Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Bandeng untuk Ibu Hamil

Ada yang sering mengonsumsi ikan bandeng?

6 Oktober 2019

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Bandeng Ibu Hamil
indonesiamilkfishfactory.com

Ikan bandeng yang identik muncul ketika perayaan Imlek menjadi salah satu jenis yang dikonsumsi oleh banyak orang. Walau jenis ikan ini memiliki banyak duri, ikan bandeng menjadi sumber gizi yang baik untuk kesehatan bahkan untuk ibu hamil. 

Mengonsumsi ikan bandeng dapat menunjang fungsi tulang serta gigi selama masa-masa kehamilan. Jika ikan bandeng diolah dengan cara presto dan memakan tulangnya, maka akan mendapatkan sejumlah kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.  

Selain rasanya yang memang lezat, manfaat positif dari ikan bandeng dapat membantu kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan. Untuk Mama yang seringkali mengonsumsi ikan bandeng selama masa kehamilan, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaatnya untuk kesehatan. 

Semoga manfaat ikan bandeng bisa dirasakan setelah mengonsumsinya ya, Ma!

1. Mampu menurunkan tingkat stres selama masa-masa kehamilan

1. Mampu menurunkan tingkat stres selama masa-masa kehamilan
Freepik/Katemangostar

Perlu Mama ketahui bahwa stres selama hamil bisa berdampak negatif karena dapat menyebabkan keguguran. Ibu hamil yang stres bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal, sehingga membuat kondisi janin semakin melemah. 

Tingkat stres demi menjaga kesehatan saat hamil bisa diturunkan dengan tidak memikirkan sesuatu secara berlebihan, istirahat cukup hingga mampu membiasakan diri untuk belajar mengelola stres. Selain itu, ibu hamil bisa mengonsumsi ikan bandeng karena menjadi sumber protein yang sangat tinggi. 

Asam lemak tidak jenuh dalam ikan bandeng, jika dikonsumsi secara berkala dapat membantu mencegah depresi pada ibu hamil. 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

Editors' Picks

2. Mencegah kolesterol dan penyakit jantung koroner 

2. Mencegah kolesterol penyakit jantung koroner 
fishhub.ae

Ma, ikan bandeng memiliki kandungan bernutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Ibu hamil yang memang perlu mendapatkan gizi yang baik, maka ikan bandeng dirasa bisa membantu. 

Kandungan turunan asam lemak omega 3 mampu membantu mencegah terjadinya penggumpulan darah selama masa-masa kehamilan. Omega 3 sebagai jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa omega 3 sangat penting untuk ibu hamil sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid) dan ALA (A-linolenat). Dengan adanya kandungan asam lemak yang bersifat hipokolesterolemik di dalam ikan bandeng, maka dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Ibu hamil perlu secara intens dalam memerhatikan kolesterol karena ini berperan cukup penting karena memengaruhi perkembangan otak, anggota tubuh serta perkembangan seluler bayi. Bahkan untuk Mama sendiri dengan kolesterol berada di tingkat stabil, maka nantinya produksi ASI akan lancar dan sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Ibu Hamil

3. Mengoptimalkan fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh selama masa kehamilan

3. Mengoptimalkan fungsi penglihatan kekebalan tubuh selama masa kehamilan
Freepik

Dari beragam makanan yang ada, ibu hamil perlu bijak dalam memilih makanan. Makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan perlu diperhatikan dengan baik agar kesehatannya diri sendiri dan janin di dalam kandungan tetap optimal. 

Ikan bandeng bisa menjadi salah satu makanan alternatif yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan. Ikan bandeng yang diolah dengan baik dan dikonsumsi secara berkala sangat berhasiat dalam menjaga kesehatan mata. 

Tak hanya itu, kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam ikan bandeng pun dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama sedang mengandung si Kecil selama 9 bulan. Demi perkembangan janin di dalam kandungan, maka Mama pun perlu menjaga fungsi penglihatan serta imun tubuh. 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Ikan Asin? Awas Gejala Hipertensi!

4. Menjaga tahapan perkembangan janin selama hamil menjadi lebih optimal

4. Menjaga tahapan perkembangan janin selama hamil menjadi lebih optimal
fishhub.ae

Ma, sudah tahu belum kalaiu 85 gram ikan bandeng dapat memenuhi 25 persen kebutuhan fosfor dan selenium harian dari ibu hamil? Tak hanya itu, kandungan dari ikan bandeng mengandung sedikit kalsium, zat besi, kalium dan seng. 

Dilansir dari Baby Center ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada 2017 mengatakan kalau ikan bandeng memiliki vitamin B12 yang cukup tinggi. Perlu Mama ketahui bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin B12 dapat memicu janin gagal berkembang dengan baik. 

Kekurangan vitamin B12 selama kehamilan pun dapat berisiko meningkatkan kelahiran prematur dan berat badan lahir menjadi lebih rendah. Demi meminimalisir dampak buruk yang terjadi pada si Kecil ketika dilahirkan, ada baiknya tetap mengonsumsi asupan makanan dengan kandungan vitamin B12 seperti ikan bandeng. 

Baca juga: Benarkah Makan Ikan Meningkatkan Peluang Kehamilan?

5. Menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi mual-mual saat hamil 

5. Menjaga kesehatan pencernaan mengurangi mual-mual saat hamil 
parenting.firstcry.com

Salah mengonsumsi makanan saat hamil akan berdampak pada sistem pencernaannya. Maka dari itu, Mama perlu menjaga segala asupan sebelum dikonsumsi. 

JIka Mama ingin meningkatkan kesehatan pencernaan serta mengurangi keluhan selama hamil, maka perlu mengonsumsi ikan bandeng karena kaya akan vitamin B3 atau niacin. Kandungan yang terdapat pada ikan bandeng ini mampu mengurangi mual dan migrain.

Meskipun ikan bandeng memiliki nutrisi yang baik, namun ibu hamil harus tetap mengonsumsi makanan lain agar kesehatan ibu hamil dan janin lebih sehat. 

Ketika ibu hamil mengonsumsi ikan bandeng, Mama perlu memerhatikan proses pengolahannya, Masaklah ikan bandeng hingga benar-benar matang agar membantu perkembangan janin lebih optimal ya, Ma. 

Dari beragam manfaat positif saat mengonsumsi ikan bandeng untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan, semoga informasi ini bisa berguna.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk