4 Poin Penting yang Wajib Mama Ketahui Saat Memilih Baju Hamil

Perhatikan 4 poin ini ketika memilih baju hamil agar mama tetap merasa nyaman saat beraktivitas

26 Januari 2019

4 Poin Penting Wajib Mama Ketahui Saat Memilih Baju Hamil
stevepurkiss.com

Memasuki kehamilan trimester kedua, tubuh mama mengalami perubahan yang cukup signifikan. Selain bagian perut yang mulai tampak membuncit, area dada, lengan dan paha pun ikut membesar.

Nah, jika perubahan ini sudah terjadi pada tubuh mama, maka inilah saat yang tepat untuk mengganti ukuran dan model pakaian mama.

Perlu Mama ingat bahwa sangat penting untuk memilih pakaian hamil yang aman dan nyaman di tubuh. Artinya, gunakanlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat.

Sebab, kebanyakan perempuan hamil cenderung lebih berkeringat dan mudah merasa sesak.

Sebenarnya Mama tak perlu membeli baju khusus hamil kok. Mama bisa menggunakan jenis pakaian apapun selama nyaman digunakan dan tidak ketat, terutama di area bagian perut.

Dilansir dari situs parenting.firstcry.com yuk simak kriteria apa saja yang perlu Mama ketahui saat memilih baju hamil.

1. Pakaian longgar

1. Pakaian longgar
Pexels/Bryan Schneider

Sebaiknya hindari menggunakan pakaian ketat dan sempit saat hamil. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan membesarnya beberapa bagian tubuh, Mama akan mudah sekali berkeringat dan merasa sesak.

Maka gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman. Tenang saja Ma, jangan merasa risih dengan pakaian longgar karena ini demi kebaikan dan keleluasaan ruang gerak tubuh selama kehamilan.

2. Pilih bahan katun

2. Pilih bahan katun
Freepik/Senivpetro

Soal kenyamanan, pakaian dari bahan katun adalah juaranya. Seperti yang sudah diketahui, bahan katun mampu menyerap keringat dengan baik serta menjaga kondisi kulit tetap kering dan nyaman.

Bahan ini sangat cocok digunakan oleh ibu hamil agar terasa nyaman dan tidak mudah kepanasan. Bahan katun juga menyerap keringat lho, Ma. Jadi kamu nggak bau badan meski berkegiatan di luar rumah.

Editors' Picks

3. Celana hamil

3. Celana hamil
Tokopedia

Siapa bilang perempuan hamil nggak bisa pakai jeans? Tentu boleh selama area pinggangnya dapat menyesuaikan lebar pinggang atau perut. Kok bisa?

Tenang Ma, Mama tetap bisa tampil modis menggunakan celana panjang yang didesain khusus untuk ibu hamil. Modelnya beragam, mulai dari celana chino hingga celana jeans.

Perbedaannya hanya terletak pada area pinggang yang dilengkapi karet pengatur yang biasa ditemukan pada model celana anak-anak.

Saat perut mama semakin membesar, Mama bisa mengubah karet pengaturnya. Sehingga celana yang Mama kenakan tidak akan mengganggu atau menyakiti area perut. Sementara dari luar, penampilan Mama akan tetap terlihat modis.

Baca juga: Maternity Tights: Legging Kehamilan Terfavorit untuk Ibu Hamil

4. Pakaian dalam khusus

4. Pakaian dalam khusus
Pixabay/Conexaocabeca

Serupa dengan celana, mengganti pakaian dalam ketika perut semakin membuncit juga sangat dianjurkan lho, Ma. Pada celana dalam ibu hamil, desainnya juga dilengkapi dengan karet pengatur yang bisa Mama ubah menyesuaikan ukuran perut mama.

Begitupula dengan bra. Jangan ragu mengganti bra jika bra yang lama dirasa mulai kekecilan. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ukuran payudara mama pun semakin membesar. Gunakan bra dengan bahan katun yang nyaman.

Agar bisa dikenakan dalam jangka waktu yang panjang, tidak ada salahnya jika Mama menggunakan bra menyusui yang umumnya memiliki ukuran cup yang lebih besar.

Topic: