6 Cara Alami Mengatasi Gatal di Selangkangan saat Hamil

Selain salep, bahan alami ini dapat digunakan untuk mengobati gatal di selangkangan, Ma

2 November 2020

6 Cara Alami Mengatasi Gatal Selangkangan saat Hamil
www.freepik.com
Yoga saat hamil untuk kebugaran

Saat hamil, Mama mungkin akan mengalami gatal-gatal, baik itu di kulit perut atau bahkan di selangkangan. Bila ini terjadi pada Mama, jangan khawatir, ini normal terjadi kok.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, seperti perubahan hormon, kondisi kulit atau kondisi medis tertentu, Ma. Meski ini sering dialami oleh ibu hamil, jangan dibiarkan saja.

Mama sebaiknya segera mengangani rasa gatal pada selangkangan dengan tepat. Namun, perlu Mama ketahui, ibu hamil tidak boleh sembarangan menggunakan obat-obatan saat hamil. Penggunaaan obat tanpa pengawasan dokter dapat menimbulkan risiko pada janin. 

Untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan obat alami untuk mengatasi gatal di selangkangan saat hamil, seperti yang berhasil Popmama.com rangkum berikut ini.

Apa saja, ya?

1. Bawang putih

1. Bawang putih
Freepik/Racool_studio

Bawang putih memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang sangat bagus untuk mengobati gatal. Bawang putih dapat digunakan untuk mengobai infeksi pada kulit, termasuk gatal di selangkangan.

Bawang putih ampuh untuk mengatasi jamur Candida, Torulopis, Trichophyton dan Crytococcus.

Haluskan bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa hingga menjadi pasta lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi. Gunakan campuran tersebut dua kali sehari sampai gejala gatal berkurang agar efek yang dihasilkan lebih maksimal.

Selain menggunakan pasta bawang putih ini, Mama juga harus menjaga kebersihan pakaian dalam serta selalu memastikan bagian selangkangan selalu kering.

2. Baking soda

2. Baking soda
Freepik/Indrepau

Baking soda memiliki sifat antijamur sehingga dapat dijadikan pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi jamur kulit yang sering menyebabkan gatal.

Untuk menggunakannya, tambahkan seperempat cangkir baking soda ke bak mandi berisi air hangat. Mama juga dapat mencampur baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke bagian yang gatal. Setelah itu, cuci bersih dan keringkan.

Editors' Picks

3. Kunyit

3. Kunyit
Pixabay/stevepb

Salah satu zat yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin, yang dipercaya memiliki sifat anti-mikroba.

Penggunaan kunyit secara rutin untuk kulit dapat mengatasi kurap dan jamur, salah satunya bila terjadi gatal di selangkangan saat hamil.

Haluskan kunyit, campur sedikit dengan air atau minyak kelapa lalu oleskan pada bagian yang gatal.

4. Es batu

4. Es batu
Pixabay/Hans

Jika belum terlalu parah, Mama dapat mencoba mengompres selangkangan yang gatal dengan es. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah, Ma.

Menurut Thomas Rohrer, MD, juru bicara American Academy of Dermatology, cara ini dilakukan untuk mengobati gejala gatal pada tahap awal dan melihat apakah rasa gatal itu hilang.

Selain itu, kompres es pada kulit adalah salah satu perawatan terbaik untuk meringankan iritasi kulit, serta rasa sakit dan gatal, lho.

5. Lidah buaya

5. Lidah buaya
Freepik

Khasiat lidah buaya sudah diketahui sejak lama. Salah satu khasiatnya yang terkenal adalah mengatasi masalah kulit.

Lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi gatal di selangkangan, Ma. Tanaman ini memiliki kandungan vitamin C, A, serta vitamin E yang memiliki efek dingin yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah iritasi kulit.

Caranya cukup mudah, belah sebatang lidah buaya menjadi dua, kemudian ambil gel yang terdapat di dalamnya, lalu tempelkan gel lidah buaya pada area selangkangan. Lakukan cara ini secara rutin hingga gatal-gatal hilang.

6. Oatmeal

6. Oatmeal
Freepik/Luis-molinero

Selain untuk dikonsumsi, oatmeal juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal di selangkangan saat hamil, Ma.

Haluskan oatmeal sehingga dapat larut dengan mudah dalam air. Oatmeal yang halus ini akan membentuk penghalang dan pelindung pada permukaan kulit, juga dapat digunakan untuk memberikan kelembapan pada kulit.

Oatmeal dapat membantu mengurangi kekeringan dan gatal, serta dikenal sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Nah, itu semua obat alami untuk mengatasi gatal di selangkangan saat hamil yang dapat Mama gunakan. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan area selangkangan sehingga terbebas dari jamur dan bakteri ya, Ma.

Selamat mencoba!

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.