TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Egg Freezing, Cara Menunda atau Merencanakan Kehamilan

Egg freezing bisa bantu perempuan untuk hamil di masa depan meski sudah tidak berada di usia subur

10 Agustus 2022

Mengenal Egg Freezing, Cara Menunda atau Merencanakan Kehamilan
Freepik.com/kjpargeter

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah egg freezing. Egg freezing atau pembekuan sel telur merupakan prosedur pengambilan sel telur perempuan dari rahim yang kemudian disimpan dan dibekukan di sebuah laboratorium khusus.

Prosedur ini bisa membantu perempuan untuk hamil di masa mendatang meskipun sudah tidak berada di usia subur. Ya, seiring dengan bertambahnya usia perempuan maka kualitas sel telurnya pun ikut menurun.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyebut bahwa puncak kesuburan dan kualitas sel telur perempuan berada pada saat usia usia 20-30 tahun. Ketika perempuan menginjak usia 30 tahun ke atas maka tingkat kesuburannya perlahan menurun.

Selain itu, prosedur pembekuan sel telur ini juga bisa menjadi pilihan bagi pasangan yang belum siap hamil dan ingin menunda kehamilan.

Prosedur ini sudah banyak dilakukan selebriti dunia, seperti Kim Kardashian, Kourtney Kardashian, Paris Hilton, hingga Rita Ora. Bahkan salah satu artis Indonesia juga melakukannya, yaitu Luna Maya.

Untuk mengenal lebih jauh soal pembekuan sel telur, berikut Popmama.com rangkum mengenai egg freezing, cara menunda atau merencanakan kehamilan. Yuk, kita simak bersama!

Apa Itu Egg Freezing?

Apa Itu Egg Freezing
Unsplash/FLY:D

Egg freezing atau pembekuan sel telur merupakan prosedur pengambilan sel telur perempuan dari rahim yang kemudian disimpan dan dibekukan di laboratorium khusus.

Prosedur ini bisa membantu perempuan untuk hamil di masa mendatang meski sudah tidak berada di usia subur. Prosedur ini sudah banyak dilakukan oleh selebriti dunia, salah satunya selebriti asal Indonesia, Luna Maya.

Penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembekuan sel telur secara signifikan dapat memperpanjang usia sel telur dan meningkatkan peluang kehamilan.

Perlu diketahui bahwa metode pembekuan sel telur umumnya dilakukan untuk program hamil bayi tabung. Sel telur yang telah dibekukan kelak akan dibuahi dan menjadi embrio akan dimasukkan kembali ke dalam rahim.

Bedanya Pembekuan Sel Telur dan Pembekuan Embrio

Beda Pembekuan Sel Telur Pembekuan Embrio
pixabay/drkontogianniivf

Pembekuan sel telur berbeda dengan pembekuan embrio. Pembekuan sel telur dilakukan tanpa memerlukan sperma. Pasalnya, sel telur tidak akan dibuahi sebelum dibekukan.

Sementara pembekuan embrio merupakan sel telur yang dibuahi sperma yang kemudian dibekukan pada cairan nitrogen dengan suhu -196 derajat celcius.

Editors' Picks

Kapan Pembekuan Sel Telur Dilakukan?

Kapan Pembekuan Sel Telur Dilakukan
Unsplash/FLY:D

Pembekuan sel telur dilakukan pada masa reproduksi perempuan dalam keadaan prima antara usia 20-30 tahun untuk memanfaatkan kualitas dan kuantitas sel telur yang premium.

Prosedur ini dilakukan dengan mengambil sel telur yang dibekukan pada cairan nitrogen bersuhu -196 derajat celcius. Menariknya, sel telur dapat dibekukan sampai 10 tahun tanpa indikasi penurunan kualitas.

Siapa Saja yang Perlu Melakukan Egg Freezing?

Siapa Saja Perlu Melakukan Egg Freezing
Freepik/marymarkevlch

Prosedur pembekuan sel telur dapat dilakukan oleh perempuan dengan beberapa kondisi berikut:

1. Perempuan yang ingin menunda kehamilan

Prosedur egg freezing bisa dilakukan untuk perempuan yang ingin menunda kehamilan baik karena karena berbagai alasan. Hal ini biasanya dilakukan oleh perempuan yang ingin menunda memiliki anak namun khawatir kualitas sel telur akan menurun seiring bertambahnya usia.

2. Keluarga memiliki riwayat menopause dini

Prosedur ini juga bisa dilakukan oleh perempuan yang memiliki keluarga dengan riwayat menopause dini.

3. Menjalani pengobatan medis

Perempuan yang sedang menjalani pengobatan medis yang dapat mengganggu kesuburan, seperti kanker, diabetes, dan sebagainya. Pasalnya, pengobatan kanker berupa terapi radiasi atau kemoterapi dapat memengaruhi kesuburan perempuan.

Proses Pembekuan Sel Telur

Proses Pembekuan Sel Telur
Freepik/Tirachardz
Ilustrasi

Menurut dr. Luky Satria, Sp.OG – KFER dan dr. Cynthia Agnes Susanto, Sp.OG, BMedSc, yang merupakan dokter spesialis kandungan di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, terdapat beberapa rangkaian proses pembekuan sel telur, yaitu:

Konsultasi

Sebelum melakukan prosedur egg freezing, kamu perlu konsultasi dengan dokter spesialis obgyn dan ginekologi serta dokter spesialis andrologi terlebih dahulu. Pada tahapan ini, dokter akan memberikan informasi mengenai tahapan proses yang akan dilalui.

Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan untuk memeriksa tingkatan hormon, folikel sel telur, dan menentukan jenis pengobatan yang tepat bagi perempuan.

Injeksi obat pembesar sel telur

Pemberian injeksi dilakukan untuk menstimulasi tubuh agar dapat menghasilkan sel telur dengan jumlah dan ukuran terbaik.

Serial kontrol

Serial dilakukan untuk memonitor respons ovarium terhadap obat-obatan.

Pematangan sel telur

Pemberian injeksi berikutnya dilakukan dengan operasi. Kemudian sel telur segera dibawa ke laboratorium untuk disimpan dan dibekukan.

Pembekuan sel telur

Sel-sel telur yang telah diambil dari rahim akan disimpan dalam cairan nitrogen bersuhu minus 196 derajat celcius untuk dimanfaatkan pada waktu mendatang.

Persiapan yang Perlu Dilakukan sebelum Melakukan Pembekuan Sel Telur

Persiapan Perlu Dilakukan sebelum Melakukan Pembekuan Sel Telur
Freepik/benzoix

Pastikan kamu untuk melakukan melalui proses ini sebelum melakukan pembekuan sel telur:

  • Melakukan banyak riset mengenai prosedur pembekuan sel telur.
  • Menyiapkan biaya untuk prosedur pembekuan sel telur
  • Sebelum melakukan prosedur pembekuan sel telur, pastikan lakukan pemeriksaan medis dengan dokter.
  • Diskusikan mengenai manfaat dan risiko prosedur pembekuan sel telur dengan dokter.

Itu tadi mengenai egg freezing, cara menunda atau merencanakan kehamilan. Apakah kamu tertarik untuk melakukan pembekuan sel telur?

Artikel ini merupakan kerja sama antara Popmama.com dengan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut soal Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Mama dan Papa bisa mengunjungi situs bocahindonesia.com.

Baca juga:

Artis yang Membekukan Sel Telurnya

Seperti yang telah disebutkan bahwa banyak selebriti yang telah melakukan prosedur pembekuan sel telur. Mereka adalah:

  1. Luna Maya
  2. Kim Kardashian
  3. Tanishaa Mukerji
  4. Paris Hilton
  5. Kourtney Kardashian
  6. Halsey
  7. Ham So-Won
  8. Rita Ora

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk