Simbol Cinta, Inilah Manfaat Buah Tin untuk Meningkatkan Kesuburan

Pantas saja dianggap simbol cinta dan kesuburan, ternyata manfaatnya segudang

5 Juni 2020

Simbol Cinta, Inilah Manfaat Buah Tin Meningkatkan Kesuburan
Pixabay.com/stux

"Kamu adalah apa yang kamu makan." Ungkapan ini sangat tepat menggambarkan bagaimana kesehatan tubuh kita terpengaruh dari apa yang kita makan. Begitupun dengan kondisi kesuburan. Untuk itulah, demi menunjang kesehatan dan meningkatkan kesuburan, beberapa buah disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. 

Salah satu buah yang dipercaya baik untuk meningkatkan kesuburan adalah figs atau buah tin yang juga dikenal dengan nama lain buah ara. Apa saja kandungan dalam buah tin yang baik untuk meningkatkan kesuburan?

Berikut Popmama.com merangkum informasinya khusus untuk Kamu yang sedang merencanakan kehamilan, manfaat buah tin untuk kesuburan.

1. Manfaat buah tin untuk kesuburan perempuan

1. Manfaat buah tin kesuburan perempuan
Pixabay/Couleur

Dilansir dari parenting.firstcry.com, secara sains, buah tin terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Ini karena kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi diperlukan untuk menjaga kesehatan sel telur dan juga ovulasi perempuan. Selain itu, buah tin juga kaya akan serat dan aneka vitamin, terutama vitamin B6 yang diperlukan tubuh perempuan untuk mempersiapkan diri menyambut kehamilan dan meringankan mual dan muntah selama kehamilan. 

Editors' Picks

2. Manfaat buah tin untuk kesuburan laki-laki

2. Manfaat buah tin kesuburan laki-laki
pixabay.com/stevepb

Bukan hanya baik bagi kesehatan reproduksi dan kesuburan perempuan, laki-laki pun bisa mendapat manfaat luar biasa dari buah tin yang berkulit ungu ini. Buah tin kaya akan kalsium, kalium, mangan, dan seng. Nutrisi di dalam buah tin tersebut bermanfaat untuk kesuburan pria dengan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. 

3. Simbol cinta dan kesuburan

3. Simbol cinta kesuburan
Pixabay.com/Rita E

Buah tin punya rasa manis yang menyegarkan. Tak hanya manis di mulut saja, tetapi buah ini juga punya cerita menarik. Orang-orang Yunani kuno mempercayai buah tin adalah buah yang sakral. Buah yang punya isi berwarna kemerahan ini diagungkan sebagai simbol cinta dan kesuburan. Melihat berbagai manfaatnya yang luar biasa, tidak heran ya bila buah tin dijadikan simbol kesuburan.

Hmm, jadi semakin yakin nih mengonsumsi buah tin.

4. Bagaimana cara mengonsumsi buah tin?

4. Bagaimana cara mengonsumsi buah tin
Pixabay.com/World_of_Plants

Dilansir dari globalvillagespace.com, orang-orang India kuno mengonsumsi buah tin dengan cara dicampurkan dengan susu. Campuran buah tin dan susu ini kaya akan seng, magnesium, kalsium, dan zat besi yang membantu meningkatkan kesehatan reproduksi secara umum.

Buah tin juga dapat dikeringkan. Buah tin kering tinggi serat sehingga baik untuk mencegah kanker payudara dan mengatasi ketidakseimbangan hormon. 

Buah tin harus dikonsumsi segera setelah dipotong-potong. Jika ingin mengonsumsinya di kemudian waktu, simpan buah tin di dalam kulkas dan segera konsumsi dalam waktu lima sampai tujuh hari setelah dipotong. 

Selain enak dimakan begitu saja sebagai buah segar, buah tin juga enak dimakan bersama dengan semangkuk yoghurt dan granola. Makanan sehat nikmat yang bisa dijadikan alternatif camilan kaya gizi.

Jika saat ini Kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil, penting juga untuk memerhatikan makanan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Modifikasi diet dan gaya hidup untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.