologytoday.com

Menjadi seorang Mama memanglah profesi yang sangat mulia di mana ada berbagai tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Meski begitu, kesibukan ini seharusnya tidak membuat Mama jauh dari Papa tercinta yang juga sibuk bekerja.

Sebaiknya, Mama membangun kebiasaan untuk tetap memiliki momen romantis dengan Papa dengan mempertahankan komunikasi yang baik dan tidak lupa untuk mengutarakan rasa sayang dan rasa rindu satu sama lain.

Sekarang, Mama telah melihat bahwa masing-masing kebiasaan di atas dapat dilakukan dengan mudah untuk membuat Mama nyaman saat memasuki kehidupan baru sebagai seorang Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.