5 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Sperma pada Laki-Laki

Asal rutin, bisa ada perubahan signifikan, lho

28 Juni 2021

5 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Sperma Laki-Laki
Freepik/whatwolf

Untuk hamil, diperlukan kesehatan dari kedua belah pihak. Untuk pria yang punya masalah dengan kesuburan, bisa mencoba beberapa cara mudah ini. 

Salah satu kunci keberhasilan kehamilan adalah jumlah sperma yang sehat dan sempurna. Untuk Papa yang punya masalah dengan kesehatan sperma, masih bisa diperbaiki dengan beberapa cara. 

Mulai dari mengonsumsi asupan makanan dan suplemen, hingga kebiasaan harian yang bisa punya pengaruh besar pada kesuburan pria. 

Dirangkum Popmama.com, inilah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah sperma sehat. 

1. Rajin berolahraga

1. Rajin berolahraga
Freepik/Master1305
Dok. Jovee

Dilansir dari Healthline, usaha pertama yang paling mudah pertama adalah dengan rajin berolahraga. Kamu tak perlu harus selalu olahraga berat, yang ringan pun tak masalah. 

Kuncinya, lakukan dengan rutin sehingga jadi kebiasaan dan berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi kamu. 

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin bisa meningkatkan testosteron dan kualitas sperma dibanding mereka yang malas bergerak. 

Bagaimanapun, sebaiknya hindari olahraga berlebihan karena bisa mengurangi hormon testosteron.

Editors' Picks

2. Konsumsi vitamin C

2. Konsumsi vitamin C
Freepik

Tak hanya bisa menjaga imun tubuh, namun vitamin C juga bisa meningkatkan kesuburan pria. Mengonsumsi cukup vitamin C, yang mengandung antioksidan tinggi, bisa mengurangi oksidasi stres pada sperma yang tinggi. 

Masih dari Healthline, menurut penelitian pada pria yang kurang subur, mengonsumsi 1.000 mg 2 kali sehari selama 2 bulan bisa meningkatkan motilitas sperma sebanyak 92% dan jumlah sperma sebanyak 100%. Vitamin C juga bisa mengurangi sperma yang tidak sempurna sebanyak 55%.

3. Kurangi stres

3. Kurangi stres
Freepik/senivpetro

Seringnya, kamu tak sadar bahwa sedang merasakan stres. Padahal, cara mudah meningkatkan kesehatan organ reproduksi laki-laki. 

Stres yang berkepanjangan bisa meningkatkan hormon kortisol yang berefek negatif pada testosteron. Saat hormon kortisol naik, hormon testosteron menurun. 

Untuk menjaga diri agar tidak stres, kamu bisa melakukan meditasi, olahraga ringan, dan menghabiskan waktu melakukan hal yang kamu suka. 

4. Rutin mengonsumsi vitamin D

4. Rutin mengonsumsi vitamin D
Pexels/pietrozj

Selain vitamin C, vitamin D juga penting untuk imun tubuh, dan kesehatan reproduksi perempuan dan laki-laki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D pada pria membuat level testosteron yang rendah. 

Mengonsumsi vitamin D3 sebanyak 3.000 IU setiap hari selama 1 tahun bisa meningkatkan testosteron mereka sebanyak 25%. 

5. Konsumsi zinc yang cukup

5. Konsumsi zinc cukup
Freepik/Yuliyafurman

Dilansir dari PubMed.org, penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zinc dalam tubuh pria diasosiasikan dengan level testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan peningkatan ketidaksuburan pada pria. 

Sedangkan mengonsumsi suplemen dengan zinc bisa meningkatkan testosteron dan menambah jumlah sperma sempurna pada mereka yang sebelumnya kekurangan zinc. 

Untuk Papa yang ingin rutin konsumsi zinc, bisa banyak mengonsumsi daging merah, ikan, ayam, dan kerang-kerangan. Tentu harus diimbangi dengan makanan lain seperti buah dan sayuran juga, ya!

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa dilakukan Papa untuk meningkatkan jumlah sperma sempurna untuk pembuahan. Semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.