Mitos atau Fakta, Sperma Encer Tanda Ketidaksuburan

Normalkan bila sperma encer?

3 September 2020

Mitos atau Fakta, Sperma Encer Tanda Ketidaksuburan
Freepik/Jcomp

Cairan sperma merupakan cairan yang dikeluarkan dari penis pria saat ejakulasi. Normalnya, cairan tersebut bertekstur kental dan berwarna putih. Namun, sperma bisa menjadi encer dan berubah warna karena kondisi tertentu. Apakah Sperma yang encer adalah tanda ketidaksuburan?

Sperma yang encer dapat mengindikasikan rendahnya jumlah sel sperma yang berkaitan dengan ketidaksuburan.

Namun, selain masalah kesuburan, sperma encer juga dapat disebabkan oleh hal lain yang bersifat sementara dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Ketahui fakta mengenai sperma encer dan pengaruhnya terhadap kesuburan pada ulasan Popmama.com berikut ini.

Tanda-Tanda Sperma yang Sehat

Tanda-Tanda Sperma Sehat
Pixabay/TBIT

Tanda-tanda sperma yang sehat dapat dilihat dari banyak faktor, seperti warna, jumlah, atau bau.

Dari segi warna, sperma normal biasanya memiliki warna putih atau keabuan, terkadang kekuningan.

Saat dikeluarkan, sperma seperti gel dan agak lengket. Kemudian akan mencair dalam waktu 5-40 menit. Sperma yang keluar dan tetap kental dapat terhambat saat bergerak mencari sel telur dalam rahim perempuan.

Dari sisi volume, rata-rata volume sperma yang keluar adalah 2-5 ml.

Editors' Picks

Benarkan Sperma Encer Tanda Ketidaksuburan?

Benarkan Sperma Encer Tanda Ketidaksuburan
medicoverfertility.com

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr. Ivander Utama, Sp.OG, menjawab sperma encer dan sering keluar pascasenggama sebenarnya wajar dan tidak berhubungan dengan kualitas sperma.

Saat ejakulasi, sperma akan mengental. Namun, jika dibiarkan beberapa saat terkena udara, maka sperma sebetulnya bisa menjadi encer.

Jadi, fase sperma akan terus berubah, mulai dari saat berada di dalam kelamin, saat diejakulasikan, hingga beberapa menit setelah diejakulasikan.

Meski sperma encer adalah hal yang normal, namun ini juga dapat mengindikasikan rendahnya jumlah sel sperma yang berkaitan dengan ketidaksuburan.

Penyebab Sperma Encer

Penyebab Sperma Encer
dohafmc.com

Selain alasan yang disebutkan di atas, terdapat beberapa penyebab cairan sperma menjadi encer. Umumnya, hal tersebut dapat diatasi dan dicegah.

Berikut beberapa penyebabnya:

  • Rendahnya jumlah sperma

Sperma encer seringkali disebabkan oleh jumlah sperma yang sedikit. Hal ini disebut oligospermia. Dikategorikan oligospermia bila jumlah sperma kurang dari 15 juta per ml semen.

  • Terlalu sering ejakulasi

Melakukan ejakulasi beberapa kali dalam sehari dapat memengaruhi terjadinya sperma encer. Setelah ejakulasi pertama, cairan sperma berikutnya cenderung lebih cair.

Hal ini bisa diatasi dengan tidak melakukan ejakulasi beberapa hari untuk mengembalikan volume dan konsistensinya seperti semula.

  • Kekurangan seng (zinc)

Kekurangan zinc dapat memicu tubuh membentuk antibodi terhadap sperma. Ini dapat membuat tubuh keliru dan menghancurkan sel sperma karena dianggap sebagai benda asing. Sehingga dapat menyebabkan rendahnya jumlah sperma yang diproduksi.

Jika ini penyebabnya maka dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc atau suplemen tertentu.

  • Pre-ejakulasi

Cairan pre-ejakulasi seringkali disalahartikan sebagai cairan sperma yang encer. Umumnya, sering keluar saat sedang pemanasan. Biasanya, cairan tersebut mengandung sangat sedikit sperma.

  • Ejakulasi retrograde

Saat ejakulasi, cairan sperma akan melewati uretra dan keluar dari lubang pada penis. Jika ada kelainan fungsi kandung kemih, terjadi arus balik cairan semen naik ke kandung kemih yang dikenal dengan ejakulasi retrograde. Dalam kondisi ini, jumlah semen akan berkurang atau konsistensinya menjadi lebih encer.

Cara Mengatasi Sperma Encer

Cara Mengatasi Sperma Encer
healthyeatinghub.com.au

Sperma yang encer dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Perbaiki asupan makan

Asupan makan cukup menentukan tekstur cairan sperma. Salah satu nutrisi yang diperlukan adalah protein. Konsultasikan dengan dokter mengenai makanan apa saja yang menunjang sperma yang sehat.   

  • Jangan terlalu sering melakukan ejakulasi dalam satu hari

Salah satu faktor yang menentukan kekentalan sperma adalah seberapa sering seseorang melakukan ejakulasi. Jika sperma lebih encer dari biasanya, mungkin frekuensi ejakulasi harus dikurangi dulu sampai kembali seperti semula.

Beri waktu sperma dalam testis untuk berkembang dan matang. Terlalu sering ejakulasi juga dapat menurunkan kualitas sperma.   

  • Jangan terlalu cepat saat ingin mengeluarkan sperma

Sebelum memutuskan untuk mengeluarkan sperma, sebaiknya ambil waktu sedikit untuk mempersiapkannya. Hal ini dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon testosteron tambahan, serta meningkatkan kualitas sperma dan ereksi.

Ejakulasi yang terlalu cepat dapat membuat kadar hormon testosteron rendah, melemahkan libido, serta menurunkan potensi seksual.   

  • Hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat

Suhu panas pada testis dapat memengaruhi produksi sperma. Pakaian yang terlalu ketat dapat memengaruhi suhu tubuh dan pada akhirnya berpengaruh pada produksi sperma.

Itulah fakta sperma encer dan pengaruhnya terhadap ketidaksuburan. Sperma yang selalu encer dapat menandakan masalah kesuburan atau kondisi medis lainnya. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu cukup lama, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memeriksa apakah ada masalah yang menyebabkan sperma encer.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.