Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dukung Perkembangan Janin, Ini 6 Manfaat Selada Air untuk Ibu Hamil

Tak begitu populer, ternyata selada air memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil

24 November 2022

Dukung Perkembangan Janin, Ini 6 Manfaat Selada Air Ibu Hamil
Irenamacri.com

Selada air mungkin jarang didengar bagi sebagian orang. Di Eropa biasanya selada air ini dikenal sebagai sayuran pelengkap untuk salad. Sayuran yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan akuatik dan semi-akuatik yang ternyata memiliki berbagai manfaat untuk menunjang kesehatan, terutama untuk ibu hamil.

Jika selada berdaun lebar, selada air ini justru memiliki diameter yang lebih kecil, dan biasanya dicampurkan dalam sayur lodeh bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meski tidak cukup populer, selada air ini menjadi salah satu sumber nutrisi bagi ibu hamil.

Kira-kira apa saja, ya, manfaat selada air untuk ibu hamil? Nah kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Meningkatkan kualitas tidur

1. Meningkatkan kualitas tidur
Pexels/ketut-subiyanto

Pada umumnya, ibu hamil sering mengalami gangguan tidur yang disebabkan adanya perubahan fisik dan mental pada ibu hamil. Jika gangguan tidur ini terjadi berkepanjangan, maka akan berdampak bagi kesehatan ibu hamil.

Untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, Mama bisa mengonsumsi selada air, karena kandungan dalam sayuran ini akan memberikan sinyal pada jaringan saraf otak untuk lebih rileks. Oleh sebab itu, jika Mama rajin mengonsumsi selada air, dapat membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

2. Memperkuat tulang

2. Memperkuat tulang
Pexels/negativespace

Pada masa kehamilan, kalsium dalam tubuh ibu hamil cenderung akan berkurang. Hal ini disebabkan karena kalsium tersebut tersalurkan untuk bayi.

Nah, selada air mengandung mineral tinggi, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, yang baik untuk tulang dan mampu memperkuat kemampuan dan kesehatan tulang.

Selain itu, selada air juga mengandung Vitamin K yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang mama dan dapat mencegah berbagai risiko penyakit tulang.

Editors' Picks

3. Meningkatkan imun tubuh

3. Meningkatkan imun tubuh
Pexels/amina-filkins

Pada umumnya, ibu hamil rentan mengalami sakit, karena imun tubuh yang cenderung menurun. Maka dari itu, penting untuk ibu hamil mengonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi, salah satunya selada air. Selada air merupakan sumber vitamin C yang tentu memiliki peran penting dalam menjaga imun tubuh.

Vitamin C dalam selada air dapat membantu melepaskan antioksidan yang mampu menangkal radikas bebas dan gejala peradangan, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam selada air juga dapat mengurangi risiko kerusakan sel darah dan masuk angin.

4. Mencegah dehidrasi

4. Mencegah dehidrasi
Pexels/daria

Dehidrasi sering terjadi pada ibu hamil akibat sering muntah dan tidak nafsu makan, sehingga asupan cairan berkurang. Dehidrasi sengat berbahaya bagi semua orang, termasuk ibu hamil yang akan menyebabkan berbagai macam permasalahan.

Bukan hanya air putih yang bisa mencegah dehidrasi, namun bisa dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung kadar air yang tinggi, seperti selada air. Sayuran satu ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah dehidrasi.

5. Baik untuk perkembangan otak bayi

5. Baik perkembangan otak bayi
Pexels/yungsaac

Asam folat bermain peran penting bagi ibu hamil dalam membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Asam folat akan membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi dan baik untuk perkembangan janin.

Nah, selada air juga mengandung asam folat yang cukup tinggi lho, Ma. Asam folat yang terkandung dalam selada air ini berperan dalam fungsi kognitif otak bayi dan kefasihan verbal. Jadi, jangan lupa menambahkan selada air ke dalam pola makanan, ya, Ma!

6. Menjaga kesehatan jantung

6. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/jonathanborba

Selama masa kehamilan, jantung cenderung bekerja lebih keras, dimana jantung memompa 40 persen lebih banyak darah dari biasanya.

Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk mengonsumi makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, seperti selada air nih, Ma.

Dalam selada air, terdapat kandungan beta karoten, zeaxathin, dan luthein yang merupakan senyawa antioksidan dalam jantung yang juga mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Nah, itulah manfaat selada air untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk