Demi Janin Sehat, Ini 8 Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

8 sayuran disukai janin yang harus diketahui!

20 Maret 2021

Demi Janin Sehat, Ini 8 Sayuran Baik Ibu Hamil 9 Bulan
Freepik/valeria_aksakova

Pada masa kehamilan di usia 9 bulan, Mama sebaiknya lebih memperhatikan asupan makanan yang baik untuk kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan. Cobalah mengonsumsi makanan bernutrisi yang manfaatnya baik untuk tumbuh kembang janin, bahkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Mama sebagai persiapan menjelang persalinan.

Selain buah, sayuran pun menjadi salah satu bahan makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mama disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2,5 hingga 3 mangkuk atau sekitar 500 gram sayuran setiap harinya. Sebelum mengonsumsi sayur perhatikan juga cara memasaknya agar Mama tidak kehilangan gizi yang terkandung di dalamnya.

Jika Mama ingin tahu jenis sayuran apa saja yang baik untuk ibu hamil dan janin, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber. Disimak ya, Ma!

1. Bayam mengurangi lelah dan mampu menyegarkan tubuh

1. Bayam mengurangi lelah mampu menyegarkan tubuh
Pixabay/Showmeyourflowers

Di usia kehamilan yang sudah masuk sembilan bulan, ibu hamil akan sering merasa kelelahan. Hal ini karena semakin bertambahnya berat janin dan berat badan Mama.

Sebaiknya disarankan mengonsumsi sayur bayam untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Bayam kaya akan vitamin A, C, K, zat besi dan asam folat. Khasiatnya bisa mengurangi rasa lelah dan menyegarkan badan ibu hamil.

Mama pun dapat menikmati bayam dengan cara dimasak sebagai sayur bening.

2. Daun singkong mengatasi kondisi kekurangan darah.

2. Daun singkong mengatasi kondisi kekurangan darah.
Pixabay/mayapujiati

Daun singkong termasuk salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil selama di trimester ketiga kehamilan. 

Perlu Mama ketahui bahwa daun singkong yang diolah dengan cara yang tepat untuk ibu hamil mampu mengatasi kondisi kekurangan darah. Hal ini dikarenankan adanya kandungan nutrisi, mulai dari vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, karbohidrat, lemak serta protein.

Mama pun bisa mengolah daun singkong menjadi berbagai alternatif menu olahan. 

3. Brokoli baik untuk pertumbuhan tulang pada janin

3. Brokoli baik pertumbuhan tulang janin
Unsplash/Louis Hansel

Sayuran hijau ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil serta janin dalam kandungan. Brokoli kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K serta asam folat yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang pada janin.  

Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan kalsium, beta karoten serta isotiosianat. Zat tersebut mampu membantu melindungi tubuh dari kanker. 

Mama bisa memotong brokoli kecil-kecil, lalu diamkan selama 5 menit dalam air yang diberi sedikit garam. Ini berguna untuk mematikan kuman atau hewan jika ada di dalamnya. Setelah itu, cobalah untuk masak sebentar agar nutrisi tetap aman. 

Editors' Picks

4. Wortel berkhasiat untuk perkembangan mata pada janin

4. Wortel berkhasiat perkembangan mata janin
Pexels/Mali Maeder

Wortel kaya akan vitamin A, betakroten, dan kalsium yang baik untuk janin. Kandungan vitamin A pada wortel membuat sayuran ini terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk mata. Mama sangat dianjurkan mengonsumsi wortel untuk perkembangan mata janin. 

Selain itu, warna oranye pada wortel mengandung banyak betakaroten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Wortel juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan giginya dan risiko bayi kuning juga berkurang.

Selain baik untuk janin, wortel memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menangkal radikal bebas. Sistem imun ibu juga akan lebih kuat selama kehamilan. 

5. Buncis bisa mencegah sakit kepala

5. Buncis bisa mencegah sakit kepala
Pixabay/congerdesign

Buncis mengandung vitamin K, protein serta serat yang cukup tinggi. Khasiatnya Mama akan terbebas dari risiko konstipasi dan sakit kepala yang mungkin menyerang selama kehamilan.

Mama dapat mengolah buncis dengan cara direbus atau tumis. Kurangi kadar garam ketika memasak agar tidak meningkatkan risiko darah tinggi pada masa kehamilan.  

6. Bit dapat memurnikan darah selama kehamilan

6. Bit dapat memurnikan darah selama kehamilan
Pexels/Nick Collins

Meskipun sering disebut buah bit, namun bit adalah sejenis umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Kandungan ‘ajaib’ di dalamnya dapat memurnikan darah selama masa kehamilan.

Bit kaya akan vitamin C, asam folat dan zat besi yang tinggi, khasiatnya dapat menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil. 

7. Daun katuk baik untuk pertumbuhan plasenta ibu hamil

7. Daun katuk baik pertumbuhan plasenta ibu hamil
tokopedia.com

Setelah memasuki kehamilan trimester akhir, Mama disarankan mengonsumsi daun katuk. Daun katuk memiliki kandungan protein yang cukup baik untuk pertumbuhan jaringan, plasenta serta juga otak bayi dalam kandungan.

Selain itu, daun katuk juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin E yang cukup baik untuk menjaga kesehatan, bahkan mampu meningkatkan daya tahan tubuh Mama serta janin dalam kandungan.

Mama dapat mengolah daun katuk menjadi sayur bening seperti bayam.

8. Daun bawang penting untuk perkembangan tulang janin

8. Daun bawang penting perkembangan tulang janin
Pixabay/Congerdesign

Daun bawang setara dengan satu tablet multivitamin dengan mineral. Saat kehamilan di trimester akhir, Mama disarankan untuk mengonsumsi daun bawang karena manfaatnya untuk ibu hamil dan janin.

Daun bawang merupakan sumber kalsium yang penting bagi perkembangan tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk Mama agar terhindar dari nyeri kaki dan membantu mengurangi insomnia.

Nah Ma, itulah beberapa sayuran yang baik untuk dikonsumsi mama saat kehamilan trimester akhir. Semoga Mama selalu sehat hingga proses persalinan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.