Tingkatkan Imunitas Tubuh, 6 Rekomendasi Vitamin C untuk Ibu Menyusui

Vitamin C memang dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan daya tubuh.

20 Februari 2021

Tingkatkan Imunitas Tubuh, 6 Rekomendasi Vitamin C Ibu Menyusui
Freepik/shurkin_son

Vitamin C memang dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah infeksi virus dan bakteri, salah satunya flu. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa menyembuhkan luka, membentuk kolagen yang menjadi bagian penting dari kulit, tulang, dan gigi, serta menangkal radikal bebas. 

Semua orang membutuhkan asupan vitamin C, termasuk ibu menyusui. Orang dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C harian. Sementara ibu menyusui membutuhkan tambahan 45 mg vitamin C. Untuk ibu menyusui, vitamin C dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, serta perkembangan gigi dan tulang. 

Mama bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, serta sayuran seperti brokoli. Apabila Mama ingin mendapatkan tambahan nutrisi vitamin C selama masa menyusui, maka Mama bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

Berikut Popmama.com akan memberikan enam rekomendasi suplemen vitamin C untuk ibu menyusui yang bisa Mama konsumsi: 

1. Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Suplement

1. Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Suplement
amazon.com

Produk ini dilengkapi dengan bahan-bahan herbal yang bisa menjaga kesehatan mama selama masa menyusui. Tak hanya mengandung vitamin C, produk ini juga mengandung vitamin E dan A serta zinc yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mama. Perlu Mama tahu bahwa empat tablet produk ini mengandung 1.000 mg vitamin C. 

2. Enervon-C Multivitamin Tablet

2. Enervon-C Multivitamin Tablet
shopee.co.id

Seperti suplemen vitamin C lainnya, produk ini aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Produk ini mengandung vitamin B kompleks, C, dan kandungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh selama masa menyusui. Tak hanya itu, produk ini juga mendukung proses penyembuhan mama setelah melahirkan.

Jangan khawatir ya, Ma karena produk ini dijual dengan harga murah yakni Rp 27.000. 

Editors' Picks

3. Holisticare Super EsterC Non-Acidic Vitamin C

3. Holisticare Super EsterC Non-Acidic Vitamin C
shopee.co.id

Holisticare EsterC berbeda dengan suplemen vitamin C yang lain karena kandungan vitamin C dapat diserap lebih cepat oleh tubuh. Produk ini mengandung citrus bioflavonoid yang dapat meningkatkan kinerja vitamin C dalam tubuh untuk menjaga kesehatan mama. Mama dapat mengonsumsi produk ini apabila Mama mulai merasa lemas dan kurang semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Produk ini dijual seharga Rp 36.500 per botol. 

4. Redoxon Double Action

4. Redoxon Double Action
bukalapak.com

Ingin mencoba vitamin C yang bisa menyegarkan tubuh? Maka Mama wajib mencoba Redoxon Double Action yang bisa disajikan dalam bentuk minuman segar. Mama hanya perlu melarutkan satu tablet ke dalam segelas air dingin. Mama pun bisa memenuhi kebutuhan 1.000 mg vitamin C sekaligus menyegarkan badan. 

Produk ini mengandung zinc yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaatnya adalah Mama tidak mudah terserang penyakit sehingga tetap bisa memberikan ASI eksklusif kepada si Kecil. 

5. Super C Complex Sustained Release Tablets

5. Super C Complex Sustained Release Tablets
shopee.co.id

Keunggulan produk ini adalah tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu alergi bagi Mama maupun bayi. Produk ini mampu meningkatkan sistem imunitas mama sehingga tidak mudah lelah setelah menyusui si Kecil. Keunggulan lainnya adalah Mama merasa sehat dan bugar dalam jangka waktu lama karena suplemen ini memang dirancang untuk melepaskan kandungan vitamin di dalamnya secara perlahan. 

6. Vitacimin (Tablet Hisap)

6. Vitacimin (Tablet Hisap)
shopee.co.id

Vitacimin adalah produk yang cukup dikenal di Indonesia. Produk ini bisa didapat dengan harga Rp 3.000 per tablet. Vitacimin mengandung 500 mg vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian mama.

Selain mudah didapat dan praktis untuk dibawa, produk ini juga menyediakan beragam varian rasa mulai dari jeruk, lemon, blueberry, dan tropical fruit punch. Jadi, Mama bebas memilih rasa sesuai selera.  

Itulah enam rekomendasi merek suplemen vitamin C untuk ibu menyusui. Vitamin C memang nutrisi penting yang dibutuhkan Mama saat menyusui. Mama bisa memvariasikan buah-buahan dan sayuran untuk mendapat asupan vitamin C sehingga tak perlu mengonsumsi suplemen tambahan. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi suplemen vitamin C ya, Ma. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.