Lezat dan Sehat, Ini 7 Manfaat Selada Air yang Perlu Mama Ketahui!

Memiliki senyawa baik untuk mencegah kanker

22 Februari 2020

Lezat Sehat, Ini 7 Manfaat Selada Air Perlu Mama Ketahui
Thisnzlife.co

Selada air merupakan jenis sayuran yang cukup mudah ditemui. Berwarna hijau gelap dengan bentuk daun bulat kecil disertai bunga kecil warna putih.

Biasanya, selada air dijadikan sebagai hiasan dalam makanan. Namun, juga bisa diolah menjadi salad, sup, atau tumis sayuran. 

Sebelum dimasak, selada air perlu dicuci bersih untuk kemudian direndam air dingin dengan campuran  hidrogen peroksida. Hal ini dilakukan agar kotoran maupun parasit yang menempel pada selada air. 

Tak hanya lezat, selada air juga memiliki banyak manfaat lho, Ma. Bahkan telah dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsa Romawi dan Yunani kuno.

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan beberapa manfaat dari selada air yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Mencegah kanker

1. Mencegah kanker
Irenamacri.com

Mengutip dari laman Healthline, ada sebuah fakta bahwa selada air dapat mencegah dan merawat kanker. Hal ini karena selada air memiliki senyawa antikanker yang disebut isotiosianat. 

Senyawa ini dapat mencegah atau merawat tubuh dari kanker dengan cara melindungi sel-sel sehat dari kerusakan, menonaktifkan bahan kimia karsinogenik dan menghalangi pertumbuhan serta penyebaran tumor. 

Isotiosianat yang ditemukan dalam selada air juha telah terbukti mencegah kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, hingga kanker payudara. 

2. Mengurangi tekanan darah

2. Mengurangi tekanan darah
Bestlifeonline.com

Mengonsumsi selada air dengan rutin dapat mengurangi tekanan darah, lho. Selada air cukup kalsium, magnesium, dan kalium sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Kandungan baik dalam selada air tersebut akan bekerja dengan cara melepaskan sodium dari tubuh dan membantu pelebaran arteri. 

Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, makanan yang mengandung nitrat seperti dalam selada air memiliki banyak manfaat untuk pembuluh darah.

Mulai dari mengurangi tekanan darah, menghambat penumpukan trombosit, dan mempertahankan atau meningkatkan disfungsi endotel.

3. Merawat kesehatan tulang

3. Merawat kesehatan tulang
Unsplash/Bewakoof.com Official

Selada air memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk merawat tulang dan gigi. Dilansir dari Organicfacts.net, kalsium dapat membantu memperbaiki dan membangun tulang. 

Tak hanya itu, selada air juga merupakan sumber asam folat, magnesium, dan vitamin K yang berfungsi sebagai nutrisi dalam menjaga kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis. 

Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang secara bertahap.

Vitamin K akan menjaga simpanan kalsium dalam tulang dan merawat kekuatan tulang. Sedangkan magnesium dapat membantu pembentukan sel-sel tulang. 

Editors' Picks

4. Mengurangi diabetes

4. Mengurangi diabetes
Irenamacri.com

Dilansir dari laman MedicalDaily, konsumsi selada air secara teratur dapat membantu mengelola diabetes dan pradiabetes. Hal ini karena selada air mengandung asam alfa-lipoat antioksidan.

Sebuah senyawa yang dapat mengurangi kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan akibat stres oksidatif pada penderita diabetes. 

Penelitian pun menunjukkan bahwa asam alfa-lipoat juga dapat mengurangi kerusakan saraf pada penderita diabetes. 

5. Merawat kesehatan jantung

5. Merawat kesehatan jantung
Unsplash/Fernando Brasil

Selada air juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jantung. Selada air mengandung antioksidan beta karoten, zeaxanthin dan lutein sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Bahkan, membantu proses penyembuhan bagi para penderita yang mengalami stroke dan gangguan jantung.

Dikutip dari laman SoundHealthsSolution, selada air juga mengandung diet nitrat, yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran pembuluh darah. 

6. Menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut

6. Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut
Unsplash/Caroline Hernandez

Selain merawat kesehatan dalam tubuh, selada air pun dapat bermanfaat untuk kecantikan. Hal ini terbukti dari laman Draxe.com yang menunjukkan fakta bahwa selada air bisa menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. 

Kandungan vitamin A dalam selada air dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan resistensi terhadap infeksi kulit.

Selada air juga bisa bertindak sebagai agen hidrasi tegument sehingga mencegah infeksi kulit kepala, mencegah kerontokan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut. 

Selain itu selada air juga mengandung fitonutrien serta nutrisi lain, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. 

7. Meningkatkan imunitas tubuh

7. Meningkatkan imunitas tubuh
Unsplash/Christopher Campbell

Selada air mengandung banyak vitamin C yang baik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga tubuh bisa melawan infeksi dan mengurangi peradangan.  

Selada air mengandung 15 mg vitamin C per cangkir (34 gram), yang merupakan 20% dari kebutuhan tubuh perempuan dan memenuhi 17% tubuh pria.

Asupan makanan kaya vitamin C seperti selada air juga bermanfaat dalam mengurangi risiko kerusakan sel darah dan masuk angin.

Itu lah beberapa manfaat selada air untuk kesehatan. Ternyata, banyak juga ya, Ma. Kini, Mama mungkin perlu memasukkan selada air dalam menu masakan sehari-hari. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.