Ini 5 Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda, Baik untuk Janin

Yuk Ma bisa dicoba salah satu ikan ini

14 Juni 2021

Ini 5 Ikan Bagus Ibu Hamil Muda, Baik Janin
Freepik/senivpetro

Memenuhi nutrisi dan kebutuhan gizi pada ibu hamil adalah salah satu cara untuk membantu perkembangan janin agar lebih sehat begitu juga pada kesehatan ibu hamil. Untuk memenuhi nutrisi, ibu hamil juga harus tahu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebab, kesehatan janin sangat bergantung pada asupan makanan mama sehari-hari.

Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil pada trimester pertama adalah ikan. Ikan merupakan sumber protein hewani yang bagus karena mengandung asam lemak omega-3 esensial, yaitu EPA dan DHA. Kandungan ini sangat cocok untuk kehamilan dan sangat dibutuhkan pada trimester pertama.

Lalu kan apa saja yang baik dikonsumsi saat hamil muda? Popmama.com akan memberikan informasi mengenai ikan yang bagus untuk ibu hamil muda, dilansir dari berbagai sumber. 

Disimak yuk, Ma!

1. Ikan salmon untuk otak dan saraf janin

1. Ikan salmon otak saraf janin
Freepik/daviles

Mungkin Mama sangat familiar dengan ikan salmon. Ikan yang sering sekali direkomendasikan untuk ibu hamil karena manfaatnya yang berlimpah. Pada trimester satu, janin dalam masa pertumbuhannya membutuhkan banyak nutrisi.

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf janin, serta dapat menyehatkan jantung ibu hamil dan sang Bayi. 

Editors' Picks

2. Ikan lele mencegah risiko cacat janin

2. Ikan lele mencegah risiko cacat janin
Youtube.com/Rinaldi Fun and Education

Pilihan ikan yang bagus untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah ikan lele. Ikan yang mudah sekali ditemukan di pasaran dan harganya yang terjangkau ini, mengandung lemak baik dan protein yang tinggi, dua zat gizi ini yang menyokong tumbuh kembang janin. 

Manfaat lain ikan lele untuk ibu hamil dapat mencegah risiko cacat janin. Ikan lele memiliki kandungan vitamin B12, yang banyak ditemukan dalam produk hewani. 

3. Ikan sarden untuk pertumbuhan janin

3. Ikan sarden pertumbuhan janin
Pixabay/pasja1000

Ikan yang juga tak kalah bagus adalah ikan sarden. Sama seperti ikan lainnya, ikan sarden juga merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan EPA dan DHA yang dapat membantu proses pertumbuhan janin di dalam perut ibu hamil.

Manfaat ikan sarden adalah dapat membantu mendukung kesehatan tiroid, berkat kandungan yodiumnya. Selain itu terdapat kalsium yang berguna dalam pertumbuhan tulang si Bayi dan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. 

4. Ikan tuna untuk kesehatan tubuh

4. Ikan tuna kesehatan tubuh
Freepik/mrsiraphol

Setelah ikan salmon, ada juga ikan tuna yang merupakan sumber asam lemak omega-3, dan omega 6. Manfaat ikan tuna antara lain dapat menyehatkan jantung si Bayi dan ibu hamil, dan kandungan vitamin B16 yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu terdapat juga protein, vitamin A, vitamin D, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, kalium, dan kolin. Sama seperti ikan salmon, ikan tuna juga membantu pembentukan otak dan saraf pada janin. 

5. Ikan teri untuk menunjang pertembuhan tulang dan gigi janin

5. Ikan teri menunjang pertembuhan tulang gigi janin
Pexels/Eva Elijas

Ikan selanjutnya yang baik dikonsumsi saat hamil muda adalah ikan teri. Walaupun terbilang memiliki ukuran yang kecil bukan berarti ikan teri tidak punya manfaat. Ikan teri juga punya kandungan yang sangat baik dan menjadi ikan yang bagus untuk ibu hamil khususnya pada trimester pertama. 

Kandungan kalsium yang ada di dalamnya berguna untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, ikan teri juga mengandung protein, zat besi, fosfor, beberapa vitamin dan mineral lainnya. 

Itu dia kelima ikan yang bagus untuk ibu hamil muda. Mama tertarik untuk coba yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.