6 Manfaat Buah Delima untuk Kesuburan agar Cepat Hamil

Sudah coba cara yang satu ini, Ma?

7 November 2019

6 Manfaat Buah Delima Kesuburan agar Cepat Hamil
Unsplash/Arjun Kapoor

Buah delima adalah salah satu makanan super yang dapat meningkatkan kesuburan pasangan suami istri, baik laki-laki maupun perempuan.

Buah delima sendiri merupakan simbol kesuburan dalam banyak budaya di dunia, hal ini karena buah delima mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksi dan kesuburan.

Buah delima kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, asam folat, vitamin C, E, K, B1, B2, B3, B5, B6 dan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, mangan, fosfor, potassium dan zinc.

Mengetahui ada begitu banyak nutrisi yang terkandung pada buah delima, berikut Popmama.com telah merangkum 6 manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan.

1. Mencegah penyakit pada sistem reproduksi

1. Mencegah penyakit sistem reproduksi
Unsplash/Nikita Tikhomirov

Biji buah delima diketahui mengandungan estrogen nabati yang dapat mencegah beragam penyakit pada sistem reproduksi perempuan, seperti tumor rahim, kista endometriosis, dan kanker rahim serta kanker payudara.

Selain itu, buah delima juga dapat meningkatkan dan menjaga fungsi organ reproduksi perempuan secara umum.

2. Mengandung vitamin penyubur kandungan

2. Mengandung vitamin penyubur kandungan
Unsplash/Marco Secchi

Kandungan asam folat dalam buah delima merupakan vitamin penyubur kandungan yang sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi perempuan.

Asam folat membantu mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan. Bahkan, nutrisi ini sangat penting pada trimester pertama kehamilan untuk mencegah kerusakan saraf pada janin dalam kandungan.

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi
Unsplash/Clique Images

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam buah delima dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim, hal ini dapat meningkatkan kesehatan dinding rahim perempuan.

Dinding rahim yang sehat sangat penting untuk keberhasilan embrio melakukan implantasi pada rahim. Selain itu, buah delima juga meningkatkan peluang keberhasilan pembuahan.

Editors' Picks

4. Menangkal radikal bebas

4. Menangkal radikal bebas
Unsplash/Charles Deluvio ????

Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam buah delima dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dan penyakit yang berasal dari virus, bakteri dan radikal bebas.

Antioksidan dalam buah delima efektif untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Antioksidan ini juga melindungi organ reproduksi perempuan dari kerusakan karena radikal bebas dan membantu menyuburkan kandungan perempuan. 

5. Meningkatkan aliran darah ke rahim

5. Meningkatkan aliran darah ke rahim
Unsplash/Alex Loup

Delima dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan ini dipercaya sangat mempengaruhi tingkat kesuburan baik perempuan ataupun laki-laki.

Namun, bagi perempuan, kandungan antioksidan ini melancarkan aliran darah ke rahim. Hasil menunjukkan bahwa seorang perempuan yang mengonsumsi delima bisa meningkatkan presentase kehamilan.

6. Menguatkan dinding rahim

6. Menguatkan dinding rahim
realfoodforlife.com

Masa kehamilan salah satu yang terpenting adalah kondisi kesiapan ibu. Salah satunya adalah kondisi dinding rahim yang harus siap diisi selama 9 bulan ke depan.

Dengan mengonsumsi delima, dinding rahim perempuan menjadi lebih kuat. Hal ini pun dapat menurunkan kemungkinan keguguran pada ibu hamil.

Nah, itulah 6 manfaat buah delima untuk kesuburan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!