Dukung Program Hamil, 5 Manfaat Buah Naga untuk Meningkatkan Kesuburan

Rasanya enak, manfaatnya dapat!

24 Juni 2020

Dukung Program Hamil, 5 Manfaat Buah Naga Meningkatkan Kesuburan
Freepik/Panumasyanuthai

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kesuburan pasangan yang telah menikah dan menantikan kehadiran buah hati. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Buah naga, misalnya.

Buah segar dengan daging buah tebal dan berbiji ini mudah ditemukan di Indonesia. Ada beberapa varian yang bisa ditemukan di Indonesia, antara lain buah naga merah, putih, dan kuning. Lalu, apa saja manfaat buah naga untuk kesuburan? 

Berikut Popmama.com merangkum informasinya:

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Kandungan Nutrisi Buah Naga
Freepik/Thanthima

Dilansir dari parenting.firstcry.com, buah naga mengandung serangkaian nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu dan pasangan, maupun sang Calon Bayi nantinya. Buah naga mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B, zat besi, potasium, hingga kalsium yang baik untuk memasok energi hingga meningkatkan sistem imun tubuh yang sedang dalam masa program hamil hingga nanti kelak akhirnya mengandung. 

Dengan kandungan nutrisi yang cukup komplit, inilah serangkaian manfaat buah naga bagi kesuburan:

1. Meningkatkan jumlah sperma

1. Meningkatkan jumlah sperma
Freepik

Sebuah penelitian dilakukan oleh tim peneliti Mohammad Kanedi dari Universitas Lampung terhadap perubahan jumlah sperma tikus jantan yang diberi ekstrak buah naga. Penelitian yang dimuat di researchgate.net ini menemukan bahwa ekstrak buah naga dengan dosis 500 mg/kg efektif meningkatkan jumlah sperma dan viabilitasnya. 

Ekstrak buah naga secara efektif meningkatkan konsentrasi androgen, meningkatkan jumlah spermatozoa, viabilitas serta motilitas sperma, dan jumlah spermatid. 

Editors' Picks

2. Melindungi tubuh dari infeksi

2. Melindungi tubuh dari infeksi
Freepik/Rawpixel.com

Penting untuk memastikan tubuh lebih kuat dalam membentengi diri dari mikroba yang berisiko bagi organ reproduksi. Mikroba bahkan dapat menginfeksi janin melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dan pengobatan luka dan mencegah infeksi. Mengonsumsi buah naga secara teratur juga terbukti membuat tubuh kuat mengatasi mikroba yang mungkin sudah ada dalam tubuh.

3. Sumber lemak yang baik

3. Sumber lemak baik
Freepik/dashu83

Lemak bukan untuk dijauhi sepenuhnya lho. Tubuh membutuhkannya, terutama bagi Kamu yang sedang dalam masa program hamil karena dapat menyediakan energi untuk menjaga proses metabolisme tubuh.

Buah naga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar adalah lemak tidak jenuh. Ingat, lemak baik sangat dibutuhkan dalam proses konsepsi.

4. Mencegah kecacatan janin

4. Mencegah kecacatan janin
Freepik/dashu83

Meski masih dalam program hamil, tubuh kamu harus mempersiapkan diri agar ketika pembuahan berhasil, janin bisa tumbuh dengan baik. Sangat penting memerhatikan perkembangan saraf janin agar bisa berkembang dengan baik. Kelompok vitamin B kompleks yang dikombinasikan dengan folat, seperti pada buah naga, memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf janin sehingga bebas dari gangguan pertumbuhan.

5. Mencegah anemia

5. Mencegah anemia
Freepik/evening_tao

Kekurangan zat besi yang berakibat anemia, dapat menyebabkan ketidaksuburan, keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan lahir prematur. Dilansir dari awakenlife.ca, wanita yang mengalami kekurangan zat besi lebih besar risikonya untuk mengalami anovulasi atau kegagalan ovulasi sehingga sulit hamil. 

Buah naga tinggi akan zat besi. Sehingga membantu meningkatkan kapasitas sel darah dengan membawa oksigen dengan cara meningkatkan level hemoglobin dalam darah.

Itulah lima manfaat buah naga untuk kesuburan. Buah naga dapat dikonsumsi begitu saja dalam keadaan segar, atau pun dibuat menjadi smoothies yang lezat dengan tambahan granola dan chia seeds untuk menambah nilai gizinya. Konsumsi buah naga secara teratur sebagai bagian dari diet untuk menunjang kesuburan dengan porsi yang sewajarnya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.