Kaya Nutrisi, Ini 7 Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Di masa akhir kehamilan, penting bagi Mama untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi

24 Maret 2021

Kaya Nutrisi, Ini 7 Sayuran Baik Ibu Hamil 9 Bulan
Pexels/marketingtuig

Mendekati masa persalinan, Mama perlu selalu menjaga kesehatan dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi agar lebih sehat dan kaya akan nutrisi. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi tidak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh dan membantu dalam perkembangan bayi, tetapi juga untuk membantu proses persalinan.

Ketika sudah memasuki usia kehamilan 7 bulan keatas, perkembangan bayi akan sangat pesat, sehingga makanan harus terjaga agar cukup. Salah satu makanan yang konon mengandung banyak nutrisi adalah sayur yang bisa dengan mudah Mama dapatkan.

Jika Mama ingin mengetahui sayuran yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil 9 bulan, kali ini Popmama.comtelah merangkumnya.

1. Bayam membantu melawan infeksi dan menangkal berbagai penyakit

1. Bayam membantu melawan infeksi menangkal berbagai penyakit
Pexels/jhowell

Sayuran yang satu ini dikenal sebagai sumber zat besi, akan tetapi masih banyak lagi nutrisi yang terkandung dalam bayam, seperti asam folat, serat, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Vitamin C dalam bayam membantu meningkatkan daya tahan tubuh Mama, karena vitamin ini mampu melawan infeksi dan menangkal berbagai penyakit, seperti flu. Selain itu, bayam juga dapat membantu meneyimbangkan kolesterol, dimana ini merupakan peranan dari vitamin E dalam bayam.

Nyeri adalah masalah yang sering terjadi pada ibu hamil, oleh karena itu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut Mama bisa mengonsumsi bayam, karena kandungan Glycolipid berperan sebagai anti inflamasi. Sebagai sumber utama zar besi, bayam bermanfaat untuk membantu membentuk sel darah merah pada bayi serta membantu agar otak dan tubuh bayi tumbuh secara optimal.

2. Buncis membantu menghindari sembelit

2. Buncis membantu menghindari sembelit
Pexels/andrebeltrame

Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan menjadi lebih emosional. Kandungan Hipoglikemik pada buncis mampu menenangkan saraf untuk mengurangi stress dan membantu Mama untuk terus memiliki pikiran yang sehat dan positif. Selain itu, buncis juga bisa membantu menghindari sembelit dan wasir, dimana ini merupakan peranan dari nutrisi serat dalam buncis.

Salah satu vitamin yang penting dikonsumsi bagi ibu hamil adalah vitamin K, dimana nutrisi yang terkandung dalam buncis ini dapat meningkatkan perkembangan janin bayi. Selama kehamilan, kalsium pada ibu hamil akan menurun karena dialirkan ke bayi yang berada dalam kandung, mangan dalam buncis berperan untuk menghindari risiko osteoporosis pada ibu hamil.

Editors' Picks

3. Selada mencegah risiko pendarahan

3. Selada mencegah risiko pendarahan
Pexels/daria

Selada mengandung salah satu nutrisi yang memiliki peran penting untuk ibu hamil, yakni asam folat, dimana asam folat yang terkandung pada selada mampu mencegah cacat lahir pada bayi.

Selain asam folat, selada juga mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk mencegah risiko pendarahan yang terjadi pada ibu hamil. Selada merupakan salah satu sayuran yang mengandung antioksidan tinggi, dimana nutrisi ini berperan sebagai anti kanker dan mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Seledri mengurangi gejala asam lambung selama hamil

4. Seledri mengurangi gejala asam lambung selama hamil
Freepik/racool-studio

Selain dikonsumi sebagai penambah rasa pada sajian makanan, Mama juga bisa membuat jus seledri yang ternyata memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaat jus seledri adalah mencegah dehidrasi, di mana kandungan mineral pada seledri yang tinggi memainkan peran menjaga ibu hamil agar tetap terhidrasi. Seledri sendiri mengandung beberapa nutrisi yang penting dikonsumsi bagi ibu hamil, seperti asam folat, kalium dan vitamin C.

Selain itu, seledri juga mengandung serat dan air yang bermanfaat untuk menhaga kesehatan usus dan sistem pencernaan Mama. Serat yang terkandung dalam seledri adalah serat apiuman yang juga memiliki manfaat untuk mengurangi gejala asam lambung bagi ibu hamil yang telah memasuki akhir kehamilan. Tidak hanya itu, seledri juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang merupakan peranan dari antioksidan, antiradang dan vitamin C.

5. Brokoli membantu mengatur kadar gula darah

5. Brokoli membantu mengatur kadar gula darah
Pexels/pixabay

Perlu diketahui bahwa brokoli memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk ibu hamil lho, Ma.

Sayuran hijau satu ini dapat membantu mengatur kadar gula darah yang jika tidak diperhatikan akan menyebabkan terjadinya diabetes gestasional.

Apakah Mama sudah mengetahui giabetes gestaional? Ya, penyakit satu ini merupakan penyakit yang hanya terjadi pada ibu hamil yang disebabkan karena kadar glukosa terlalu tinggi.

Nutrisi kalsium, magnesium, fosfor dan zinc pada brokoli memainkan peran untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Adapun vitamin A, B, E, K pada brokoli mampu melindungu kulit dari paparan sinar UV sehingga kesehatan kulit Mama tetap terjaga. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam brokoli berperan penting untuk menjaga kesehatan mata.

6. Asparagus mengurangi terjadinya komplikasi kesehatan

6. Asparagus mengurangi terjadi komplikasi kesehatan
Pexels/fecundap6

Asparagus mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil, seperti B9, B kompleks, C, B6, dan D. Seperti yang diketahui bahwa B9 memainkan peran penting pada ibu hamil yang juga memiliki segudang manfaat, salah satunya mencegah anemia. Selain itu, folat dan vitamin B dalam asparagus berfungsi untuk menjaga mood tetap baik sehingga Mama akan terhindar dari stress.

Selanjutnya, asam folat yang terkandung dalam asparagus dapat mencegah preeklamasi, dimana preeklamasi ini merupakan komplikasi pada kehamilan yang sering ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, pembengkakan, dan meningkatnya kadar protein dalam urine.

7. Sawi hijau membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak

7. Sawi hijau membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak
Pexels/laker

Sawi hijau adalah salah satu sayuran hijau yang mudah ditemukan, ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil 9 bulan loh, Ma. Sawi hijau atau pokchoy bisa membantu proses pembekuan darah pada janin, yang mana ini merupakan peran penting dari vitamin K pada sawi hijau. Nah, ternyata sawi hijau adalah salah satu sumber vitamin K, dimana dalam 1 cangkir  rebus sawi hijau akan memberikan sekitar 770 mikrogram atau lebih dari 100% dari yang dibutuhkan.

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil sering kali mengalami sulit tidur, maka penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sawi hijau yang mampu membuat tidur Mama lebih nyenyak. Selain itu, ibu hamil cukup rentan terkena diabetes yang disebabkan oleh tingginya kadar gula pada tubuh ibu hamil. Nah agar kadar gula tetap terjaga, Mama bisa mengonsumsi sawi hijau yang ternyata mengandung antioksidan untuk menjaga kadar gula darah.

Itulah sayur-sayuran yang bagus untuk dikonsumsi bagi ibu hamil 9 bulan. Nah, mulai sekarang coba konsumsi 7 sayuran di atas yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.