20 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Sembelit

Nikmat disantap menjadi rujak, ternyata jambu air juga memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil

6 Mei 2024

20 Manfaat Jambu Air Ibu Hamil, Bisa Mencegah Sembelit
Pixabay/Suanpa

Di masa kehamilan, tak sedikit ibu hamil yang mengidam buah-buahan. Apalagi buah-buahan yang rasanya manis dan segar. Wah, pasti enak sekali, ya, Ma? 

Di antara banyak jenis buah, salah satunya yang memiliki rasa yang manis dan nikmat adalah jambu air. Jenis buah ini sering ditemukan di dalam rujak yang menjadi salah satu hidangan untuk memenuhi ngidam ibu hamil. 

Tak hanya memuaskan lidah, ternyata buah jambu air juga memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil, lho. Penasaran apa saja manfaat dari buah tropis yang satu ini?

Berikut Popmama.com telah merangkum 20 manfaat jambu air untuk ibu hamil. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Memperkuat imun tubuh

1. Memperkuat imun tubuh
Freepik/Drobotdean

Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam buah jambu air adalah vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin C sangat baik untuk memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat melawan bakteri dan virus berbahaya. 

Selain itu, vitamin C juga memberikan asupan antioksidan yang cukup selama kehamilan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

2. Mencegah sembelit

2. Mencegah sembelit
Freepik/drobotdean

Salah satu keluhan yang kerap dialami ibu hamil adalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Sembelit di masa kehamilan umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh atau karena dehidrasi.

Untuk mengatasinya, Mama bisa mengonsumsi buah-buahan yang berserat. Termasuk jambu air yang mengandung serat untuk mendukung sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Menghidrasi tubuh

3. Menghidrasi tubuh
Freepik/senivpetro

Jambu air merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Kandungan air di dalamnya membuat buah ini cocok untuk memuaskan dahaga dan menghidrasi tubuh.

Buah jambu air dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan jus yang cocok untuk memenuhi kebutuhan elektrolit di dalam sel-sel tubuh.

4. Mengatasi kram otot

4. Mengatasi kram otot
Freepik/Stefamerpik

Apakah Mama sering mengeluhkan kram otot di masa kehamilan? Kram otot bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin, kurang aktif bergerak, hingga peningkatan berat badan selama kehamilan.

Selain perbanyak olahraga, Mama juga bisa mengatasi kram otot dengan mengonsumsi asupan yang mengandung kalium. Salah satu buah yang mengandung kalium adalah jambu air.

Dengan begitu, mengonsumsi jambu air di masa kehamilan dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering dialami oleh ibu hamil.

5. Memenuhi kebutuhan zat besi

5. Memenuhi kebutuhan zat besi
Freepik/drobotdean

Jambu air juga mengandung zat besi yang penting untuk ibu hamil dan janin. Nutrisi ini penting untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. 

Memenuhi kebutuhan zat besi dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia pada ibu hamil. Pencegahan anemia sangat penting bagi ibu hamil, sebab anemia dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

6. Mengontrol kadar gula darah

6. Mengontrol kadar gula darah
Freepik/Wirestock

Jambu air mengandung senyawa yang bernama jambosine. Senyawa ini merupakan alkaloid yang efektif menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula.

Karena sifat antihiperglikemiknya yang kuat, jambu air dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengembangkan diabetes.

Begitu juga dengan ibu hamil yang berisiko mengalami penyakit diabetes di masa kehamilan atau diabetes gestasional.

7. Menjaga kesehatan jantung

7. Menjaga kesehatan jantung
Freepik/8photo

Ibu hamil yang memiliki penyakit jantung termasuk dalam kategori berisiko tinggi karena dapat membahayakan keselamatan ibu hamil sendiri dan juga janin. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencegah penyakit jantung di masa kehamilan.

Buah jambu sendiri mengandung serat dan nutrisi yang menunjukkan efek positif dalam menjaga kesehatan jantung. Di antaranya adalah mengontrol kadar kolesterol, mengurangi risiko aterosklerosis, serta mencegah masalah kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

8. Menjaga kulit tetap sehat

8. Menjaga kulit tetap sehat
Freepik/diana.grytsku

Di masa kehamilan, Mama tentu tetap ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat, bukan?

Nah, jambu air memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk menutrisi kulit, termasuk vitamin C yang mampu menutrisi kulit dan membantu produksi kolagen untuk menghasilkan sel-sel kulit yang lebih sehat.

Bahkan, jambu air juga dapat mencegah munculnya jerawat karena sifatnya yang anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

    9. Dapat membantu mengatasi gejala ketidaknyamanan yang dialami ibu hamil

    9. Dapat membantu mengatasi gejala ketidaknyamanan dialami ibu hamil
    Freepik/freepik

    Jambu air mengandung mineral dan vitamin penting seperti vitamin A dan zat besi, yang sangat penting bagi ibu hamil karena kebutuhan nutrisinya meningkat dan untuk mengatasi gejala ketidaknyamanan.

    Selain itu, daunnya juga memiliki aktivitas analgesik dan membantu meredakan nyeri dan nyeri pada wanita pasca melahirkan.

      Editors' Pick

      10. Dapat menyembuhkan kerusakan hati

      10. Dapat menyembuhkan kerusakan hati
      Popmama.com/Novy Agrina

      Kerusakan hati menyebabkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan, anemia, malnutrisi, infeksi dan obat-obatan hepatotoksik. Jambu air mengandung agen hepatoprotektif yang membantu mengobati penyakit hati secara efektif, Ma.

      11. Meningkatkan kolesterol HDL baik

      11. Meningkatkan kolesterol HDL baik
      Freepik

      Jambu air merupakan sumber niacin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Niacin meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik dan mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL jahat dalam darah.

      12. Mengurangi risiko stroke

      12. Mengurangi risiko stroke
      pixabay/3907349

      Jumlah natrium dan kolesterol yang dapat diabaikan dalam jambu air menurunkan kemungkinan stroke dan penyakit kesehatan seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotel.

      13. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

      13. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas
      Pexels/Leah Kelley

      Jambu air kaya akan vitamin C dan senyawa fenolik lainnya yang disebut flavonoid. Ini mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

      Radikal bebas terbentuk di dalam tubuh ketika tubuh terkena radiasi, tembakau atau asap dan selama proses penguraian makanan. Sifat antioksidan pada apel air efektif melawan racun dalam tubuh.

      14. Mengurangi risiko kanker

      14. Mengurangi risiko kanker
      Freepik

      Penelitian medis awal membuktikan bahwa mengonsumsi jambu air dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

      Jambu air kaya akan vitamin yang dapat melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker. Di antaranya adalah vitamin A dan C yang mencegah pertumbuhan tumor dan sel kanker. Oleh karena itu, memasukkan apel air ke dalam makanan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker.

      15. Menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut

      15. Menjaga kesehatan kulit meningkatkan pertumbuhan rambut
      Freepik/bristekjegor

      Jambu air dapat melembapkan dan meremajakan kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak jambu air emiliki manfaat anti jerawat, termasuk anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

      Procyanidin B-2, zat yang ditemukan dalam jambu air, meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Ekstraknya dapat digunakan untuk mencegah kebotakan dan rambut rontok.

      16. Kenaikan berat badan tetap terkontrol

      16. Kenaikan berat badan tetap terkontrol
      Freepik/galitskaya

      Mengingat kandungan serat yang tinggi pada jambu air, mengonsumsi buah ini membuat Mama merasa kenyang. Hal ini mencegah Mama makan lebih banyak, yang dapat membantu mengatur berat badan mama.

      17. Menjaga kesehatan tulang

      17. Menjaga kesehatan tulang
      freepik/senivpetro

      Satu porsi 100 gram jambu air mengandung sekitar 29 miligram kalsium, mineral penting dalam pembentukan tulang dan kesehatan umum.

      Ini juga membantu menjaga kesehatan gigi mama. Jambu air juga mengandung magnesium dan potasium dalam jumlah yang baik, yang juga penting untuk kesehatan tulang.

      18. Membersihkan hati dan ginjal

      18. Membersihkan hati ginjal
      Freepik/sewcream

      Penyakit hati mungkin disebabkan oleh malnutrisi, anemia, atau infeksi. Dengan memasukkan jambu air ke dalam makanan mama, maka Mama dapat mengobati beberapa penyakit ini. Jambu air mengandung antioksidan yang membantu mengatasi masalah hati secara efektif.

      19. Baik untuk diabetes

      19. Baik diabetes
      Freepik/xb100

      Jambosine, alkaloid yang ditemukan dalam jambu air, mencegah konversi pati menjadi gula dan mengontrol kadar gula darah. Karena sifat antihiperglikemiknya yang kuat, apel air membantu penderita Diabetes mengelola kadar gula darahnya.

      Mereka memiliki kandungan glikemik rendah 2, yang membantu tubuh memetabolisme gula dari makanan secara lebih bertahap dan mencegah kadar glukosa darah naik tinggi. Penderita Diabetes boleh mengonsumsi apel air secukupnya.

      20. Dapat meningkatkan kemampuan kognitif

      20. Dapat meningkatkan kemampuan kognitif
      freepik/jcomp

      Terakhit, jambu air dapat meningkatkan kemampuan kognitif mama selama kehamilan. Diketahui, selama kehamilan, fungsi otak ibu hamil memang mengalami sedikit penurunan. 

      Nah, itu dia manfaat jambu air untuk ibu hamil. Jambu air nikmat dimakan langsung maupun dijadikan rujak. Apakah jambu air termasuk buah kesukaan mama?

      Baca juga:

      The Latest