Pekan ASI: Vicky Shu, Chikita Meidy, dan DJ Una Semangati Para Mama

Tetap semangat menjadi pejuang ASI untuk si Kecil ya, Ma!

6 Agustus 2019

Pekan ASI Vicky Shu, Chikita Meidy, DJ Una Semangati Para Mama
Instagram.com/chikitameidy,vickyshu,putriuna

Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus.

Sejarah Pekan ASI Sedunia bermula dari forum World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) yang digelar di markas United Nations Children's Fund atau UNICEF, di New York, Amerika Serikat, pada 1991.

Agenda ini diperingati secara serentak di berbagai belahan bumi. Misi peringatan Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan atau lebih.

Tujuan globalnya, demi mengoptimalkan kesehatan gizi dan kesehatan ibu menyusui beserta anak. World Health Organization (WHO) bersama dengan American Academy of Pediatrics (AAP) mengajurkan agar bayi diberikan ASI eksklusif sejak lahir sampai berusia 4 hingga 6 bulan.

Artinya, selama periode tersebut, bayi hanya diberi air susu ibu tanpa makanan pendamping lain. Setelah 6 bulan, bayi sebaiknya tetap disusui sambil menerima makanan pendamping yang sesuai dan memadai hingga usia 2 tahun atau lebih.

Kebiasaan seperti ini diharapkan bisa dicapai dengan menciptakan lingkungan, kesadaran, dan dukungan yang tepat kepada para ibu menyusui di seluruh dunia.

Mengetahui hal tersebut, sebagai pejuang ASI, Vicky Shu, Chikita Meidy, dan DJ Una pun turut memberikan semangat pada ibu menyusui di luar sana untuk terus berjuang memberikan ASI terbaik mereka untuk si Keci.

Ditemui oleh tim Popmama.com pada acara pembukaan flagship Mothercare terbesar se-Asia Tenggara, berikut kami telah merangkum ulasan lengkapnya.

Editors' Picks

1. Vicky Shu: "ASI itu rezeki dan anugerah,"

1. Vicky Shu "ASI itu rezeki anugerah,"
Instagram.com/vickyshu

Kebahagiaan Vicky Shu dan sang Suami, Ade Imam semakin lengkap tatkala putra pertama mereka lahir. Bayi laki-laki bernama Abimanyu Manggala Nugroho Putro ini lahir melalui proses persalinan normal.

Menyambut kelahiran bayinya, Vicky Shu berjanji akan menjalankan program ASI Eksklusif selama 6 bulan dan akan diteruskan sampai sang Anak berusia 2 tahun.

Menjalani program ASI Ekslusif memang pilihan yang tepat karena selain untuk memperkuat hubungan Mama dan bayi, ASI Eksklusif juga menjamin pertumbuhan yang lebih sempurna bagi bayi dari sejak lahir hingga berumur 2 tahun.

Mengetahui pentingnya ASI bagi si Kecil, Vicky Shu pun mengajak para Mama pejuang ASI di luar sana agar tidak mudah menyerah untuk terus memberikan ASI terbaik bagi anak-anak mereka.

"ASI itu anugerah ya, kalau memang kita bisa mendapatkan anugerah dan rezeki ASI, ya harus diperjuangkan. Karena ada masanya ASI itu berhenti saat usia anak belum sampai dua tahun, dan itu cukup membuat banyak perempuan galau. Jadi lebih baik kalau memang ASI itu keluar, kalau bisa diperjuangkan ya diperjuangkan. Tapi kalau kita memang nggak dapet rezeki ASI, ya jangan berkecil hati, tetap sebagai seorang Mama kita harus berikan yang terbaik untuk anak," ungkapnya saat ditemui secara eksklusif oleh tim Popmama.com di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

2. Chikita Meidy: "ASI bagus untuk daya tahan tubuh anak,"

2. Chikita Meidy "ASI bagus daya tahan tubuh anak,"
Instagram.com/chikitameidy

Lama tak muncul di layar kaca, sosok Chikita Meidy kini semakin bersinar, apalagi saat ini ia sudah memiliki seorang anak laki-laki yang menggemaskan.

Javier Raesha, putra pertamanya dengan Indra Adhitya rencana akan diberikan ASI eksklusif selama 2 tahun.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pelantun lagu Kampuang Nan Jauh Di Mato saat ditemui oleh tim Popmama.com secara eksklusif.

"Sebagai sesama ibu menyusui, saya berharap agar kita sesering mungkin bisa meng'ASI'hi, karena kita kan nggak bisa mengulang waktu lagi. Ini kan hal yang memorable banget, nggak bisa diulang lagi. Semoga dengan ASI ini, kelak daya tahan tubuh anak jadi kuat, karena mau bagaimana pun ASI itu anugerah dari Allah yang nggak bisa ngalahin apapun," ujarnya.

3. DJ Una: "Kalau kita happy pasti ASI-nya jadi banyak."

3. DJ Una "Kalau kita happy pasti ASI- jadi banyak."
Instagram.com/putriuna

Putri Una Astari atau yang biasa dipanggil DJ Una memang lama tak terdengar setelah melahirkan anak pertamanya, Kyrie Arnatama dengan sang Suami, Irsan Ramadhan.

Sebagai disc jockey, tantangan DJ Una makin berat selepas ia melahirkan. Pasalnya, seharian ia harus mengurus anak, termasuk memberikan ASI eksklusif, kemudian malamnya harus begadang untuk bekerja sebagai DJ.

Meski sampai saat ini tak ada masalah dengan produksi ASI-nya, ternyata DJ Una masih saja takut jika kesehatannya drop hingga memengaruhi kualitas ASI-nya.

Untuk itu, saat ditemui oleh tim Popmama.com, DJ Una pun turut memberikan semangat kepada para Mama lain di luar sana agar terus berjuang memberikan ASI eksklusif untuk bayi mereka.

"Jangan putus asa, segala sesuatunya bisa kita kendalikan melalui mindset kita aja. Kalau ASI nya dikit, jangan langsung sedih karena kalau kita happy pasti ASI nya jadi banyak. Yang pasti makan yang banyak, harus happy, pasti ASI-nya banyak," tuturnya.

Nah, itulah ketiga pesan dan ungkapan semangat dari para selebritis tanah air selama Pekan ASI Sedunia berlangsung.

Semoga dapat membuat Mama-Mama pejuang ASI semakin termotivasi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.