Benarkah Bisa Tes Kehamilan Pakai Pemutih Pakaian?

Tes kehamilan pakai pemutih pakaian tak kalah populer. Tapi, bagaimana keakuratannya?

18 November 2021

Benarkah Bisa Tes Kehamilan Pakai Pemutih Pakaian
mediclinic.ae
Bleach pregnancy test atau tes kehamilan pakai pemutih pakaian.

Ada berbagai cara alami untuk mengecek kehamilan tanpa perlu menggunakan test pack atau pergi ke dokter. Mulai dari menggunakan gula, pasta gigi, sampai yang tak kalah bikin heboh yakni menggunakan pemutih pakaian. 

Iya, Mama tidak salah baca. Mengecek kehamilan pakai pemutih atau lebih dikenal dengan istilah bleach pregnancy test disinyalir bisa mendeteksi hormon kehamilan dari tubuh.


Meski banyak dipercaya akurat, benarkah mengecek kehamilan menggunakan pemutih pakaian akurat? Yuk, simak penjelasannya seperti yang telah dirangkum Popmama.com berikut ini.

Cara Mengecek Kehamilan Pakai Pemutih Pakaian

Cara Mengecek Kehamilan Pakai Pemutih Pakaian
Pixabay/kropekk_pl

Menggunakan pemutih pakaian untuk mengecek kehamilan merupakan satu dari sekian cara cek kehamilan buatan rumah (Do it yourself).

Untuk melakukan tes kehamilan buatan ini cukup mudah. Mama hanya perlu pemutih pakaian yang tidak mengandung amonia.

Selanjutnya, tuang pemutih pakaian ke dalam wadah  sekitar ¼ dari ruang di wadah. Siapkan pula juga wadah lain yang berisi urine segar, volume urine harus disesuaikan dengan pemutih pakaian tadi.

Kemudian, tuangkan pemutih pakaian perlahan-lahan ke wadah berisi urine tadi. Tunggu beberapa menit untuk mengamati reaksinya.

Bila campuran pemutih pakaian dan urine berbusa, hal itu disinyalir merupakan pertanda bila mama hamil. Namun, bila tidak berbusa itu tandanya mama tidak sedang mengandung.

Meski dipercaya oleh banyak orang, bagaimana kebenaran klaim tersebut?

Editors' Picks

Apakah Cara Ini Akurat?

Apakah Cara Ini Akurat
Freepik/Jcomp

Mengutip dari laman WebMD, sayangnya sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan kalau menggunakan cairan pemutih pakaian untuk melakukan tes kehamilan akurat. 

Selain itu, mengecek kehamilan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Mama perlu memastikan waktu pemeriksaannya tepat sehingga hasilnya akurat.

Pasalnya periode ovulasi tiap perempuan berbeda. Durasi menstruasi, teratur atau tidak teraturnya haid juga berperan untuk menentukan kapan waktu hormon kehamilan mama dapat terdeteksi.

Maka dari itu mama disarankan untuk memeriksa kehamilan setidaknya 21 hari setelah berhubungan seksual atau satu hari setelah mama terlambat haid. Tak hanya itu, waktu terbaik untuk mengecek kehamilan yang disarankan adalah pagi hari.

Hal itu karena saat pagi hari tubuh mama memproduksi lebih banyak hormon HcG dibanding waktu lainnya.

Bagaimana dengan Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack Lainnya?

Bagaimana Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack Lainnya
Freepik/v.ivash

Mengecek kehamilan dengan metode bleach pregnancy test belum terbukti akurat. Lalu, bagaimana dengan metode lain?

Dilansir dari laman Healthline, metode rumahan untuk mengecek kehamilan lainnya juga belum terbukti akurat. Masih belum ada penelitian yang membuktikan tentang keakuratan dan keamanannya.

Berbagai metode rumahan tersebut hanyalah anekdot dan eksperimen tak berlandaskan sains belaka.

Pakai Cara yang Pasti-Pasti Saja

Pakai Cara Pasti-Pasti Saja
res.cloudinary.com

Bila Mama merasakan tanda-tanda kehamilan awal atau telat menstruasi, ada baiknya memeriksakan kondisinya dengan cara yang pasti saja, Ma.

Misalnya, mama bisa menggunakan testpack yang banyak dijual di pasaran. Atau bila perlu, mama langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan sampel darah hCG.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.