Hindari 5 Jenis Makanan Terlarang dalam Masa Program Hamil!

Bukan sekadar kenyang, tetapi harus diperhatikan pula dampaknya bagi kesuburan

26 Juni 2020

Hindari 5 Jenis Makanan Terlarang dalam Masa Program Hamil
Freepik/ArthurHidden

Dalam masa program hamil, penting bagi Kamu maupun pasangan untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai persiapan pembuahan yang berkualitas. Salah satunya adalah memerhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Tubuh yang sehat dan ternutrisi dengan baik akan meningkatkan peluang kehamilan. 

Selain memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat makanan, Kamu juga perlu memerhatikan makanan apa saja yang harus dihindari, yang dapat menurunkan kualitas kesuburan. 

Berikut Popmama.com merangkum 5 jenis makanan terlarang dalam masa program hamil, dilansir dari parenting.firstcry.com:

1. Makanan yang mengandung lemak trans

1. Makanan mengandung lemak trans
Freepik

Ucapkan selamat tinggal pada makanan-makanan nikmat yang mengandung lemak trans. Cake, biskuit, pastry, makanan cepat saji atau pun keripik kesukaan, harus dihindari sementara waktu. 

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans berkaitan erat dengan ketidaksuburan pada wanita. Setiap dua persen tambahan asupan lemak trans dalam makanan yang dikonsumsi, dapat meningkatkan potensi ketidaksuburan hingga 75 persen. 

Editors' Picks

2. Makanan tinggi karbohidrat dan gula

2. Makanan tinggi karbohidrat gula
Freepik

Demi menjalani diet yang sehat, Kamu dan suami juga harus membatasi konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula. Terutama dalam masa program hamil dan jika Kamu mengidap PCOS sebelumnya. 

Gula dan karbohidrat dalam makanan-makanan seperti cake, kue kering atau pun kue basah, meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini memengaruhi kematangan ovarium sehingga mengurangi peluang untuk hamil. 

Pada wanita dengan PCOS, makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat mengakibatkan penurunan sensitivitas insulin dan ketidakseimbangan hormon.

3. Makanan berbahan dasar kacang kedelai

3. Makanan berbahan dasar kacang kedelai
Freepik/jcomp

Kedelai memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sudah tak diragukan lagi. Tetapi, perempuan yang sedang menjalani program hamil harus mengurangi konsumsi makanan berbahan dasar kedelai. Ada senyawa tertentu di dalamnya yang memiliki fungsi sama seperti fungsi estrogen dalam tubuh wanita.

4. Sayuran mentah

4. Sayuran mentah
Freepik

Sayuran seharusnya menjadi pemasok nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh di masa program hamil. Tetapi ada sayuran-sayuran yang pantang dikonsumsi dalam bentuk mentah untuk mereka yang sedang mencoba untuk hamil. Misalnya kecambah mentah dan lobak. Bakteri dalam sayuran mentah dapat memengaruhi kesehatan kesuburan. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan organik segar yang dimasak dengan baik.

5. Telur setengah matang

5. Telur setengah matang
Freepik/pkproject

Telur tinggi akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Asalkan dikonsumsi dalam bentuk matang. Telur setengah matang tidak dianjurkan dikonsumsi mereka yang sedang dalam program hamil. Mengapa? Telur mentah dikhawatirkan mengandung virus Salmonella yang dapat secara langsung berdampak terhadap peluang kehamilan. 

Di sisi lain, banyak telur yang beredar di pasaran mengandung antibiotik yang disuntikkan ke ayam-ayam petelurnya. Pilih telur organik yang relatif lebih aman.

Terkadang, memang sulit menghindari godaan makanan atau menyerah pada makanan yang sebelumnya menjadi favorit. Tetapi masih ada alternatif makanan-makanan lain yang bisa Kamu pilih untuk mengisi perut sekaligus memperbesar peluang kehamilan secara sehat. Konsultasikan dengan dokter kandungan dan ahli gizi ya.

Itulah 5 jenis makanan terlarang dalam program hamil. Semoga informasi ini membantu!

Baca Juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.