Kondom Terlepas di Vagina saat Berhubungan Seksual, Apakah Bisa Hamil?

Simak peluang kemungkinan hamil saat kondom tertinggal di vagina dan cara melepasnya

4 Juli 2022

Kondom Terlepas Vagina saat Berhubungan Seksual, Apakah Bisa Hamil
Pixabay/Bru-nO

Berhubungan seksual menggunakan kondom merupakan salah satu upaya yang bisa Mama dan Papa lakukan untuk menunda kehamilan. 

Dikutip dari laman Parenthood, diketahui bahwa memakai kondom terbukti 98 perssen ampuh melindungi Mama dari kehamilan jika digunakan dengan benar. 

Meski ampuh tunda kehamilan, faktanya hanya 85 persen pasangan yang menggunakan kondom dengan benar.

Itu artinya, sekitar 15 dari 100 orang tetap bisa hamil karena berhubungan seksual menggunakan kondom dengan tidak benar.

Salah satu penyebab dari tidak menggunakan kondom dengan benar adalah terlepasnya benda ini di dalam vagina mama saat sedang berhubungan seks. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, sayangnya kejadian tersebut tetap bisa membuat panik.

Bila hal itu terjadi, apakah kehamilan tetap bisa terjadi? Lalu, bagaimana cara melepas kondom yang tertinggal di vagina tersebut?

Simak rangkuman informasi dari Popmama.com berikut ini.

Editors' Picks

Kondom Tersangkut di Vagina, Bisakah Membuat Hamil?

Kondom Tersangkut Vagina, Bisakah Membuat Hamil
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Seorang dokter spesialis kandungan dan ginekologi di klinik Healthy Woman Obstetrics and Gynecology yang ada di Monmouth County, dr. Angela Jones, M.D, mengatakan bahwa kemungkinan ada cairan yang masuk ke vagina.

“Jika kondom terselip dan tertinggal di dalam vagina, ada kemungkinan besar cairan yang ada di dalam kondom tersebut keluar dan masuk ke vagina,” ujar dr. Angela Jones, M.D., seperti dikutip dari laman Romper.

Angela melanjutkan cairan dalam kondom yang dimaksud bisa jadi semen (Cairan yang mengandung sperma) yang dikeluarkan bila Papa sudah berejakulasi.

Jika Papa belum ejakulasi, cairan yang ada di kondom juga bisa berupa cairan pra-ejakulasi, yang mana masih mungkin mengandung sperma.

“Cairan sperma yang tertinggal di dalam kondom tersebut bisa saja ‘berenang’ menuju serviks dan rahim, kemudian sangat mungkin terjadinya proses pembuahan,” lanjut Jones. 

Walau begitu, sebuah penelitian menyebut bahwa kehamilan yang terjadi saat tidak menggunakan kondom dengan benar hanya sebanyak 25 persen.

Maka kesimpulannya, kemungkinan untuk hamil saat kondom tertinggal di vagina mama tetap ada walaupun tidak begitu besar.

Meskipun begitu, Mama dan Papa tetap harus berhati-hati saat memakai kondom, ya. Pastikan kondom sudah terpasang dengan benar dan tidak robek sebelum berhubungan seksual.

Hal itu guna mengurangi risiko kondom menyangkut di vagina dan justru menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti infeksi pada vagina.

Bagaimana Cara Melepas Kondom yang Tersangkut?

Bagaimana Cara Melepas Kondom Tersangkut
sheknows.com

Bila Mama dan Papa mengalami hal ini, usahakan untuk tetap tenang. Saat sadar kondom tertinggal di vagina, lekas untuk melepasnya tanpa menunda waktu.

Biasanya kondom tersebut hanya akan tersangkut di bagian atas saluran vagina sehingga Mama dan Papa masih bisa menariknya keluar.

Hal yang perlu Mama lakukan adalah berbaring. Kemudian minta bantuan Papa untuk melihat posisi kondom di dalam vagina dan menariknya keluar.

Tapi sebelum melakukan itu, pastikan kuku papa pendek dan sudah cuci tangan ya. Hal itu untuk memastikan tidak adanya kuman yang mungkin tertinggal di vagina Mama dan justru menimbulkan masalah kelamin ke depannya.

Pastikan si Papa juga menariknya dengan pelan dan hati-hati. Itu untuk memastikan Mama tidak kesakitan atau justru mengalami cedera.

Bila Papa juga tidak bisa mengeluarkannya, ada baiknya lekas ke dokter, Ma. Tidak perlu malu untuk menjelaskan kondisi Mama ke dokter karena ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Itulah tadi penjelasan mengenai apakah bisa hamil jika kondom terlepas di vagina saat berhubungan seksual. Semoga hal ini tidak terjadi pada Mama dan Papa semua. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk