Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka? Cek Dulu Faktanya, Ma

Selain enak, jika dikonsumsi secukupnya nangka bermanfaat lho

6 Oktober 2020

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka Cek Dulu Faktanya, Ma
Pixabay/Dezalb

Saat hamil, kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral tubuh mama akan meningkat lebih tinggi dibandingkan biasanya. Konsumsi sumber vitamin pun menjadi penting.

Termasuk salah satunya dari buah-buahan, seperti nangka. Buah dengan daging berwarna kuning dan rasa manis khas ini bisa menjadi salah satu sumber vitamin untuk Mama, lho.

Sayangnya, nangka seringkali disebut-sebut tidak aman untuk dimakan oleh ibu hamil. Terutama karena efek samping yang dimilikinya. Padahal jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, buah nangka juga bermanfaat bagi ibu hamil.

Jadi bolehkah ibu hamil makan nangka? Yuk Ma cek dulu fakta-fakta tentang buah nangka yang telah dirangkum oleh Popmama.com berikut ini:

1. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam nangka

1. Kandungan nutrisi vitamin dalam nangka
Pixabay/4665562

Nangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi. Buah nangka diketahui memiliki 155 kalori per cangkirnya.

Buah ini juga mengandung lemak jenuh, kolesterol dan natrium yang sangat rendah. Hal ini membuat nangka menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi.

Perlu Mama ketahui juga bahwa buah nangka mengandung asam folat, tiamin, niasin, riboflavin, vitamin C dan vitamin A. Seiring dengan itu, sejumlah mineral seperti mangan, kalium, besi, dan kalsium juga ada di dalam buah nangka.

Serat yang ada dalam buah nangka juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kandungan gula dalam nangka juga sangat sedikit, sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang berisiko diabetes gestasional. Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam nangka membuatnya menjadi camilan sehat dengan sifat antimikroba dan antikanker.

Editors' Picks

2. Keamanan makan nangka bagi ibu hamil

2. Keamanan makan nangka bagi ibu hamil
Freepik/Yanalya

Meski informasi tentang tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam nangka sudah banyak dikenal, namun tak sedikit ibu hamil yang ragu mengonsumsi buah tersebut karena khawatir akan efek sampingnya.

Padahal sejauh ini, belum ada penelitian maupun literatur yang mengungkapkan bahwa ada kaitan antara konsumsi nangka dengan efek buruk terhadap kehamilan.

Salah satunya disebutkan bahwa makan nangka dapat membuat ibu hamil keguguran. Padahal belum terbukti secara ilmiah kandungan dalam nangka yang dapat membuat keguguran.

Bisa dikatakan informasi-informasi tersebut hanya mitos belaka. Yang terpenting, konsumsi buah ini sewajarnya saja dan tidak berlebihan ya, Ma.

3. Manfaat nangka untuk ibu hamil

3. Manfaat nangka ibu hamil
Freepik

Konsumsi buah nangka sebenarnya justru dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil, termasuk salah satunya untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan di trimester kedua dan ketiga.

Apa saja ya manfaat makan nangka untuk ibu hamil?

  • Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah yang naik terlalu tinggi selama hamil dapat membahayakan kesehatan mama maupun janin. Nah, makan nangka diketahui dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

  • Menjadi sumber energi

Kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil kerap merasa lemas dan lesu karena meningkatnya kebutuhan energi. Jika Mama juga mengalaminya, makan nangka dapat mengembalikan semangat karena menjadi sumber energi yang baik.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam nangka cukup untuk memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian. Kondisi ini membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin untuk janin

Vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan banyak senyawa lainnya dalam nangka memainkan peran penting dalam tumbuh kembang janin.

  • Mengoptimalkan sistem imun

Kandugan vitamin C yang dimiliki nangka juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mama saat hamil.

4. Efek makan nangka secara berlebihan

4. Efek makan nangka secara berlebihan
Freepik/Yanalya

Meski memiliki segudang manfaat, tetap saja segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, Ma. Termasuk konsumsi buah nangka saat hamil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ibu hamil hendak mengonsumsi buah nangka. Agar aman, perhatikan dulu riwayat dan kondisi kesehatan kehamilan mama.

Jika Mama memiliki masalah terkait dengan transplantasi jaringan selama hamil, lebih baik hindari konsumsi buah nangka. Kemudian meskipun nangka rendah gula dan glukosa, namun jika dikonsumsi terus-terusan jumlahnya tetap bisa meningkat.

Selain itu, mengonsumsi buah nangka dalam jumlah yang berlebihan dan terus-menerus juga dapat menyebabkan diare karena cenderung bertindak sebagai pencahar alami.

Sebagian perempuan juga diketahui bisa mengalami alergi nangka, yang kemudian menimbulkan berbagai macam reaksi seperti gatal atau ruam. Hindari nangka jika Mama juga memiliki riwayat ini, ya.

5. Cara aman mengonsumsi nangka saat hamil

5. Cara aman mengonsumsi nangka saat hamil
Pixabay/Wwwinetvn

Nangka dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk buah potong biasa atau bentuk lainnya.

Selain dimakan langsung, ibu hamil juga bisa mengonsumsi nangka dalam bentuk olahan seperti keripik. Tapi tetap ingat untuk mengonsumsi makanan ini secukupnya saja, ya.

Apabila Mama hendak membeli nangka, pilihlah buah nangka yang beraroma kuat, dagingnya berwarna kuning cerah dan memiliki tekstur daging yang padat serta kenyal. Nangka yang sudah matang dan tua pasti akan memiliki rasa yang manis dan tidak bergetah terlalu banyak.

Itulah jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nangka. Kesimpulannya, konsumsi buah nangka yang dapat menyebabkan keguguran hanya mitos dan belum memiliki bukti ilmiah. Konsumsi buah nangka dalam jumlah yang cukup baik bagi kesehatan, sementara jika berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping tertentu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.