Wajib Tahu, Begini 5 Aturan Aman Minum Jus Kemasan untuk Ibu Hamil

Ketahui dulu sebelum meminumnya ya, Ma!

2 Juli 2020

Wajib Tahu, Begini 5 Aturan Aman Minum Jus Kemasan Ibu Hamil
add-impact.com

Kesehatan ibu hamil harus menjadi sebuah prioritas karena akan memengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Hal inilah yang membuat asupan makanan atau minuman perlu diperhatikan agar tetap aman ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Tak jarang jus buah kemasan dianggap praktis sebagai minuman karena tidak perlu diolah lagi. Namun, perlu diketahui bahwa jus kemasan dan jus olahan sendiri dari buah asli memiliki nutrisi yang berbeda. 

Disarankan agar tidak mengonsumsi secara berlebihan jus kemasan untuk ibu hamil

Jika Mama ingin mengetahui aturan aman minum jus kemasan selama masa kehamilan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Batasi meminum jus kemasan selama masa kehamilan

1. Batasi meminum jus kemasan selama masa kehamilan
cargocollective.com

Ibu hamil memang memerlukan asupan buah untuk dapat meningkatkan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Namun, bukan berarti Mama boleh mengonsumsi jus buah secara bebas. Mama tetap harus membatasi konsumsi jus kemasan. 

Sebab, mengonsumsi jus kemasan yang mengandung pemanis buatan akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. 

Memang ada jus kemasan yang mengandung gula asli. Namun perlu diketahui juga bahwa ibu hamil yang mengonsumsi gula secara berlebihan akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. 

Berikut beberapa dampak buruk pada ibu hamil ketika terlalu banyak mengonsumsi gula, antara lain: 

  • Meningkatkan potensi terhadap risiko kelahiran prematur.
  • Mengakibatkan risiko obesitas atau kenaikan berat badan yang berlebihan selama masa kehamilan. 
  • Meningkatkan kadar glukosa dan insulin, sehingga berpotensi menyebabkan diabetes gestasional. 

Asupan gula berlebih selama hamil perlu dihindari agar tetap aman dan nyaman untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Editors' Picks

2. Tetap mengonsumsi buah segar asli agar nutrisi tubuh terpenuhi

2. Tetap mengonsumsi buah segar asli agar nutrisi tubuh terpenuhi
Freepik

Membiasakan makan buah dan sayur tentu direkomendasikan untuk ibu hamil agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa jus kemasan termasuk minuman yang praktis dan menyegarkan, namun perlu diwaspadai bahwa bisa saja terdapat kandungan pemanis tambahan. 

Pertimbangkan ketika ingin mengonsumsi jus kemasan. Cobalah untuk tetap menyediakan buah-buahan di rumah agar si Kecil di dalam kandungan bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Bila ingin mengonsumsi jus buah, ada baiknya membuat sendiri di rumah dengan menggunakan buah alami yang diolah menjadi jus.

3. Pilihlah jus kemasan dengan buah murni

3. Pilihlah jus kemasan buah murni
Freepik

Perlu Mama ketahui bahwa jus kemasan bukan berasal dari buah asli karena mengandung banyak gula, bahkan pemanis buatan. Maka dari itu, alangkah baiknya ibu hamil lebih bijak agar tidak membeli jus kemasan yang memiliki zat adiktif karena berdampak buruk untuk kesehatan. 

Sebelum membeli periksalah label kemasan dan mencari tahu kandungan yang terdapat pada minuman tersebut. 

Dilansir dari Mayo Clinic, praktek medis nirlaba dan kelompok riset medis terkemuka di Amerika Serikat mengatakan bahwa sebaiknya menghindari jus kemasan dengan tambahan gula atau pemanis buatan. Disarankan untuk memilih jus kemasan yang tertuliskan murni dari buah asli dan tidak memiliki kandungan berbahaya. 

Bijak sebelum membeli yuk, Ma!

4. Jus kemasan sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuka

4. Jus kemasan sebaik segera dihabiskan setelah dibuka
Popmama.com/FX Dimas

Ketika mengalami ngidam untuk mengonsumsi jus kemasan, ibu hamil boleh-boleh saja meminumnya asal tidak berlebihan. Ketika kemasan jus sudah dibuka, disarankan untuk dihabiskan segera. 

Perlu diketahui bahwa jus kemasan yang telah dibuka akan mudah teroksidasi, sehingga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan hilang. 

Padahal vitamin dan mineral menjadi nutrisi terpenting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga mampu meningkatkan kesehatan janin di dalam kandungan. 

Disarankan untuk membeli jus kemasan dengan ukuran yang sedang, sehingga bisa langsung dihabiskan. Demi menjaga nutrisi di dalam kandungan jus, sebaiknya memang tidak menyimpan jus kemasan terlalu lama termasuk di dalam kulkas.

5. Cermatlah dalam membaca jus untuk mengetahui keaslian jus kemasan

5. Cermatlah dalam membaca jus mengetahui keaslian jus kemasan
Freepik

Sebenarnya, ibu hamil tidak memiliki patokan bagaimana mengonsumsi jus kemasan yang baik dan benar selama masa kehamilan. Hanya saja, disarankan untuk tidak berlebihan karena kandungan nutrisinya berbeda dengan buah asli. 

Minumlah jus alami karena kandungan nutrisinya dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri serta janin di dalam kandungan.

Ketika membeli jus kemasan, cermatlah dalam memilih produk untuk membedakan keaslian buah yang digunakan. Baca juga label untuk membandingkan kandungan nutrisinya. 

Ketahui bahwa jus kemasan yang tidak mengandung pemanis tambahan atau bahan pengawet, cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. 

Itulah beberapa aturan mengonsumsi jus kemasan untuk ibu hamil

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.