Haru! Perjalanan Oki Setiana Dewi Hamil hingga Melahirkan Anak Keempat

Anak keempat Oki harus diinapkan di NICU setelah lahir karena alami gangguan pernapasan

17 November 2020

Haru Perjalanan Oki Setiana Dewi Hamil hingga Melahirkan Anak Keempat
Instagram.com/okisetianadewi/

Pada 16 November 2020, Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempat berjenis kelamin laki-laki. Dalam kanal Instagramnya ia menceritakan perjuangan dari hamil hingga melahirkan anak keempatnya ini. Oki menyebut kalau setiap kehamilan dan persalinan, memiliki banyak hal berbeda yang ia rasakan. Untuk kehamilan anak keempat ini membuatnya harus banyak diam di rumah. 

“Saya menikmati betul rasanya mual, beristirahat cukup, dan bonding dengan ketiga kakak baby Sulaiman,” jelas Oki yang sudah punya nama untuk anak keempatnya ini.

Bagaimana perjuangan Oki Setiana Dewi dalam melahirkan anak keempatnya ini? Berikut Popmama.com rangkum cerita lengkapnya.

1. Sulaiman Ali Abdullah, ini arti nama anak Oki Setiana Dewi

1. Sulaiman Ali Abdullah, ini arti nama anak Oki Setiana Dewi
Instagram.com/okisetianadewi/

Oki Setiana Dewi dan suaminya, Ori Vitrio Abdullah sudah menentukan nama untuk anak laki-lakinya. Oki dan Ori mengumumkan nama anaknya sehari sebelum Oki melahirkan.

“Bismillah InsyaAllah sebentar lagi baba dan umma melihat mu nak.. insyaAllah anak ini di beri nama @sulaimanaliabdullah,” jelas Ori sebelum mengantar Oki melahirkan.

Arti nama 'Sulaiman' diambil dari nama Nabi utusan Allah ke-18. Dalam bahasa Arab, 'Sulaiman' juga berarti ketenangan. Sementara itu, nama 'Ali' merupakan salah satu nama Khalifah yang merupakan sepupu Nabi Muhammad SAW. Nama 'Ali' dalam bahasa Arab juga berarti mulia dan sangat baik.

Sementara itu, 'Abdullah' adalah nama dari ayah Nabi Muhammad SAW. Kata 'Abdullah' dalam bahasa Arab juga berarti hamba Allah SWT atau pengikut Allah SWT.

2. Saat hamil Oki mengalami SPD yang membuatnya harus di kursi roda

2. Saat hamil Oki mengalami SPD membuat harus kursi roda
Instagram.com/okisetianadewi/

Dengan pengalaman kehamilan ketiga anaknya selama ini, membuat Oki tak mau gegabah dengan kehamilan keempatnya ini. Oki menceritakan jika pada kehamilan sebelumnya ia merasa kurang persiapan.

Oleh karenanya, untuk kehamilan keempatnya ini Oki selalu menjalankan saran dan nasihat dari dokter. Mengingat ini pengalaman caesar keempatnya yang cukup membuatnya takut.

“Mulai dari SPD (simfisis pubis disfungsi), hingga mau tak mau harus memakai kursi roda di kehamilan pertama, hingga masa operasi yang agak sulit bernapas dan lemas luar biasa karena Hb (Hemoglobin) rendah,” jelas Oki.

Dilansir dari Healthline, SPD adalah masalah kesehatan yang menyebabkan ketidaknyamanan di daerah panggul yang biasa terjadi selama kehamilan. Sendi panggul menjadi kaku yang bisa terjadi di bagian depan dan belakang panggul.

Editors' Picks

3. Oki sempat alami berbagai masalah kesehatan saat hamil

3. Oki sempat alami berbagai masalah kesehatan saat hamil
Instagram.com/okisetianadewi/

Pada kehamilan anak keempatnya ini Oki sempat was-was karena Hb-nya sempat rendah. Oki juga sempat kaget karena janin dalam kandungannya berukuran lebih kecil dari kehamilan sebelumnya. Ia pun disarankan beberapa hal oleh dokter agar kehamilannya bisa berjalan dengan baik.

“Terlebih saat mendapat info, Hb saya kembali rendah di kehamilan ke-4 ini. Saat bayi dinyatakan berukuran lebih kecil dari kakak-kakak sebelumnya, saya diminta dokter banyak mengkonsumsi protein, itupun saya lakukan,”

Selain masalah Hb, Oki juga sempat diberitahu kalau bayinya sempat sungsang. Sehingga Oki pun harus melakukan berbagai gerakan untuk membuat bayinya tidak sungsang.

4. Sudah dirawat di RS sehari sebelum melahirkan

4. Sudah dirawat RS sehari sebelum melahirkan
Instagram.com/okisetianadewi/

Sehari sebelum persalinan, Oki sudah berada di RS untuk dirawat. Ia sudah merasakan kontraksi setiap 15 menit tapi masih dalam pantauan dokter dan suster.

“Malamnya, bergantian para dokter dan dokter kandungan, dokter anak, dokter anastesi menemui saya dan menjelaskan prosedur apa yang akan dilakukan dan segala macam yang akan terjadi. MasyaAllah! Saya semakin siap,” jelas Oki.

5. Proses persalinan caesar cepat dan lancar

5. Proses persalinan caesar cepat lancar
Instagram.com/okisetianadewi/

Pada tanggal 16 November 2020, pukul 3.00 WIB pagi Oki sudah bersiap-siap untuk menjalani operasi. Hingga akhirnya masuk ruang operasi pada pukul 5.00 WIB pagi. Sang suami dikatakan Oki selalu berada di sisinya.

“Pukul 05.00 WIB pagi, saya sudah masuk ke ruang operasi dan... proses operasi caesar sangat cepat dan menyenangkan! MasyaAllah,” jelas Oki.

6. Anak keempat Oki alami masalah pernapasan dan dibawa ke NICU

6. Anak keempat Oki alami masalah pernapasan dibawa ke NICU
Instagram.com/okisetianadewi/

Namun, ada hal yang mengganjal karena Mama empat anak ini tidak mendengar tangisan Sulaiman. Ternyata, Sulaiman harus langsung dipisahkan dari Oki semenjak ia lahir. Bahkan, Oki tidak bisa melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) kepada anaknya tersebut.

“Tak seperti kakak-kakaknya. Sulaiman langsung dipisahkan dari saya, untuk dibersihkan, diobservasi oleh dokter anak, dan beberapa menit kemudian.. saya diinfokan saya tak bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini), karena Sulaiman harus dibawa ke NICU karena ada masalah dalam adaptasi pernapasan,” jelas Oki.

Seketika itu, air mata Oki langsung menetes karena mendengar anaknya mengalami Transient Tachypnea of Newborn (TTN) atau kelainan yang menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi karena terdapat cairan pada paru-parunya.

7. Banyak hal terjadi, Oki berusaha kembali semangat setelah melahirkan

7. Banyak hal terjadi, Oki berusaha kembali semangat setelah melahirkan
Instagram.com/okisetianadewi/

Meski banyak hal terjadi pada dirinya dan sang Bayi, Oki tak mau berlarut dalam kesedihan yang terlalu lama. Ia ingin cepat sembuh agar bisa bertemu dengan anaknya. Oleh karenanya, Oki memohon doa dari penggemarnya untuk segera diberi kesehatan.

“Doakan ya sahabat semua.. dan terima kasih untuk semua support dari semuanya. It means a lot to me. Sekali lagi saling mendoakan ya,” tutur Oki.

Wah, perjuangan Oki dari hamil hingga melahirkan sungguh luar biasa ya, Ma. Meski mengalami masalah bahkan Sulaiman harus sampai dibawa ke NICU, Oki tetap tegar. Selamat untuk Mama Oki dan Papa Ori Vitro. Semoga Sulaiman tumbuh menjadi anak yang sehat dan saleh!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.