hanco

8 Makanan Sehat Ini Baik untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Calon Papa

Jangan lupa info ke Papa ya, Ma!

20 November 2019

8 Makanan Sehat Ini Baik Meningkatkan Kualitas Sperma Calon Papa
Freepik/bearfotos

Dalam merencanakan kehamilan, bukan hanya perempuan yang harus mengubah pola hidupnya. Sebagai penyumbang DNA terbesar, laki-laki juga perlu menjani hidup sehat.

Bahkan, telah banyak penelitian yang percaya bahwa makanan yang dikonsumsi seorang laki-laki akan berpengaruh pada kualitas sperma yang diproduksi dan peluang untuk memiliki anak.

Rendahnya jumlah sperma juga telah dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti kurangnya seng atau vitamin dalam tubuh seorang laki-laki. Jadi, sangat penting bagi calon Papa memenuhi kebutuhan nutrisi berikut untuk meningkatkan kualitas sperma secara alami.

1. Tiram untuk produksi sperma

1. Tiram produksi sperma
Freepik/dashu83

Tiram adalah salah satu sumber seng atau zinc terbaik untuk laki-laki yang mampu meningkatkan produksi sperma. Kandungan zinc dari tiram juga disebut dapat meningkatkan libido.

Selain tiram, Papa bisa mendapatkan sumber seng dari makanan lain, seperti lobster dan kerang.

2. Dark chocolate mengandung antioksidan

2. Dark chocolate mengandung antioksidan
Freepik/valeria_aksakova

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung asam amino yang telah terbukti meningkatkan produksi sperma dan air mani. Cokelat jenis ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu senjata kuat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam dark chocolate disebut dapat menandingi kandungan antioksidan yang ada dalam buah delima.

Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi cokelat ini karena dapat menambah berat badan. Akibatnya, hormon testosteron menjadi tidak seimbang dan malah akan menurunkan jumlah sperma.

3. Bawang putih tingkatkan kemampuan ‘berenang’ sperma

3. Bawang putih tingkatkan kemampuan ‘berenang’ sperma
Freepik/evening_tao

Selain sebagai anti infeksi, bawang putih juga mengandung allicin dan selenium yang sangat baik untuk reproduksi laki-laki. Kandungan allicin dapat meningkatkan aliran darah pada organ seksual seorang laki-laki dan melindungi sperma dari kerusakan sel.

Bacajuga: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sementara, selenium merupakan jenis antioksidan yang meningkatkan pergerakan sperma ‘berenang’ menuju sel telur (motilitas).

4. Pisang meningkatkan libido

4. Pisang meningkatkan libido
Freepik/jannoon028

Pisang diketahui dapat meningkatkan libido pada laki-laki dan mengatur hormon seksual melalui enzim yang disebut bromelain. Vitamin C, A, dan B1 yang terdapat dalam pisang juga bisa membuat tubuh laki-laki lebih banyak memproduksi sperma.

Baca  juga:

Editors' Picks

5. Brokoli mengandung vitamin A

5. Brokoli mengandung vitamin A
Freepik/photoroyalty

Kurangnya vitamin A adalah penyebab umum rendahnya kesuburan, sehingga membuat rendahnya pergerakan sperma.

Brokoli yang mengandung vitamin A bisa membantu Papa mengatasi masalah tersebut. Selain brokoli, Papa juga bisa mengonsumsi paprika merah, bayam, aprikot, ubi jalar, dan wortel.

6. Kacang kenari memperbanyak jumlah sperma

6. Kacang kenari memperbanyak jumlah sperma
Freepik/dashu83

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat memperbanyak jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke penis. Biji kenari bisa dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari atau dicampur dalam olahan sereal.

Baca juga: Makanan untuk Ibu Hamil

Sumber asam lemak omega-3 lainnya bisa didapatkan juga dari kepiting, ikan salmon, dan ayam.  

7. Ginseng menambah kadar testosteron dalam tubuh

7. Ginseng menambah kadar testosteron dalam tubuh
healthline.com

Tanaman aprodisiak ini telah digunakan untuk mengobati masalah ketidaksuburan selama ratusan tahun. Ginseng membantu meningkatkan jumlah kadar testosteron dan aliran darah pada alat kelamin laki-laki. Beberapa penelitian juga mengklaim bahwa ginseng bisa mengobati disfungsi ereksi.

Mintalah Papa untuk meminum teh dengan campuran ginseng untuk meningkatkan peluang kehamilan.

8. Asam folat mengurangi kelainan kromosom

8. Asam folat mengurangi kelainan kromosom
Freepik/valeria_aksakova

Asam folat tidak hanya penting untuk calon Mama. Studi yang dilakukan oleh para periset di University of California, Berkeley, menunjukkan bahwa laki-laki dengan kadar vitamin B yang rendah dalam tubuh berisiko memiliki tingkat kromosom yang abnormal dalam sperma mereka.

Sperma dengan kromosom abnormal yang membuahi sel telur bisa menyebabkan keguguran atau cacat lahir.

Karena itu, calon Papa juga harus memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau berdaun, biji-bijian, jus jeruk, atau sereal dan pasta yang mengandung asam folat.

Bukan hanya calon mama, calon Papa juga perlu memerhatikan gizi makanannya seperti nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas. Perbanyak juga minum air putih, hindari konsumsi alkohol dan kurangi kafein juga membantu peluang Papa dan Mama untuk memiliki anak yang sehat.  

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!